Now Reading
Cara Diet Untuk Hipertensi

Cara Diet Untuk Hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah Anda. Penyakit ini bisa diketahui maupun terjadi ketika tekanan darah Anda untuk sistol mencapai 140 mmHg dan untuk tekanan diastoliknya mencapai 90 mmHg. Penyakit ini sering kali menjadi penyebab utama seseorang menderita penyakit stroke, jantung dan masih banyak yang lainnya.

Klasifikasi tekanan darah pada dewasa

Berdasarkan JNC VII, klasifikasinya tekanan darah adalah sebagai berikut ini.

  • Normal, jika tekanan pada darah sistol kurang dari 120 mmHg dan untuk diastoliknya kurang dari 80 mmHg.
  • Pre-hepertensi, tekanan darah sistoliknya diantara 120 sampai 139 mmHg dan diastoliknya di antara 80 sampai 89 mmHg. Tergolong untuk kategori stadium 1 untuk sistoliknya berada pada 140-159 mmHg dan tekanan darah diastoliknya antara 90-99 mmHg. Kategori Stadium 2 apabilan tekanan darah sistoliknya mencapai lebih dari 160 mmHg dan diastoliknya mencapai lebih dari 100 mmHg.

Lalu bagaimana dengan cara diet untuk hipertensi? Untuk melakukan diet tersebut, sebaiknya Anda harus memilih makan apa saja yang menjadi dan cocok dengan menu diet Anda. Dengan mengonsumsi makanan tersebut di harapakan akan membantu Anda dalam menjaga tekanan darah sistolik maupun diastolik Anda.

Diet bagi penderita penyakit darah tinggi juga bisa di sebut juga DASH, dengan melakukan diet ini, beberapa manfaat bisa Anda dapatkan selain menurunkan tingkat tekanan darah Anda. Diantaranya diet ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Cara Diet Untuk Hipertensi

          Garam

Hal yang berhubungan dengan cara diet untuk hipertensi yang pertama adalah kurangi konsumsi garam. Dengan terlalu banyak mengonsumsi garam maka akan menjadi salah satu penyebab menimbulkan timbunan cairan di dalam tubuh.

         Sayuran

Untuk diet hipertensi bisa dilakukan dengan sering mengonsumsi sayuran. Anda tentu tau jika sayuran mempunyai banyak kandungan serat dengan sedikit kalori yang tedapat di dalamnya.

         Biji-bijian

untuk biji-bijian yang dimaksudkan bisa berupa beras merah, gandum, jagung dan lain sebagainya. Untuk menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan mengonsumsi biji-bijian tersebut.

         Yogurt

Untuk diet dengan mengonsumsi yogurt bisa dilakukan dengan membuat porsi dari susu krim kemudian mentega, keju, yogurt. Semua bahan tersebut harus dipilih dengan kandungan yang rendah lemak.

         Kurangi makanan manis

Makanan manis harus di hindari karena karena hal ini sangat mengancam kesehatan Anda. Dengan melakukan diet gula,  Anda juga menghindari terjangkit maupun terserang penyakit gula. Diet tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi gula hanya satu sendok makan.

         Kalium

Cara diet untuk hipertensi yang terpenting adalah penuhi kebutuhan kalium tubuh Anda. Kalium yang sangat baik dikonsumsi bagi tubuh Anda adalah dari makanan, bukan dari obat-obatan maupun dari suplemen. Sebaiknya tubuh Anda harus mendapatkan asupan kalium sebesar 4.700 miligram / hari.  Beberapa makanan yang banyak mengandung kalium adalah kentang, pisang, alpukat dan juga bayam.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top