Now Reading
Cara Masak Gulai Agar Santan Tidak Pecah dan Tidak Cepat Basi

Cara Masak Gulai Agar Santan Tidak Pecah dan Tidak Cepat Basi

  • Tips pertama cara masak gulai adalah pada saat Mom membuat santan, gunakan air matang.  Bahkan untuk santan kental dianjurkan menggunaan air hangat. Karena kadang bakteri yang ada pada air yang tidak matang bisa menjadi penyebab pecahnya santan saat dimasak.
  • Ketika merebus santan, gunakan api kecil. Suhu api yang terlalu tinggi bisa membuat santan pecah dan tidak bisa tercampur dengan bahan lainnya
  • Jangan pernah meninggalkan santan saat merebusnya. Harus terus diaduk ya Mom supaya tetap solid dan rasanya makin lezat. Selama proses memasak aduk-aduklah menggunakan spatula untuk mencegahnya pecah.
  • Untuk cara masak gulai agar santan tidak pecah, rebus santan dalam wadah terpisah. Dinginkan dan setelah itu tuangkan di akhir sesi memasak supaya rasanya tambah enak. Cara ini juga berguna untuk menjaga aromanya supaya tetap wangi dan membuat teksturnya solid. Aduk-aduk perlahan menggunakan api kecil hingga tercampur dengan bumbu lainnya.
  • Kalau Anda menggunakan santan dalam bentuk pasta atau vla, campurkan dulu dengan air dan sedikit tepung maizena. Aduk-aduk baru tuangkan ke dalam masakan. Jika ingin merebusnya Anda bisa mengikuti tiga tips tadi. Pakai api kecil dan terus diaduk agar tidak pecah dan aromanya makin harum. Cita rasanya juga terjaga sehingga masakan Anda jadi tambah nikmat.
  • Selain memperhatikan cara masak gulai agar santan tidak pecah, Mom juga perlu memperhatikan cara agar gulai tidak cepat basi. Repot ya memang mengolah masakan menggunakan santan ini tetapi memang sebanding dengan kenikmatan rasanya. Agar tidak cepat basi,  maka gulai yang sudah selesai dimasak tidak boleh ditutup rapat ya Mom. Panas yang tertahan di dalam tempat mengolah gulai justru akan membuat santan pecah dan masakan bersantan yang santannya pecah akan mudah menjadi basi. Selain itu jangan pernah memasukkan sendok yang sudah masuk kedalam mulut, kedalam makanan bersantan.  Ludah yang pastinya mengandungg bakteri akan membuat makanan bersantan menjadi basi.  Bila gulai yang disajikan tidak habis disantap,  masukkan sisanya kedalam lemari pendingin dengan suhu dingin yang tinggi dan bila akan disantap kembali hangatkan dengan api kecil. Yuk Mom dicoba tips cara masak gulai yang sudah dibongkar habis-habisan di atas.  Tidak sulit,  hanya saja memang harus teliti dan sabar mengolahnya.]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top