Now Reading
Cara Masak Daun Kelor Agar Enak Disantap

Cara Masak Daun Kelor Agar Enak Disantap

Moringa oleifera adalah salah satu tanaman yang dikenal memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Daun yang digunakan dalam pepatah “Dunia tak selebar daun kelor” ini mengandung vitamin A, vitamin B, kalium, mineral dan protein yang penting bagi tubuh.  Bagi yang belum pernah melihat daun kelor,  ternyata Mom, daun kelor punya penampang yang kecil-kecil  bahkan lebih kecil dari daun bayam. Sebelum kita membahas bagaimana cara masak daun kelor agar bisa menghasilkan masakan yang enak dan bermanfaat bagi kesehatan, yuk kita cari tahu apa saja sih manfaat dari daun kelor ini.

  1. Kaya Antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh.Beberapa senyawa tumbuhan antioksidan telah ditemukan di daun kelor.Banyaknya kandungan antioksidan di daun kelor ini juga membantu menurunkan tekanan darah.
  2. Mampu Menurunkan Kadar Gula dalam Darah. Gula darah yang tinggi adalah karakteristik utama diabetes dan mempertinggi risiko penyakit jantung.
  3. Mengurangi Peradangan. Kelor, seperti juga sayuran lain, buah-buahan dan rempah-rempah diyakini mengandung isothiocyanate, yang merupakan sumber anti-inflamasi utama.
Dengan kandungan dan khasiat yang baik bagi kesehatan,  maka daun kelor banyak juga dikonsumsi sebagai masakan selain diramu sebagai obat-obatan herbal.  Sebagai masakan, cara masak daun kelor cukup bervariasi lho Mom, mulai dari direbus biasa menjadi sayur bening sampai diolah menjadi masakan dengan sumber protein yang biasanya dilakukan dengan ikan.  Hanya saja,  keluhan yang sering muncul saat menyantap masakan olahan daun kelor adalah pada rasanya yang agak pahit.  Bagi beberapa orang rasa pahitnya jadi mengganggu cita rasa dan selera makan.  Lalu bagaimana cara menolah daun kelor agar tidak pahit? Ternyata tidak sulit kok Mom,  untuk mengatasi dan menghilangkan rasa pahit dari daun kelor maka  rebus daun kelor terlebih dahulu tapi jangan terlalu lama ya guys. Setelah itu remaslah secara perlahan hingga air dari daun kelor ini sedikit hilang, kemudian cuci kembali sebentar dibawah air mengalir baru setelah itu Mom bisa memasaknya sesuai selera. Kira-kira cara masak daun kelor ini bisa dimanfaatkan untuk apa saja ya Mom?
  1. Dijadikan Sayur. Cara pertama untuk menggunakan daun kelor untuk penyakit kolesterol adalah dengan ditumis dan ditambahkan dengan berbagai bahan lainnya. Namun, tetap memperhatikan kandungan gula dan bahan penyedap bumbu lainnya. Tumis ini dapat dikonsumsi dengan nasi atau dimakan langsung. Selain di tumis,  bisa juga dengan dijadikan sayur bening dengan merebus dan menambahkan beberapa bahan lain seperti wortel atau pipilan jagung.
  2. Dibuat Campuran Salad Bagi Mom yang menyukai salad buah. Dapat juag ditambahkan dengan daun kelor. Tentu tidak saja mengenyangkan, tetapi memiliki manfaat yang baik untuk penderita kolesterol. Selain enak juga alami dan herbal. Untuk cara masak daun kelor dengan menjadikannya campuran salad buah,  daun kelor bisa digunakan mentah tanpa harus direbus, hal ini akan menambah tekstur dan rasa.
  3. Dijadikan Seduhan. Cara untuk dijadikan seduhan ini cukup mudah. Daun kelor di keringkan, hingga benar-benar kering. Setelah itu dicampur dengan air panas lalu diseduh. Meminum secara rutin akan membantu dalam mengobati penyakit kolesterol dan menghilangkan gejala vertigo .
  4. Dijadikan Jus. Untuk cara masak daun kelor lainnya adalah dengan mengolah daun kelor sebagai jus.  Tentu saja dengan dicampurkan dengan sayuran lain yang baik untuk kesehatan,  seperti bayam.
  Berikut ini resep sederhana tumis daun kelor yang bisa Mom coba. Pertama-tama buat bumbu terlebih dahulu. Potong 2 siung bawang merah, 1 siung bawah putih, 1 cabai merah besar, dan 1 cabai kecil (sesuai selera). Panaskan wajan lalu goreng potongan bumbu tadi, jangan lupa tambahkan daun salam sebagai penguat aroma. Setelah setengah matang, masukkan daun kelor yang sudah direbus sebelumnya agar tidak pahit.  Nah Sayur kelor tumis ini akan lebih terasa nikmat apabila ditambahkan dengan sayur kacang panjang.  Tumis hingga matang dan bumbui secukupnya.   Bagaimana Mom, sudah semakin kenal ya dengan si daun kelor ini.  Ternyata daun yang seringkali dianggap punya kekuatan magis ini juga bisa diolah menjadi berbagai variasi cara masak daun kelor sehingga bisa menjadi berbagai variasi olahan yang sehat.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top