Now Reading
Cara Memasak yang Benar Agar Kandungan Gizi Makanan Tetap Terjaga

Cara Memasak yang Benar Agar Kandungan Gizi Makanan Tetap Terjaga

MEREBUS Bila Mom menggunakan cara merebus untuk mengolah masakan, berhati-hati ya karena cara ini bisa membuat vitamin khususnya Vitamin B kompleks akan mudah hilang. Vitamin B kompleks ini terdapat dalam bayam, ubi, kedelai, kentang, jamur, asparagus, dan lainnya. Sama halnya dengan Vitamin C yang terkandung dalam jeruk, katuk, daun kelor, daun singkong, dan brokoli akan mudah larut dalam pemanasan. Agar kandungan vitamin tetap terjaga maka cara memasak yang benar dengan cara merebus maka buanglah bagian yang keras dan tidak dapat dimakan, cuci dahulu sebelum dipotong-potong agar vitamin dan mineral tidak hanyut pada air cucian tersebut.Rebus dengan sedikit air dan suhu yang tidak terlalu panas, angkat setelah matang serta jangan sampai layu atau berubah warna. Saat mengkonsumsi sayur sebaiknya air rebusan ikut dimakan karena banyak vitamin dan mineral penting yang larut di dalamnya. MENGGORENG Tak bisa dipungkiri apapun makanan yang digoreng pasti akan terasa lebih nikmat, iya kan Mom? Namun jika cara memasak yang benar  tidak dilakukan,  misalkan suhu penggorengan terlalu tinggi maka sebagian zat gizi dari bahan yang diolah akan rusak. Selain itu juga suhu yang terlalu tinggi akan memicu reaksi browning (pencoklatan) hingga akhirnya muncul senyawa amina-amina heterosiklis penyebab kanker.Pada saat menggoreng usahakan agar tidak terlalu kering atau gosong agar protein tidak rusak. Agar gizi di dalam bahan makanan yang di goreng tidak rusak,  maka panaskan wajan terlebih dahulu dengan api sedang hingga wajan hangat.  Baru kemudian tuangkan minyak goreng dan biarkan hingga agak panas,  baru kemudian lakukan penggorengan.  Untuk daging, ikan dan ayam, Mom bisa merebusnya dahulu hingga tingkat kematangan yang diinginkan (sesuai cara memasak yang benar untuk merebus yang dijelaskan sebelumnya) sehingga hanya perlu menggoreng sebentar saja. MEMANGGANG Sama halnya dengan digoreng, proses pemasakan ini dapat menyebabkan kerusakan pada vitamin dan protein. Cara memasak yang benar untuk mengurangi kerusakan zat gizi itu adalah dengan cara masukan dahulu bahan makanan ke dalam microwave selama 2 – 4 menit, kemudian baru dipanggang. Energi gelombang mikro dianggap tidak mempengaruhi degradasi (penurunan) komponen gizi makanannya.  Ketika memanggang daging atau ikan usahakan jangan terlalu lama agar tidak timbul zat yang bersifat karsinogen (pencetus kanker). MEMANASKAN KEMBALI Bila Mom harus memanaskan kembali makanan karena masih cukup banyak makanan yang tersisa,  harus diingat ya Mom bahwa setiapkali Mom memanaskan makanan maka akan lebih banyak lagi zat gizi yang akan rusak.  Oleh karena itu,  lebih baik memasak secukupnya saja agar tiddak ada sisa makanan yang disimpan dan dipanaskan kembali. Tetapi bila memang Mom memang harus melakukannya sangat disarankan untuk didinginkan dulu dan disimpan di lemari pendingin (dibekukan) dan kemudian bisa dipanaskan kembali dengan api kecil.  Jangan dilakukan lebih dari satu kali ya Mom.   Nah bagaimana Mom,  semoga informasi diatas semakin menambah pemahaman Mom untuk mengolah makanan yang bukan saja enak tetapi bergizi untuk seluruh keluarga.  Selamat mencoba cara memasak yang benar ini di rumah ya Mom.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top