Now Reading
Cara Masak Bubur Kacang Ijo yang Empuk

Cara Masak Bubur Kacang Ijo yang Empuk

  • Rendam kacang ijo semalaman
  • Tekstur kacang ijo yang mentah sangat keras,  bahkan bila langsung direbus pun membutuhkan waktu sangat lama untuk membuatkanya menjadi lunak.  Untuk melunakkannya lebih cepat, rendam kacang hijau dalam air biasa selama minimal 3 jam hingga semalaman. Semakin lama direndam (semalaman), tekstur kacang ijo akan semakin lunak sehingga waktu masaknya tak perlu lama-lama. Merendam kacang ijo semalaman juga akan membuat bulirnya tidak pecah ketika dimasak. Namun jika malas menunggu semalaman dan ingin segera mengolahnya, Mom bisa langsung memasak kacang ijo mentah dengan panci presto. Pastikan takaran airnya cukup banyak untuk memasak si kacang ijo, ya.
    1. Larutkan gula merah/aren agar mudah tercampur
    Campurkan gula pasir dengan gula merah/aren supaya bubur kacang ijo lebih harum, gurih, dan pas manisnya. Supaya lebih mudah tercampur dengan bubur, larutkan gula pasir dan gula merah/aren dengan air terlebih dahulu. Caranya, sisir gula merah atau aren sesuai resep. Masukkan semua bahan gula dalam panci berisi air secukupnya, lalu rebuslah hingga larut. Melarutkan gula merah/aren ini dilakukan terpisah ya Mom.
    1. Perhatikan takaran air saat merebus kacang ijo
    Cara masak bubur kacang ijo memang sangatlah mengandalkan air. Biji kacang ijo perlu serapan air yang cukup banyak agar bisa mekar dan empuk. Jadi kalau air mulai surut saat merebus kacang ijo, tapi si kacang belum mekar juga, maka tambahkan air secukupnya. Rebus hingga kacang ijo mekar dan terasa empuk. Kalau terlalu lama dibiarkan kering tanpa tambahan air, tekstur kacang ijo pasti akan gosong dan berbau sangit.
    1. Masukkan gula pasir dan santan setelah kacangnya mekar
    Sebelum kacang ijo mekar dan empuk, jangan masukkan larutan gula, garam, dan santan dulu ya. Kalau buru-buru memasukkan semua bahan tersebut, kacang ijo akan semakin lama mekarnya.
    1. Pakai slow cooker untuk hasil bubur lebih lembut
    Cara masak bubur kacang ijo itu memang butuh kesabaran ya Mom. Kacang ijo memang perlu waktu cukup lama untuk jadi empuk. Belum lagi harus bolak-balik memeriksa keadaan bubur bila airnya berkurang, sementara si bubur tak kunjung matang. Nah solusi praktisnya, pakai saja panci bertekanan atau pressure sesuai dengan aturannya maka kacang ijo dapat matang sempurna tanpa kehilangan kandungan gizinya. Nah, Mom tinggal pilih saja nih cara mana yang paling mudah untuk Mom praktekkan untuk membuat kacang ijo menjadi empuk.  Setelah kacang ijo merekah dan menjadi empuk,  barulah masukkan cairan gula dan santan yang sudah disiapkan sebelumnya dan tunggulan hingga semuanya menyatu.  Yuk Mom dicoba cara masak bubur kacang ijo ini.  Pasti anak-anak suka.]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top