Now Reading
Cara Masak Empal Gentong Sesuai Resep Asli

Cara Masak Empal Gentong Sesuai Resep Asli

  • Pemilihan daging. Sebelum membuat empal gentong, sebaiknya pilihlah daging yang bagus. Sandung lamur atau sengkel bisa dipilih karena dagingnya tidak terlalu kering. Lalu bila suka dan tak ada pantangan dengan jeroan bisa ditambahkan karena akan memberi rasa yang khas. Untuk menghasilkan tekstur daging yang lebih empuk, disarankan agar dagingnya direbus dengan bantuan pressure cooker sekitar 20-25 menit tergantung berapa banyak dagingnya.
  • Empal gentong biasanya dibuat dengan bumbu dasar kuning halus dengan ditambahkan lengkuas, kapulaga, star anise, sedikit kayu manis dan serai sehingga aromanya benar-benar wangi. Kemudian ditumis hingga harum dan masukkan potongan daging yang sudah empuk dan masukkan kuah kaldu dari sisa merebus daging tersebut hingga muncul bubling atau gelembung kecil.
  • Untuk penggunaan santan pada cara masak empal gentong khas Cirebon ini, sebaiknya hindari menggunakan santan instan karena aroma gurihnya berbeda, pakailah santan asli. Saat air rebusan kaldunya sudah mulai muncul gelembung kecil, barulah masukkan santan.Agar tidak pecah, campur terlebih dahulu santan dengan sedikit air hangat dan masukkan pelan-pelan dan kecilkan apinya. Aduk perlahan supaya tidak pecah dan kalau sudah mendidih barulah dikecilkan apinya hingga kuah berbumbu meresap ke dalam daging.
  • Beri pelengkap. Setelah matang, empal gentong bisa dihidangkan dengan potongan ketupat dan irisan kucai. Bisa juga dengan cabai bubuk, bila Mom suka.
  •   Nah ternyata tidak terlalu sulit ya Mom,  memang mirip saja dengan membuat gulai pada umumnya. Yuk, dicoba cara masak empal gentong khas Cirebon ini di rumah! Disajikan sore hari saat hangat pasti nikmat ya Mom.  Bisa juga menjai pengganti opor saat Hari Raya Idul Fitri.  Selamat mencoba.]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top