Now Reading
Cara Memasak Ayam Goreng Mentega

Cara Memasak Ayam Goreng Mentega

  • MARINASE
  • Merendam potongan daging ayam dengan bumbu sebelum memasak sangat penting agar daging ayam lembutt dan kaya bumbu. Marinasi dapat dilakukan sekitar 3-4 jam atau semalaman untuk hasil maksimal.Cara ini sangat cocok untuk sajian ayam bakar ataupun ayam goreng mentega. Mom dapat menggunakan bumbu marinasi seperti campuran kecap Inggris dan saus tiram ataupun cincangan bawang putih dengan sedikit lada dan garam. Beberapa resep juga memarinasi daging ayam dengan yoghurt, buttermilk ataupun putih telur.
    1. BRINE
    Brine merupakan proses memasak yang mirip dengan marinasi. Akan tetapi dalam proses ini tidak ditambahkan bumbu atau yoghurt. Dalam proses ini ayam direndam dengan larutan garam, air dan sejumput gula.  Selain larutan garam, bisa juga dapat ditambahkan beberapa bumbu utuh lainnya sesuai kebutuhan. Proses ini bisa dilakukan selama berjam-jam untuk mendapatkan rasa gurih dan tekstur daging yang lebih empuk. Jika ayam akan digoreng, ayam perlu didinginkan agar daging tidak hancur dan bumbunya meresap sempurna. Proses ini juga bisa membantu cara masak ayam goreng mentega agar hasilnya lebih enak.
    1. MEMIPIHKAN DAGING AYAM
    Memipihkan daging ayam adalah proses untuk membuat irisan ayam jadi tipis. Ini sangat cocok dilakukan untuk teknik memanggang ataupun menggoreng dengan lapisan tepung. Fillet ayam atau daging ayam diiris melebar. Kemudian dipukul dengan pemukul daging untuk memecah serat dalam daging sehingga ayam jadi lebih mudah matang merata. Mom bisa lho menggabungkan dua dari tiga cara diatas,  misalnya memipihkan daging ayam lalu baru dimarinase agar bumbunya benar-benar meresap.  Setelah mencoba cara-cara membuat daging ayam empuk dan tetap juicy Mom bisa segera membuat olahan cara masak ayam goreng mentega yang sangat mudah. Panaskan mentega hingga mencair, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, tumis sebentar hingga bagian luarnya cukup kering dan matang sempurna. Tambahkan kecap manis, saus tomat, garam, gula, kecap inggris dan kaldu ayam bubuk secukupnya. Tambahkan sedikit air, masak hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. Angkat ayam goreng mentega yang telah matang, sajikan.  Mudah bukan?  ]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top