Now Reading
Cara Masak Daging Semur Yang Empuk

Cara Masak Daging Semur Yang Empuk

Pertama adalah pada pemilihan daging yang akan digunakan. Kalau Mom mau hasil yang benar-benar empuk maka pilihlah daging sapi bagian has dalam atau yang dikenal dengan daging tenderloin.Tetapi kalau Mom mau hasil yang lebih terasa serat dagingnya maka pilihlah daging sirloin atau bagan has luar. Kedua adalah cara memotong daging yang akan digunakan untuk cara masak daging semur. Potong daging sapi berlawanan dengan arah serat daging ya Mom. Ketiga adalah pada cara memasaknya.  Mom apabila dagingnya dimasak sampai matang sempurna. Justru biasanya akan bertekstur sedikit keras.  Untuk memudahkan maka Mom bisa menggunakan alat masak pressure cooker untuk pemasakan yang lebih lama atau bisa menggunakan cara lain seperti membungkus daging dengan daun pepaya atau dipukul-pukul dengan alat khusus pemukul daging. Selain memperhatikan tiga hal di atas,  maka berikut ini ada beberapa kesalahan dalam melakukan cara masak daging semur yang juga perlu Mom perhatikan dan hindari ya Mom.

  1. Memasukkan Daging ke Air dalam Keadaan Mentah. Rasa otentik dari resep semur daging sapi berasal dari rasa kecap manis yang mengalami proses caramelize ketika sedang dimasak. Jadi, masukkan daging sapi ke dalam rempah yang sudah ditumis dan tambahkan kecap manis secukupnya. Hal ini akan membuat daging sapi kaya akan aroma karamel dari kecap. Setelah daging menjadi setengah matang dan harum, baru deh Mom bisa menambahkan air secukupnya untuk mematangkan daging sapi dan membuat bumbu meresap ke dalam daging tersebut.
  2. Memasukkan Semua Bahan Secara Bersamaan. Menambahkan kentang rebus, wortel atau buncis ke dalam semur daging sapi tentu akan membuat semur Mom jadi makin bergizi. Namun, Mom juga harus memperhatikan cara masak daging semur yang empuk bila akan menambahkan bahan-bahan tambahan tersebut. Perhatikan tekstur bahan pelengkap yang akan ditambahkan ke dalam semur. Untuk bahan pelengkap bertekstur keras seperti wortel, masukkan sesaat setelah Mom menambahkan air pada semur. Sedangkan untuk bahan pelengkap bertekstur lembut dan mudah hancur seperti kentang rebus atau buncis, sebaiknya dimasukkan sesaat sebelum semur daging sapi matang.
  3. Menghilangkan Lemak Daging. Lemak pada daging sapi akan memperkaya rasa resep semur daging sapi buatan. Jika Mom memang tidak menyukainya, Mom bisa menyingkirkannya dengan cara menaruh semur yang sudah matang dan sudah hilang uap panasnya ke dalam kulkas selama seharian. Lemak daging sapi akan naik ke permukaan dan jadi lebih mudah diangkat hingga bersih.
  Nah bagaimana Mom, sudah siap masuk ke dapur menyiapkan cara masak daging semur yang empuk untuk seluruh keluarga kan?  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top