Now Reading
Cara Masak Bebek Madura Bumbu Hitam

Cara Masak Bebek Madura Bumbu Hitam

  • Cuci Bersih Daging
  • Hal pertama dari cara masak bebek madura yang harus Mom lakukan adalah membersihkan daging bebek yang akan diolah. Pastikan untuk membersihkannya hingga menyeluruh.  Meskipun saat dibeli sudah dalam keadaan bersih tanpa bulu dan jeroan namun tetap harus dibersihkan darilendir tipis yang berada dibagian bawah kulit dan disela-sela sayap dan paha. Bersihkan di bawah air mengalir akan lebih membantu. Juga jangan lupa untuk mem buang bagian ekor atau brutunya. 2. Rendam dengan Daun Pepaya Setelah selesai dibersihkan, potong daging bebek sesuai selera. Lalu, cuci kembali daging bebek dengan menggunakan daun pepaya yang sudah dihaluskan. Diamkan min. 30 menit lalu tiriskan dan bilas dengan air bersih. 3. Gunakan Jeruk Nipis Agar bau amisnya benar-benar hilang dan tidak tercium, Mom juga bisa melumuri potongan bebek dengan air jeruk nipis dan mendiamkannya juga selama 30 menit sebelum diolah dengan cara masak bebek madura yang gurih. 4. Rebus dengan Rempah Kemudian, rebus daging bebek yang sudah dibersihkan dengan menggunakan rempah-rempah seperti daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. Rebus daging bebek selama kurang lebih satu jam untuk menghilangkan aroma amis.  
    1. Rebus Bersama Potongan Nanas
    Mengingat tekstur daging bebek yang lebih keras dibandingkan dengan daging ayam, maka rebuslah daging bebek dengan potongan buah nanas untuk membuat teksturnya menjadi empuk lebih cepat. Dengan langkah-langkah di atas,  bisa dipastikan bebek sudah empuk dan tanpa bau amis.  Tinggal diolah dengan cara masak bebek madura yang Mom inginkan. Salah satu resep masakan bebek yang cukup terkenal adalah bebek goreng Madura. Berbeda dengan resep lainnya, ciri khas resep bebek madura adalah warnanya yang hitam. Tetapi jangan salah Mom, hitamnya bukan karena gosong ya tetapi karena bumbu hitam yang khas. Selain pengolahan daging bebeknya, resep bumbu hitam yang digunakan juga sangat penting untuk disiapkan. Bumbu hitam pada menu bebek goreng madura ini diolah dengan menggunakan berbagai macam rempah rempah alami asli Indonesia yang bisa didapatkan dengan mudah di rumah,  hanya saja untuk bisa memberikan warna hitam asli yang menjadi ciri khas dari resep ini, Mom harus memasaknya dengan waktu cukup lama, yaitu kurang lebih selama 4 jam dalam api sedang – kecil agar tidak gosong dan daging bebeknya tetap empuk. Resep bebek madura hitam asli Bahan bahan Resep Bebek Madura Bumbu Hitam Asli
    1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah 1 ekor bebek yang baru saja dipotong ukuran sedang. Cuci bersih lalu potong daging bebek sesuai selera (kurang lebih sebanyak 8 ekor saja).
    2. Jeruk nipis yang diambil airnya kurang lebih sebanyak 1-2 buah saja. Peras airnya untuk menghilangkan bau khas bebeknya.
    3. Daun jeruk kurang lebih sebanyak 12-15 lembar saja. Cuci sebelum digunakan.
    4. Tomat segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 buah. Cuci bersih lalu iris iris.
    5. Batang serai kurang lebih sebanyak 2 batang saja.
    6. Gula merah atau gula jawa secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan gula yang sudah disisir.
    7. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 1-2 sendok makan saja.
    8. Garam dapur dan gula pasir secukupnya kalau diperlukan
    9. Minyak goreng baru secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/2 liter.
        Bahan Bumbu Bebek Madura
    1. Bawang putih kurang lebih sebanyak 4-5 siung saja. Kupas kulit bawang lalu potong supaya mudah saat akan diuleg.
    2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 siung saja. Kupas kulit bawangnya lalu potong supaya mudah saat akan diuleg.
    3. Kencur yang sudah dibersihkan kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
    4. Batang kunyit yang sudah dikupas kurang lebih sepanjang 2-3cm saja.
    5. Kemiri kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
    6. Buah cabai rawit merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 15 sampai 22 pcs.
    Cara Masak Bebek Madura Yang Mudah, Enak dan Lezat
    1. Siapkan wadah yang bisa ditutup dan masukkan potongan daging bebek bersama dengan air jeruk nipis. Aduk aduk supaya rata air jeruknya ke semua bagian dagingnya.
    2. Masukkan kedalam lemari pendingin kurang lebih selama 30 menit supaya bau amis khas unggas ini hilang.
    3. Selanjutnya haluskan dan uleg semua bumbu bebek goreng maduranya sampai benar benar halus dan merata.
    4. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan tuangkan minyak secukupnya (kurang lebih 100ml).
    5. Masukkan bumbu bebek madura ke dalamnya dan aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.
    6. Tambahkan minyak lagi (kurang lebih 350 ml) dan aduk aduk sebentar.
    7. Masukkan daging bebek beserta daun jeruk, gula merah, asam jawa, daun serehnya dan kemudian aduk aduk dan masak dengan tutup (diungkep).
    8. Tambahkan sedikit air apabila daging bebeknya sudah mulai tidak terendam minyak dan masak lagi sampai benar benar empuk dan warnanya menghitam (kurang lebih selama 3.5-4 jam).
    9. Setelah dagingnya empuk, koreksi rasanya dan tambahkan garam dan gula pasir apabila diperlukan. Aduk aduk kembali sebentar.
    10. Matikan api dan angkat. Cara masak bebek madura sudah selesai dan siap dihidangkan.
      Selesai sudah.  Memang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat resep bebek madura hitam ini. Tetapi hasilnya memang sesuai dengan waktu persiapannya dan segala keruwetan pengolahannya.  Bila mau lebih cepat, sebenarnya daging bebeknya bisa dipresto terlebih dahulu sebentar sampai agak empuk, baru dicampur dengan bumbu bebek hitam asli maduranya.  Bila Mom menggunakan cara masak bebek madura dengan dipresto maka jangan dipresto hingga terlalu lunak,  karena nanti akan diungkep dengan bumbu hitam.  Bila dipresto hingga terlalu lunak kemudian diungkep khawatir daging bebek jadi hancur.  Bagaimana Mom, siap mencoba?]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top