Now Reading
Cara Masak Rendang Agar Empuk

Cara Masak Rendang Agar Empuk

  • Perhatikan pemilihan bagian daging sapi
  • Untuk mendapatkan potogan daging rendang yang utuh meskipun dimasak lama, sebaiknya Mom memilih daging sapi bagian paha. Tekstur daging lebih kuat, jadi tidak akan mudah hancur. Pastikan juga Mom membuang bagian lemak sapi yang masih menempel pada permukaan daging agar nantinya rendang anda tidak alot. Ini penting banget ya Mom dan ini rahasia awal cara masak rendang daging yang empuk dan nikmat.
    1. Potong daging dalam ukuran besar
    Jika Mom ingin bumbu dendang benar-benar meresap ke dalam potongan daging,  maka Mom sebaiknya memotong daging dengan ukuran sedang atau besar, jangan terlalu kecil. Daging berukuran kecil akan hancur jika dimasak terlalu lama dimasak sehingga kurang menarik untuk dihidangkan. Pastikan juga Mom memotong daging dengan tepat, yaitu searah dengan serat daging yang panjang agar daging tidak alot.
    1. Masak rendang dalam api kecil
    Cara masak rendang yang tepat memang membutuhkan kesabaran ya Mom jadi jangan karena ingin rendang anda cepat matang, Mom memasaknya dengan nyala api besar. Rendang akan cepat menjadi keras dan bumbunya pun tidak akan meresap dengan sempurna. Masaklah rendang dengan api kecil dan tunggu selama minimal sekitar 5-6 jam,  agar bumbunya benar-benar meresap sempurna ke dalam daging dan daging tetap empuk.
    1. Hindari mengaduk rendang terlalu sering
    Mungkin Mom tidak sadar setiap kali mengecek maka tanpa sadar akan mengaduk rendang yang sedang dimasak. Sebaiknya, hindari mengaduk rendang yang sedang dimasak terlalu sering, karena hal tersebut hanya akan membuat tekstur daging jadi hancur. Aduk rendang sesekali saja dengan pelan untuk memastikan semua bagian daging terendam bumbu dengan baik.
    1. Pisahkan daging rendang dari bumbunya
    Jika daging sudah empuk tapi bumbunya belum mengering dan berwarna coklat kehitaman, angkat dan pisahkan daging di wadah. Setelah itu lanjutkan cara masak rendang dengan memasak bumbunya saja sampai berwarna lebih gelap dan minyaknya keluar, lalu campurkan kembali daging ke dalam bumbu dan ratakan.  Cara lain yang bisa Mom coba adalah dengan memasak bumbu terlebih dahulu selama 3-4 jam. Barulah setelah itu memasukkan daging. Memasak rendang dengan cara  seperti ini bisa membantu agar bentuk daging tetap utuh nantinya. Bila Mom mau mencoba caranya ini maka pastikan gunakan bagian daging sapi yang empuk (daging has)  dan potong melawan arah serat dengan ukuran sedang. Mom juga bisa melunakkan daging terpisah menggunakan panci bertekanan (pressure pan). Hal lain yang juga perlu Mom perhatikan dalam cara masak rendang  agar menghasilkan rendang yang empuk dan nikmat adalah pada penggunaan jumlah santan.  Santan merupakan salah satu bahan utama yang memberikan rasa gurih pada bumbu rendang. Karena itu, penggunaan santan dalam jumlah yang cukup berperan penting dalam cita rasa rendang. Biasanya perbandingan daging dengan santan adalah 1:3, yaitu tiap 1 kg daging setara santan kental dari 3 butir kelapa. Bila ingin membuat rendang yang pedas, tiap 1 kg daging bisa menggunakan 250 gram cabai dan santan kental dari 4 butir kelapa. Bagaimana Mom, yuk dipraktekkan, agar bisa segera menghidangkan rendang yang empuk dan gurih untuk seluruh keluarga tanpa harus beli dan tanpa harus menunggu Hari Raya.  ]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top