Now Reading
Cara Masak Jamur Kancing dan Tips Menyimpannya

Cara Masak Jamur Kancing dan Tips Menyimpannya

Manfaat Jamur kancing memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti vitamin B, mineral dan potasium. Selain itu jamur kancing juga terkenal sebagai bahan makanan yang rendah lemak dan rendah kalori sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh yang sedang diet. Sebagai bahan makanan, jamur kancing biasa digunakan sebagai bahan pelengkap berbagai masakan dan sebagai pengganti daging karena rasanya yang kenyal. Beberapa masakan yang menggunakan cara masak jamur kancing adalah pizza, omelet, kaserol, tumis, gratin dan berbagai olahan sup. Cara Mengolah Jika dibiarkan begitu saja, jamur kancing akan sangat mudah berubah warna dan membusuk. Oleh karena itu diperlukan metode khusus untuk menyimpan jamur kancing agar tidak mudah busuk. Ini dia tipsnya:

  1. Bersihkan jamur sebelum disimpan dengan cara dilap menggunakan tisu atau lap yang bersih, jangan mencuci jamur kancing dengan air sebelum menyimpannya di kulkas karena akan mempercepat proses pembusukannya.
  2. Setelah dibersihkan, taruh jamur di dalam kertas dan letakkan di bagian bawah lemari es sambil diberi lapisan berupa kain. Tujuannya agar suhu yang diterima oleh jamur tidak terlalu dingin.
  3. Jamur juga bisa dibekukan di dalam freezer. Untuk menggunakannya kembali cukup diamkan agar es meleleh.
  4. Tidak dianjurkan memotong-motong jamur sebelum disimpan di dalam kulkas, jadi saat disimpan jamur harus dalam kondisi utuh;
Itulah tips menyimpan jamur kancing agar dapat disimpan dalam waktu lama tanpa menjadi busuk.  Intinya, jamur harus tetap kering atau dibekukan sekalian. Jangan disimpan dalam kondisi lembap. Sekarang, simak  cara masak jamur kancing tumis berikut ini, yuk! Bahan-bahan yang disiapkan untuk cara masak jamur kancing tumis:
  • 1/4 kg jamur kancing
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 3 buah cabai hijau
  • Saos tiram secukupnya
  • Garam secukupnya
Langkah-langkah cara masak jamur kancing tumis:
  1. Potong jamur kancing menjadi empat bagian, lalu cuci, tiriskan.
  2. Iris cabai, dan bawang
  3. Panaskan penggorengan, masukan mentega, masukan cabai dan bawang yg telah di iris tipis, aduk hingga harum, kemudian masukan jamur kancing, kemudian tambahkan saos tiram dan beri tambahan air secukupnya.
  4. Cicipi, lalu tunggu sampai jamur matang. Sajikan.
  Sudah banyak orang yang mencoba cara masak jamur kancing ini. Sekarang, giliran Mom.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top