Now Reading
Cara Masak Cumi Asam Manis Penggugah Selera

Cara Masak Cumi Asam Manis Penggugah Selera

  • Pilih cumi segar, bersihkan dengan benar
  • Agar proses memasak lebih baik, memilih bahan baku pun harus jeli. Pilihlah cumi yang segar dan bak kualitasnya. Bisa dilihat dari teksturnya yang mulus tanpa sobekan, warna daging putih segar dengan semburat cokelat kemerahan.Jangan salah Mom, cumi yang segar justru tidak berbau amis. Berbeda dengan cumi yang sudah agak lama di luar ruangan, baunya menjadi amis dan warna dagingnya mulai kekuningan. Bersihkan cumi dengan menghilangkan bagian kantong tinta. Kemudian buang tulang rawannya yang berada di tengah. Cuci sampai bersih kemudian tiriskan sebelum disimpan. Tapi sebaiknya langsung diolah agar tidak mengurangi kesegarannya.
    1. Lumuri dengan air perasan jeruk nipis
    Sudah menjadi rahasia umum bahwa air perasan jeruk nipis mampu menghilangkan bau amis dan melunakkan daging seafood. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar asam, yang membantu mengurai protein dalam seafood ke bentuk lebih sederhana.Jika cumi akan langsung diolah, lumuri dengan air perasan jeruk nipis setelah dicuci bersih. Diamkan selama beberapa saat, sekitar 10-15 menit.
    1. Rebus sebentar di dalam air mendidih
    Selain dengan perasan jeruk nipis, merebus sebentar daging cumi segar juga bisa membuatnya lebih empuk. Cukup 1-3 menit dalam air mendidih (didihkan dulu airnya ya Mom), lalu angkat dan tiriskan. Dengan cara ini waktu memasak cumi dan mengolahnya dengan cara masak cumi asam manis jadi lebih singkat.
    1. Celupkan dalam air es sebelum disimpan
    Jika rebusan cumi tidak semuanya langsung dimasak, celupkan dulu sebentar dalam air es sebelum disimpan. Siapkan mangkok berisi air lalu beri es batu secukupnya. Celupkan cumi, bolak-balik sebentar, kemudian tiriskan. Simpan di lemari pendingin untuk masakan berikutnya. Cara ini menjaga kualitas daging cumi tetap segar dan empuk lho!
    1. Tumis semua bumbu, masukkan cumi belakangan
    Memasak cumi terlalu lama akan membuatnya keras atau alot. Maka untuk tumisan atau sup, masak dulu semua bumbu dan bahan lainnya sampai matang. Baru kemudian masukkan cumi paling akhir, aduk-aduk sebentar 1-3 menit saja. Kali ini kita akan mengolah cumi dengan cara masak cumi asam manis  dan menurut situs Wikipedia saus asam manis adalah saus yang berasal dari masakan Tionghoa, dibuat dari air, cuka, saus tomat, gula, garam, dan tepung sebagai pengental yang dimasak di atas penggorengan. Tepung yang digunakan untuk pengental umumnya tepung sagu atau tepung kentang.  Di negara kita pun penggunaan saos asam manis sering dibuat dengan tambahan bawang putih dan sambal botol sebagai bumbu atau dengan menggunakan daun bawang dan wortel agar menarik ada juga yang menambahkan buah nanas pada resep saus asam manis nanas dan menambahkan cabe rawit pedas untuk resep saus asam manis pedas. Nah agar cara masak cumi asam manis memiliki cita rasa yang lebih segar maka sebaiknya Mom juga membuat sendirinya saos asam manisnya. Mudah kok membuatnya.  Ini resepnya : RESEP SAUS ASAM MANIS BAHAN
    • 1 sdm minyak goreng
    • 1 siung bawang putih, memarkan
    • 2 buah cabai merah, buang bijinya lalu iris tipis
    • 250 ml air kaldu
    • 2 sdm saus tomat
    • 1 sdm gula pasir
    • 1/4 sdt minyak wijen
    • 1 sdm cuka
    • 1 sdt tepung kanji, larutkan dengan 1 sdm air
    CARA MEMBUAT SAUS ASAM MANIS :
    1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.
    2. Tuangi kaldu dan masukkan bahan-bahan yang lain, kecuali larutan kanji. Aduk hingga mendidih, lalu tuangi larutan tepung kanji. Aduk-aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat, dinginkan.
    3. Sajikan sebagai siraman atau campuran dengan berbagai masakan seafood, udang, ikan, ikan fillet, kerang baik kerang darah dan kerang hijau, cumi, kepiting, ayam, ayam fillet, daging sapi, dll. Selain itu bisa juga untuk hidangan tahu dan tempe serta aneka sayur-sayuran dan untuk dimsum.
      Selamat mencoba variasi cara masak cumi asam manis ini ya Mom. Dijamin bakal ketagihan, deh.]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top