Now Reading
Cara Masak Cumi Hitam Superlezat

Cara Masak Cumi Hitam Superlezat

  • Warna kulit putih kelabu dengan bintik-bintik kemerahan
  • Mata cumi masih cukup jernih
  • Dagingnya masih terasa kenyal jika ditekan dengan jari
  • Mengeluarkan bau amis sewajarnya, tetapi tidak terlalu menyengat
  • Kepala dan tubuhnya masih menyatu
  • Masih mengeluarkan banyak tinta
  • Hindari memilih cumi yang warna kulit arinya sudah berubah ungu tua. Apalagi jika bagian tentakel sudah berwarna kekuningan dan robek. Itu artinya cumi sudah mendekati kebusukan.
  • Cumi yang direndam di dalam air dingin dalam jumlah banyak juga patut diwaspadai. Apalagi jika tintanya sudah tak keluar, bila sudah tidak ada tintanya lagi ya tida bisa dong diolah dengan cara masak cumi hitam. Begitu juga dengan cumi yang tidak mengeluarkan bau sedikit pun dan tidak dihinggapi lalat sama sekali. Kemungkinan besar cumi seperti ini sudah direndam di dalam larutan pengawet.  Bisa berbahaya ini untuk kesehatan.  Jika Mom terpaksa membeli cumi yang sudah dibekukan, pilih yang warnanya belum berubah. Jangan mengambil cumi yang sudah terdapat bercak-bercak hitam di bagian tubuhnya atau yang butiran esnya terlalu banyak. Nah setelah mengetahui cara memilih cumi yang baik untuk diolah,  yuk sekarang kita cari tahu tahapan mengolah cumi engan cara masak cumi hitam yang enak itu :
    1. Cuci cumi perlahan supaya kepala tidak lepas. Untuk membuat tumis cumi hitam, anda membutuhkan tinta dari cumi. Pilihlah cumi yang benar-benar segar dan utuh, yakni bagian kepala tidak terpisah dari badannya. Bentuk cumi yang utuh menandakan bahwa kantung tintanya masih aman dan belum pecah. Kemudian, cuci cumi hingga bersih secara perlahan. Jangan sampai bagian kepalanya terlepas, ya. Nanti kantung tinta bisa pecah dan tintanya terbuang bersama air.
    2. Lumuri cumi dengan jeruk nipis. Masalah utama memasak seafood adalah bau amisnya. Tidak terkecuali cumi. Nah, supaya tumis cumi hitamnya nanti tidak berbau amis dan hasil cara masak cumi hitam jadi benar-benar enak maka lumuri cumi dengan air jeruk nipis setelah dicuci. Diamkan sekitar 10 menit. Kemudian, bilas lagi dengan air bersih yang mengalir.
    3. Pisahkan badan dan kepala cumi secara perlahan. Kalau sudah bersih, mulai pisahkan bagian kepala dan badan cumi. Tarik bagian kepala secara perlahan supaya kantung tinta tidak pecah. Kemudian, tarik tulang cumi dari bagian badannya. Tulang cumi ini aalah bagian dari cumi yang bentuk dan teksturnya mirip dengan plastik mika. Setelah semua terpisahkan, sisihkan cumi dalam wadah bersih.
    4. Tumis bumbu-bumbu hingga harum dengan margarin. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat cara masak cumi hitam tidak jauh berbeda dengan tumisan biasa, yaitu bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Bawang merah dan bawang putih diiris tipis, sementara cabai hijau diiris tipis dan menyerong. Setelah itu, panaskan 1 sendok makan margarin dan tumis ketiga bumbu ini hingga harum. Mom bisa mengganti margarin dengan minyak goreng biasa. Namun, penggunaan margarin akan lebih memberikan rasa gurih dan aromanya harum.
    5. Jangan lupa tambahkan daun jeruk dan lengkuas. Selain bumbu-bumbu dasar, daun jeruk dan lengkuas adalah dua bumbu penting yang tidak boleh dilupakan. Penambahan daun jeruk membuat tumis cumi hitam memiliki aroma yang segar. Sementara lengkuas dapat membantu mengeluarkan citarasa bawang merah, bawang putih, dan cabai. Cukup menggunakan 4 lembar daun jeruk dan lengkuas kira-kira sepanjang 3 ruas jari untuk satu sajian masakan. Untuk daun jeruk, jangan lupa untuk menyobeknya terlebih dahulu supaya aromanya keluar. Sementara lengkuas, anda hanya perlu mengupas dan memotongnya jadi 3-4 bagian saja. Dengan tambahan dua hal ini maka hasil olahan cumi cara masak cumi hitam yang Mom lakukan akan benar-benar lengkap kelezatannya.
    6. Masukkan cumi dan sedikit air. Setelah seluruh bumbu ditumis hingga layu dan mengeluarkan aroma sedap, anda bisa mulai memasukkan cumi. Aduk-aduk cumi perlahan dengan bumbu hingga tercampur merata dan tinta mulai keluar. Kemudian tambahkan 150 ml air dan aduk terus hingga mendidih serta mengental. Saran saya, gunakan saja air hangat supaya masakan cepat mendidih dan cumi tidak terlalu lama dimasak.
    7. Masak cumi sebentar saja. Cumi tidak boleh dimasak terlalu lama. Karena nanti teksturnya akan berubah menjadi seperti karet dan sangat alot sekali untuk dimakan. Masak cumi sebentar saja dengan api besar, hingga mengembang dan kuah tinta mengental/menyusut. Langsung matikan api dan pindahkan masakan ke piring saji.
      Mom, cara masak cumi hitam ini rasanya sangat gurih. Jadi, akan lebih nikmat jika disantap bersama sepiring nasi hangat. Sajian yang tepat untuk santap siang bersama keluarga.]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top