Now Reading
Bunda Yati Rachmat : Tidak Satu Jalan Ke Roma!

Bunda Yati Rachmat : Tidak Satu Jalan Ke Roma!

Usia sejatinya tidak akan mampu membatasi seseorang untuk terus belajar. Khusus di Hari Kartini yang jatuh di tanggal 21 April ini, Blogger Perempuan mengangkat profil blogger yang memiliki semangat Kartini. Sebuah semangat yang mampu menginspirasi perempuan khususnya para Blogger Perempuan untuk terus berkarya melalui tulisan maya.

Adalah Bunda Yati Rachmat, yang terus menerus berusaha menembus keterbatasan usia untuk konsisten dalam menulis di blog. Melalui blog di www.BundaYati.com, beliau tidak ragu untuk ikut andil dalam dunia blogging yang didominasi perempuan muda. Di usia beliau yang menginjak 73 tahun, beliau masih mampu menyerap ilmu blogging dengan sangat baik. Semangat ngeblognya terus menyala dengan rajin mengikuti pelatihan dan tidak segan untuk bertanya.

Berikut hasil wawancara khusus antara Blogger Perempuan dan Bunda Yati Rachmat. Selamat Hari Kartini bunda. Semangat bunda akan terus menginspirasi para Blogger Perempuan.

Sejak kapan bunda belajar menggunakan internet?

Untuk menjawab pertanyaan ini, bunda harus flashback nih, hehe…bahwa sebelum tahun 1991 bunda sebagai karyawan sebuah non-commercial International Organization (Unicef) selalu disibukkan dengan incoming dan outgoing email dari dan ke kantor pusat di New York atau berbagai Negara lain. Email ini tentu saja berhubungan erat dengan internet. Jadi internet yang bunda kenal hanya sebatas email saja, hingga tahun 1999, ketika bunda benar-benar tidak lagi aktif di kantor. Masa vacuum sekian tahun menjadikan bunda galau dan merasa tidak enak hidup hanya dari support anak-anak.

Tahun 2009 bunda pun mulai berselancar di dunia maya dan bertemulah dengan kesempatan menjadi Reseller sebuah bisnis online. Setelah bunda jalani satu tahun, bunda tinggalkan. Kenapa? Karena mindset bunda kurang cetar, sehingga hanya mampu menggaet satu orang customer saja. Namun ada hikmah yang bunda ambil dari kegagalan di bisnis ini — bunda sudah memiliki akun facebook dan akun blogspot – memiliki banyak teman dan mampu mengisi blog dengan postingan-postingan.

Kenapa bunda tertarik untuk membuat sebuah catatan di blog?

Ketertarikan bunda sudah terbentuk sejak bunda menjadi anggota bisnis online tersebut di atas, yang mengharuskan member mengisi blog dengan postingan sejalan dengan bisnis yang bunda jalani saat itu. Namun seiring berjalannya waktu, bunda mengubah total isi postingan ke arah yang lebih memiliki kriteria personal, berisi topik yang beraneka ragam. Karena itu bunda menamakan blog bunda sejak tahun 2009 MISCELLANEOUS dengan URL: http://goodcrab-personal.blogspot.com

Apakah bunda mengalami banyak kesulitan dalam memahami fungsi blog?

Pada awalnya tidak ada kesulitan sama sekali – bunda hanya menggunakan blog gratis yang sudah tinggal pakai, kemudian mengisinya dengan postingan-postingan. Namun seiring berjalannya waktu, keinginan yang menggebu semakin memuncak untuk memperbaiki tampilan blog dan lain sebagainya. Di sinilah kesulitan-kesulitan itu timbul, manakala bunda harus memasukkan banner lomba ke dalam postingan yang bunda buat, misalnya dalam mengikuti sebuah GiveAway.

Bagaimana cara bunda mengatasi kesulitan hal tersebut?

Tidak satu jalan ke Roma! Itulah motto yang menjadi andalan bunda untuk mengatasi kesulitan hal tersebut. Banyak bertanya ke sana dan ke sini. Rekan blogger tidak menganggap bunda menyulitkan mereka karena pertanyaan bunda, malahan mereka kagum dengan keuletan bunda mencari jalan keluar mengatasi kesulitan. Malu bertanya sesat di jalan, bukankah itu pribahasa yang harus kita terapkan dalam hidup ini? Sedikit demi sedikit ilmu blogging bunda jadi bertambah. Bunda acapkali kali mengambil kesempatan untuk mengikuti Seminar atau Workshop yang berkaitan dengan kegiatan ngeblog bunda. Bunda saat ini sedang belajar memperbaiki tampilan blog melalui sebuah buku yang diterbitkan oleh Pendiri BlogCamp, Pakde Abdul Cholik, berjudul “Permak Blog Seminggu, Tanpa Pegal Linu.” Pelajaran ini bunda trapkan di blog bunda yang sudah lama tidak pernah diisi postingan, bahkan sudah menahun dan kalau diibaratkan sebuah halaman, sudah lumutan, hehe… Di sini bunda menerapkan ilmu baru ini, tapi belum memuaskankan: www.bunda-yati.blogspot.com dan www.yatibelajaronline.blogspot.com. Hanya satu blog bunda yang aktif adalah blog dengan domain baru www.bundayati.com, walaupun hosting tetap dari blogspot – url asli http://www.goodcrab-personal.blogspot.com.

Adakah harapan yang ingin dicapai didalam kegiatan blog?

Dengan bertambahnya kemampuan dalam ngeblog (walaupun sedikit sekali), tidak bisa dipungkiri lagi, pastinya bunda menginginkan adanya sebuah hasil yang konkrit dari kegiatan ini, misalnya (1) berupa penghasilan atau income. (2) dari kegiatan ngeblog ini bunda akan mampu meninggalkan sebuah kenangan atau warisan berupa buku-buku hasil kompilasi postingan dari blog. Dan yang kedua ini sudah mulai terealisasi dengan terbitnya buku solo pertama bunda “Me and My Lifa, Bunga Rampai Kehidupanku.”

Apakah bunda memiliki tujuan tertentu saat bergabung dalam sebuah komunitas?

Tidak pernah terlintas dalam pikiran bunda untuk memiliki tujuan tertentu saat bergabung dalam sebuah komunitas, selain ingin membuat hidup ini lebih cerah, mempunyai banyak teman, dan wadah yang tepat untuk menambah ilmu yang belum bunda miliki di saat bunda berusia renta. Bergabung dalam sebuah komunitas bagi bunda membuka kesempatan untuk tetap memiliki semangat belajar dan sekaligus mengecilkan kemungkinan datangnya penyakit pikun agar tidak menyapa sedini mungkin. Alhamdulillah, ilmu ngeblog dan ilmu menulis bunda akhirnya menemukan titik terang ketika bergabung dengan sebuah komunitas baru yang bernama Fun Blogging.

Seberapa besar keterlibatan bunda dalam sebuah komunitas blog?

Bisa dikatakan keterlibatan bunda hampir tidak berarti, selain karena faktor usia dan semangat ngeblog bunda yang dinilai masih cetar, hehe… bunda dilibatkan oleh Kumpulan Emak2 Blogger untuk mengikuti sebuah wawancara di Radio Bahana sebagai salah seorang wakil dari KEB. Kemudian diberi anugerah predikat sebagai “Srikandi Lifetime Achievement 2013” versi ACER/KEB . Fun Blogging memberikan apresiasi kepada bunda dengan menjadikan bunda sebagai Nara Sumber pada acara Semangat Gerakan Ngeblog di BlogDetik tahun yang lalu. Bisa dimasukkan juga di sini keterlibatan bunda ketika menghadiri Seminar, Workshop atau Kopdar sesama blogger.

Apa yang membuat bunda terus bersemangat untuk menulis di blog, walaupun dengan segala keterbatasan waktu dan usia?

Bunda ingin membuktikan kepada anak-anak bunda bahwa kegiatan bunda ini tidak akan sia-sia. Kegiatan bunda inilah yang akan meninggalkan warisan buat anak/cucu/menantu bunda. Sebuah warisan yang lahir dari kebulatan tekad bunda untuk tetap ngeblog dan membuat postingan. Dari postingan inilah yang sangat mudah untuk direalisasikan menjadi buku karya solo yang bisa bunda tinggalkan sebagai warisan.

Adakah pesan khusus untuk para blogger yang masih berusia produktif?

Pesan bunda untuk para blogger yang masih berusia produktif: Tetaplah menjadi pribadi-pribadi yang rendah hati, walaupun memiliki segudang ilmu; tetap konsisten dalam ngeblog; tidak segan untuk berbagi ilmu perbloggingan; menggalang persatuan walau dalam wadah yang berbeda tetapi satu, yaitu BLOGGER. Selalu siap memberikan ilmu yang dimiliki untuk mereka yang membutuhkan.

Mohon sebutkan 5 blog yang sering bunda kunjungi dan kenapa?

  • www.fitrian.net
  • www.hayaaliyazaki.com
  • www.mirasahid.com
  • www.shintaries.com
  • www.leylahana.com

Kunjungan bunda yang lebih sering ke-lima blog tersebut di atas, tidak lain karena rasa penasaran dan kagum pada kepandaian mereka mengelola blog mereka, baik dalam tampilan blog maupun dalam konten-nya. Kunjungan ini seringkali menimbulkan tanda-tanya di hati bunda sendiri: “Kenapa aku belum bisa juga, ya, membuat konten sebagus ini atau sebagus itu?” Ini kemudian yang menimbulkan keinginan untuk lebih giat lagi agar blog konten bunda bisa mengalami kemajuan. Semoga.

View Comments (23)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top