Now Reading
Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

Cara Deteksi Dini Kanker Serviks

Diantara sejumlah kasus kanker di Indonesia,  kanker serviks adalah kasus kanker terbesar kedua yang menjadi penyebab kematian,  setelah kanker payudara.  Mengapa hal itu bisa terjadi?  Mari kita kenali gejala serta penyebabnya sejak dini.  Apa sebenarnya penyakit kanker servik ini? Sesuai dengan namanya, kanker ini menyerang di bagian servik atau mulut rahim. Dan tentu saja penyakit ini hanya bisa diderita oleh wanita saja.Pada usia berapa pun, semua wanita bisa menderita kanker serviks. Tapi penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual antara usia 30-45 tahun. Kanker serviks sangat jarang terjadi pada wanita berusia di bawah 25 tahun.Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi atau setelah menopause.

Apa penyebab dari kanker serviks ini?  Kanker serviks sebenarnya disebabkan oleh infeksi akibat  virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV).  Secara spesifik jenis virus HPV yang bisa mengakibatkan kanker servik adalah jenis virsus HPV tipe 16 dan 18. Anda benar-benar harus waspada, sebab ternyata virus HPV penyebab kanker servik ini bisa menyebar dan berpindah-pindah tempat dengan sangat mudah. Salah satunya melalui WC yang jarang dibersihkan atau tidak dibersihkan dengan baik dan digunakan secara bergantian untuk umum. Virus tersebut bisa saja sudah bersarang di WC tersebut dan bisa menginfeksi orang yang menggunakan WC tersebut. Berbahaya sekali, bukan?Kebiasaan yang kurang baik ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terjangkit penyakit yang satu ini. Bila Anda wanita dan perokok maka Anda harus sangat waspada karena Anda cukup berpotensi mengalami gangguan kesehatan yang cukup mengerikan ini. Selain itu wanita yang kekurangan asupan vitamin C dan E serta asam folat juga cukup berisiko terkena kanker servik yang sangat berbahaya ini. Lalu bagaimana gejala kanker servik yang biasanya dialami oleh penderitanya? Apakah gejalanya yang bisa dikenali sejak dini?

Gejala kanker servik yang pertama adalah terjadinya perdarahan secara tidak normal pada organ kewanitaan Anda.  Pendarahan yang terjadi diluar periode menstruasi Anda atau perdarahan yang terjadi pada masa menapouse. Kondisi ini adalah gejala atau ciri fisik yang paling umum dialami oleh para wanita yang mnderita kanker servik. Di sini Anda sendirilah harus bisa membedakan yang mana perdarahan karena menstruasi, perdarahan karena hubungan suami istri dan yang mana perdarahan yang terjadi secara tidak normal.   Pada gejala dini tidak ada rasa sakit yang menyertai ataupun bau yang bisa menjadi pengenal.  Jika Anda merasakan bahwa perdarahan yang terjadi sudah tidak sewajarnya seperti yang biasa Anda alami, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Pada tahap lanjut maka gejala kanker serviks bisa dideteksi dari rasa sakit yang tanpa sebab pada bagian panggul serta terjadinya keputihan.  Pada beberapa kasus,  bila Anda bersuami maka gejala yang bisa dikenali adalah rasa sakit yang amat sangat saat melakukan hubungan seksual yang bisa diikuti dengan pendarahan selama beberapa saat setelah itu.  Bila hal ini terjadi segeralah periksakan diri Anda ke dokter.

Langkah pencegahan adalah salah satu langkah pengobatan yang terbaik,  sebab bila sudah menderita kanker serviks maka pengobatannya cukup sulit.  Langkah mudah yang harus Anda lakukan tentu saja dengan selalu mengonsumsi makanan yang bisa memenuhi asupan gizi dan nutrisi harian tubuh Anda. Jagalah kondisi lingkungan dan juga kebersihan tubuh, terutama kebersihan area kewanitaan. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok. Dan bagi Anda yang sudah berpasangan, sebaiknya setia dengan satu pasangan untuk menghindari istri Anda tertular penyakit mematikan ini.

View Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top