Now Reading
Cara Masak Opor yang Gurih Alami

Cara Masak Opor yang Gurih Alami

  • Potongan ayam  atau daging yang digunakan
  • Agar matangnya bersamaan, potong ayam dan daging yang digunakan haruslah  dalam ukuran yang hampir sama.  Bila Mom menggunakan daging untuk opor Mom,  maka pilih daging yang mudah lunak lalu potong jangan terlalu besar dan geprek seperti akan membuat empal, hati-hati jangan sampai hancur. Bila menggunakan ayam, sebaiknya menggunakan ayam kampung yang gemuk karena lemak ayam kampung bisa membantu memberi rasa gurih.  Bila menggunakan ayam negeri maka buang lapisan2 lemak dibawah kulit ayam. Besar potongan dan jenis daging/ayam yang digunakan mempengaruhi waktu mengolah.
    1. Santan
    Santan adalah bagian yang sangat penting dalam cara masak opor  yang tepat agar menghasilkan opor yang gurih. Untuk mendapatkan kuah opor yang gurih alami gunakan santan dari kelapa segar. Hindari memakai santan instan meskipun lebih murah dan praktis karena aroma “buatan” pada santan instan  yang cukup tajam, membuat rasa gurih berkurang.Pilih kelapa tua yang tebal dagingnya. Peras santan menjadi santan encer dan santan kental. Pastikan santan diolah dalam keadaan bersih,  untuk memeras santan kental gunakan air hangat dan untuk santan encer gunakan air matang biasa. Rebus ayam atau daging atau telur (bisa juga tahu dan kentang) bersama bumbu dan santan encer hingga bahan hampir lunak. Setelah itu tambahkan santan kental dan masak hingga seluruhnya matang. Santan adalah bahan yang sangat rentan untuk menjadi basi dan karena harus bersih dari bakteri,  oleh karena itu hindari memasukkan sendok bekas Mom mencicipi kedalam olahan opor untuk mencicipinya kembali.  Bersihkan sendok dengan mencucinya dengan air terlebih dahulu.
    1. Bumbu 
    Jangan pelit dengan bumbu yang akan Mom pakai. Sebab, bumbu berperan dalam memberi rasa gurih dan  lezat pada olahan opor. Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang. DitMomi dengan butiran halus yang terbentuk saat ditumis dan aroma harum dari bumbu. Kemudian tambahkan daun salam dan daun jeruk agar aromanya makin wangi. Untuk mendapatkan rasa gurih,  pastikan ada kemiri dan jinten pada bumbu halus Mom.
    1. Api kecil
    Setelah potongan bahan olahan dimasukkan ke dalam santan berbumbu, biarkan hingga mendidih. Selanjutnya, kecilkan api dan masak hingga santan menyusut dan bahan olahan menjadi empuk. Jika api terlalu besar, kuah opor akan ‘pecah’ santannya dan kurang gurih rasanya. Mom harus ingat ya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari cara masak opor yang gurih ini, bila Mom menggunaan beberapa bahan olahan bersamaan maka masukkan satu persatu dari yang paling membutuhkan waktu lama untuk menjadi empuk.
    1. Belimbing sayur
    Seringkali penggunaan santan dan bumbu yang kurang pas menyebabkan rasa gurih yang justru berlebihan. Maka untuk mengurangi rasa gurih berlebihan, tambahkan beberapa buah belimbing sayur atau belimbing wuluh. Potong belimbing sayur menjadi 2 bagian dan masukkan ke dalam opor sesaat akan diangkat. Rasa sedikit kecut dari belimbing sayur akan membuat opor ayam makin sedap. Opor termasuk lauk yang pembuatannya membutuhkan keterampilan dan ketelitian dalam mengolahnya.  Bila Mom melakukan cara masak opor dengan tepat seperti pada artikel ini,  maka hasilnya pasti akan maksimal dan akan bikin Mom ketagihan.  Hati-hati juga dalam menyantap opor yang gurih dan lezat. Jangan terlalu banyak karena mengandung tinggi kolesterol.  ]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top