Now Reading
Cara Masak yang Enak, Omelet untuk Sarapan

Cara Masak yang Enak, Omelet untuk Sarapan

ovemele yang artinya telur dan madu.  Tetapi omelet yang kita kenal sekarang ini berasal dari bahasa Perancis amelette, karena konon seorang Jenderal paa masa Napoleon sangat menyukai makanan ini dan menjadikannya menu wajib untuk pasukannya. Saat ini omelet sudah menjadi pilihan menu sarapan masyarakat Eropa dan juga Amerika dan juga sudah semakin popular di negara kita,  karena menjadi pilihan menu di hotel-hotel berbintang di kota – kota besar. Di Indonesia, omelet secara sederhana dapat merujuk kepada telur dadarnamun orang Indonesia lebih suka menggunakan istilah omelet untuk merujuk kepada cara masak yang enak  untuk olahan telur dadar yang dicampur bahan lain seperti keju, kentang, daging, dan berbagai sayuran lainnya. Meskipun kelihatannya sama,  tetapi cara masak yang enak antara telur dadar biasa dengan omelet berbeda.  Mom pasti pernah ya mencampurkan kornet atau keju pada telur dadar dan pasti yang mom lakukan adalah memasukkan kornet dan keju kedalam kocokan telur, baru kemudian menggorengnya menjadi telur dadar.  Hal ini berbeda dengan omelet.  Untuk membuat omelet, apa pun variasi isinya harus dimasak / ditumis terlebih dahulu.  Telur dikocok terpisah.  Setelah variasi isi matang, barulah telur dituangkan ke wajan. Berikut cara masak yang enak untuk sajian omelet yang unik dan bisa menjadi pilihan Mom untuk menu sarapan di rumah.  Bila Mom dan anak-anak menyukai makanan Jepang atau Korea, maka Mom bisa mencoba membuat omelet telur gulung ala Jepang dan Korea dengan mudah. Bahan:

  • 3 Butir telur ayam
  • 1 Sendok makan susu cair
  • 1 Sendok makan wortel yang dicincang halus
  • 1 Sendok makan bawang merah dicincang halus
  • 1 Sendok makan daun bawang diiris halus
  • 1/2 Sendok teh garam
  • Merica secukupnya
Cara masak yang enak untuk membuat omelet telur gulung Jepang:
  1. Kocok telur bersama susu cair, kemudian saring.
  2. Masukkan wortel, bawang merah, daun bawang, garam, dan merica dan tumis hingga setengah matang. Mom juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti irisan sosis serta irsan sayuran lainnya.
  3. Panaskan minyak goreng di wajan antilengket bentuk persegi panjang. Masak 1/4 bagian telur hingga setengah matang. Gulung salah satu sisi telur, kemudian olesi bagian wajan yang tidak tertutupi adonan dengan minyak atau margarin.
  4. Tuangi 1/4 adonan omelet ke samping omelet yang tidak digulung dan masak sampai setengah matang.
  5. Gulung semua bagian, kemudian lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
  6. Tunggu sampai omelet dingin agar mudah dipotong.
  Selamat mencoba cara masak yang enak  ini ya Mom, pasti anak-anak menyukainya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top