Now Reading
Cara Masak Cumi Agar Tidak Alot dan Bau Amis

Cara Masak Cumi Agar Tidak Alot dan Bau Amis

  • Pastikan warna kulit putih kelabu dengan bintik-bintik kemerahan dengan mata cumi masih cukup jernih.Pilih cumi yang bagian kepala dan tubuhnya masih menyatu. Periksa juga, apakah dagingnya masih terasa kenyal jika ditekan dengan jari dan masih mengeluarkan banyak tinta.
  • Hindari memilih cumi yang warna kulit arinya sudah berubah ungu tua. Apalagi jika bagian tentakel sudah berwarna kekuningan dan robek. Itu artinya cumi sudah hampir busuk nanti akan sulit dimasak menjadi cumi yang enak.
  • Waspadai jika cumi direndam di dalam air dingin dalam jumlah banyak. Apalagi jika tintanya sudah tak keluar. Begitu juga dengan cumi yang tidak mengeluarkan bau sedikit pun dan tidak dihinggapi lalat sama sekali. Kemungkinan besar cumi seperti ini sudah direndam di dalam larutan pengawet.
  • Jika kamu terpaksa membeli cumi yang sudah dibekukan, pilih yang warnanya belum berubah. Jangan mengambil cumi yang sudah terdapat bercak-bercak hitam di bagian tubuhnya atau yang butiran esnya terlalu banyak.
  • Selanjutnya tips cara masak cumi agar tidak alot dan berbau amis adalah pada saat membersihkannya. Bersihkan cumi dengan menghilangkan bagian kantong tinta. Kemudian buang tulang rawannya yang berada di tengah. Cuci sampai bersih kemudian tiriskan sebelum disimpan. Tapi sebaiknya langsung diolah agar tidak mengurangi kesegarannya.Jika cumi akan langsung diolah, lumuri dengan air perasan jeruk nipis setelah dicuci bersih. Diamkan selama beberapa saat, sekitar 10-15 menit.Selain dengan perasan jeruk nipis, merebus sebentar daging cumi segar juga bisa membuatnya lebih empuk. Cukup 1-3 menit dalam air mendidih, lalu angkat dan tiriskan. Dengan cara ini waktu memasak cumi jadi lebih singkat.Jika rebusan cumi tidak semuanya langsung dimasak, celupkan dulu sebentar dalam air es sebelum disimpan. Siapkan mangkok berisi air lalu beri es batu secukupnya. Celupkan cumi, bolak-balik sebentar, kemudian tiriskan. Simpan di kulkas untuk masakan berikutnya. Cara ini menjaga kualitas daging cumi tetap segar dan empuk. Mom, memasak cumi terlalu lama akan membuatnya keras atau alot,  sehingga sulit dimakan. Maka cara masak cumi untuk tumisan atau sup, masak dulu semua bumbu dan bahan lainnya sampai matang. Baru kemudian masukkan cumi paling akhir, aduk-aduk sebentar 1-3 menit saja. Sedangkan untuk cumi bakar atau panggang, cara paling mudah adalah dengan merebusnya sebentar seperti dijelaskan diatas, lalu tiriskan kemudian  lumuri dengan bumbu lalu bakar sebentar saja hanya untuk memberikan efek bakar saja.  Cara ini lebih mudah dibandingkan langsung membakar dari kondisi mentah, butuh waktu lebih lama sampai dagingnya empuk.]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top