Now Reading
Cara Masak Sop Ayam Kuah Bening dengan Rasa yang Tetap Gurih

Cara Masak Sop Ayam Kuah Bening dengan Rasa yang Tetap Gurih

skimming, yaitu menyerok lemak dan rempah yang mengambang di permukaan, supaya warna kaldu tidak keruh. Meski kaldu alami terbukti lebih enak, bukan berarti kita pantang menggunakan kaldu instan. Kaldu instan punya rasa gurih yang khas. Asal, sesuaikan takaran pemakaian. Jangan berlebihan karena akan menyamarkan rasa asli masakan. Agar cara masak sop ayam  menghasilkan sop ayam yang sedap, pastikan Mom membuat secara terpisah kaldu yang bening dan enak dari ayam yang akan Mom gunakan, dengan cara berikut:

  • Waktu yang dipergunakan untuk memasak kaldu antara 1-3 jam, di masak dengan sistem slow cooking, dengan api kecil. Jika api besar sari kaldu di tulang tidak akan bisa keluar karena tulangnya sudah matang duluan. Selain itu sumsum dan sisa darah akan terlepas dari tulang akibatnya, kuah jadi keruh dan amis,
  • Bila muncul busa pada rebusan kaldu, angkat busanya, lalu buang.
  • Jangan mencampur kaldu yang sudah jadi dengan air yang tidak mendidih. Risikonya, kaldu akan mudah basi dan rasanya akan berubah.
  • Cara praktis membuang lemak di kaldu adalah dengan menaruh kaldu yang sudah jadi ke dalam lemari pendingin karena nanti lapisan lemak akan membeku dan mengumpul di atas, Pisahkan dan buang, hanya ambil kaldu yang bening yang tersisa di bagian bawahnya.
Tips tambahan untuk cara masak sop ayam  yang enak,  buatlah kaldu ayam dalam jumlah yang cukup banyak lalu bekukan dalam lemari pendingin. Mom tinggal menggunakannya saat akan membuat sop ayam di lain waktu. Jadi, tidak perlu repot membuat kaldu setiap kali akan membuat sop ayam.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top