Now Reading
Cara Masak Rendang Daging yang Empuk

Cara Masak Rendang Daging yang Empuk

  • Dipipihkan
  • Pipihkan daging sapi sebelum dimasak adalah trik yang paling sederhana.  Sebelum dipipihkan maka Mom haru memotong daging sapi menjadi ukuran dadu sedang. Potong dadu berlawanan dengan arah serah utama,  agar daing tidak hancur saat dipipihkan.  Caranya sangat mudah. Sebelum dimasak, pukul daging dengan alat pemukul daging yang bergerigi tumpuh hingga menjadi agak pipih. Setelah itu, tingga dimasak dengan bumbu sesuai selera.  Jangan terlalu keras, agar daging tidak hancur.
    • Balur dengan buah nanas yang sudah dihaluskan 
    Berbeda dengan cara sebelumnya, dengan cara masak rendang daging sapi yang empuk dengan menggunakan nanas yang sudah dihaluskan (bisa diparut atau diblender) jauh lebih mudah Mom, hanya saja harus menggunakan nanas yang masih muda. Nanas yang masih mudah memiliki banyak kandungan enzim bromelin yang ampuh menguraikan serat daging sapi sehingga menjadi empuk. Caranya, setelah daging dicuci bersih, balur seluruh permukaan daging dengan nanas muda yang telah dihaluskan. Diamkan antara 20 menit hingga 30 menit. Setelah itu, dicuci bersih supaya rasa nanasnya hilang, baru dimasak. Sekadar saran, sembari menunggu tekstur daging berproses menjadi empuk, Mom bisa menyiapkan racikan bumbu yang dibutuhkan.
    • Balut dengan daun pepaya
    Ini adalah cara masak rendang daging sapi yang sering dipakai oleh orangtua kita jaman dahulu ya Mom, yaitu membalut daging dengan daun pepaya lalu didiamkan. Agar bisa mendapatkan beberapa banyak manfaat dalam sekali kerja, maka Mom bisa menyiapkan racikan bumbu rendangnya dan dibalurkan pada daging yang akan diolah lalu baru dibungkus dengan daun pepaya. Setelah dibungkus, daging harus dibiarkan terlebih dahulu lebih dari 45 menit. Nah Mom, silakan lho dipilih mana cara melunakkan daging sapi yang paling efisien untuk Mom coba praktekkan.Setelah membahas bagimana cara membuat empuk daging sapi yang akan kita olah menjadi menu rendang yang nikmat maka berikut ini adalah tips menyiapkan bumbu rendang yang bisa Mom coba praktekkan.   Tips cara buat bumbu rendang Berikut ini adalah tips cara membuat bumbu rendang agar cara masak rendang daging  menjadi nikmat. Sebaiknya jangan menggunakan santan instan ya Mom. Pilihlah kelapa yang sudah tua (dagingnya tebal dan agak keras) untuk membuat santan,  baik encer maupun kental. Lebih dianjurkan untuk menggunakan air hangat agar hasil santan yang diperoleh berkwalitas baik.  Selain santan, perlu diperhatikan juga penggunaan bumbu-bumbu yang akan diracik untuk menjadi bumbu rendang.  Cuci bersih dan kupas semua bahan bumbu yang dibutuhkan, lalu haluskan.  Bila Mom menginginkan rendang yang berwarna coklat kehitaman maka jangan masukkan kunyit pada bumbu rendang.  Kemudian untuk membuat rendang yang berminyak ddan berbumbu pekat maka Mom bisa mengambil sedikit sisa parutan kelapa lalu digongseng hingga berwarna coklat tua dan kemudian diuleg hingga menjadi pekat dan berminyak.  Kelapa minyak ini Mom masukkan setelah rendang hampir matang. Demikian tips cara masak rendang daging yang bisa Mom ikuti.  Dijamin hasilnya bukan hanya enak tapi juga empuk dan meresap. Selamat mencoba ya Mom.]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top