Now Reading
Cara Masak Ayam Rica-Rica Tanpa Bau Amis Ayam

Cara Masak Ayam Rica-Rica Tanpa Bau Amis Ayam

MEMILIH AYAM YANG SEGAR Sebelum membeli ayam, yang harus diingat adalah memastikan ayam yang Mom beli benar-benar masih dalam keadaan segar, warnanya agak kemerahan, tidak pucat atau kekuningan dengan aroma yang tidak menyengat. Ayam negeri,  karena kandungan lemaknya yang tinggi biasanya cenderung memiliki aroma yang lebih tajam, namun jika kondisinya masih segar, aroma tersebut masih tercium  normal. Jangan pernah memilih ayam yang aroma amisnya terasa kuat, apa lagi bila banyak mengeluarkan air. MENGHILANGKAN AROMA AMIS AYAM Namun apabila sudah memilih ayam yang segar, Mom  masih tetap merasa terganggu dengan aromanya,  berikut ada beberapa tips untuk menghilangkan bau pada ayam:

  1. Cara paling populer untuk mengatasi bau amis pada ayam biasanya dengan menggunakan garam dan air perasan jeruk nipis. Caranya, bersihkan ayam, kemudian cuci sampai bersih, lumuri dengan 1 sendok teh garam. Tambahkan kira-kira 2-3 sdm air perasan jeruk nipis untuk tiap satu kilogram ayam, aduk rata kemudian diamkan selama 10 menit, bilas. Ayam siap digunakan.
  2. Selain jeruk nipis, cara masak ayam rica-rica tanpa bau amis ayam juga bisa didaptkan dengan menggunakan air asam jawa untuk menghilangkan lendir dan bau amis pada ayam. Caranya, setelah ayam dicuci dan dibersihkan, rendam dalam air asam jawa sebanyak 3-4 sendok makan untuk setiap satu kilogram ayam. Lama perendaman 30 menit sampai 1 jam. Selanjutnya ayam dicuci, dan siap digunakan.
  3. Cara yang ketiga, gunakan buah tomat matang segar ntuk menghilangkan lendir dan bau amis pada ayam. Caranya, bersihkan ayam, kemudian masukan 1 sendok teh garam dan 2 buah tomat matang yang sudah dicincang kasar untuk setiap satu kilogram ayam. Aduk sambil diremas. Diamkan selama 10 menit. Cuci bersih.
  4. Cara masak ayam rica-rica tanpa terganggu bau amis ayam lainnya adalah dengan menggunakan cuka. Anda tidak perlu banyak-banyak menambahkan cuka, cukup ½ sendok teh cuka untuk setiap satu kilogram ayam. Usapkan secara merata pada permukaan ayam, setelah itu langsung dibilas hingga bersih.
  5. Menggunakan terigu. Ini juga salah satu tips yang lumayan efektif untuk mengusir bau amis pada ayam. Caranya, cuci dan bersihkan ayam, kemudian lumuri dengan tepung terigu hingga seluruh permukaannya tertutup rata. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian cuci bersih dan keringkan dengan lap atau tissu dapur.
Setelah yakin bau amis ayam sudah hilang,  maka Mom bisa mengolahnya menjadi hidangan ayam rica-rica yang nikmat.  Berikut ini resepnya yang bisa Mom praktekan di rumah dengan cara masak ayam rica-rica yang tepat.  Dijamin nikmat tanpa bau amis. Bumbu Resep Ayam Rica Rica Manado Goreng
  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah satu ekor ayam ukuran sedang besar. Pilih ayam yang segar. Buang jeroannya dan potong menjadi 12-15 bagian (tergantung selera).
  2. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan. Kalau bisa gunakan bawang putih lokal untuk bumbu tumisannya.
  3. Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 8 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bumbu tumisannya.
  4. Buah cabai meras besar ukuran sedang besar sebanyak 18 pcs. Cuci bersih dan haluskan untuk bumbu tumis. Jumlah bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
  5. Buah Cabai Rawit merah kurang lebih sebanyak 6 pcs. Cuci bersih dan haluskan untuk ditumis. Kalau suka pedas, jumlah cabai rawitnya bisa ditambah.
  6. Batang sereh ukurang sedang sebanyak 2 pcs. Memarkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  7. Jahe ukuran sedang besar sebanyak kurang lebih 1 pcs. Tidak perlu dikupas, cukup dimemarkan atau digeprek saja supaya lebih meresep dengan bumbu lainnya.
  8. Daun jeruk ukuran sedang sebanyak 7-8 lembar.
  9. Garam secukupnya atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil.
  10. Gula secukupnya.
  11. Air bersih secukupnya (kurang lebih 200 cc).
  12. Minyak sayur untuk menggoreng dan menumis bumbu secukupnya.
  Cara Masak Ayam Rica-Rica Asli
  1. Setelah ayam dicuci bersih dan dipotong sesuai selera, langkan pertama dalah menggoreng ayam tersebut. Gunakan minyak yang baru dan api sedang. Bolak balik ayam sampai setengah matang baru diangkat dan ditiriskan.
  2. Kurangi minyak yang tadi untuk menggoreng ayam dan sisakan minyak secukupnya untuk menumis. Hidupkan dengan api kecil sedang dan masukkan bawah putih halus, bawang merah, cabai rawit dan cabai merah besarnya.
  3. Aduk aduk bumbu bumbu di atas sebentar sampai tercium bau harum.
  4. Masukkan potongan ayam setengah matang dan aduk aduk sebentar ke dalam bumbu tumisan sampai benar benar rata.
  5. Masukkan air bersih secukupnya dan aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Masukkan sisa bumbu bumbu diatas (batang sereh, jahe, daun jeruk nipis, garam dan sedikit gula). Aduk aduk kembali sampai semua baha tercampur rata.
  7. Setelah ayam benar benar matang dan empuk, cicipi dulu dan tambahkan garam gula atau penyedap rasa jika diperlukan.
  8. Aduk aduk kembali sampai bumbu bumbu meresap ke dalam daging ayamnya. Angkat dan sajikan ke dalam mangkok atau piring hidangan.
  Bagaimana Mom, tertarik ?  Yuk cobain deh cara masak ayam rica-rica pedas asli ini yang empuk tanpa bau amis ayam.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top