Now Reading
Bukan Hanya Cara Memasak Sarden, Memilih Sarden Kalengan Pun Penting Diperhatikan

Bukan Hanya Cara Memasak Sarden, Memilih Sarden Kalengan Pun Penting Diperhatikan

KALENG BELUM PENYOK. Jangan sekali-sekali membeli sarden kaleng yang kemasannya sudah penyok, apalagi tidak utuh. Kaleng yang sudah tidak bagus jelas sudah berkurang pula kualitasnya dalam mengawetkan makanan. KALENG BELUM BERKARAT. Selain tidak penyok, kaleng sarden kaleng juga tidak boleh berkarat. Logam yang sudah berkarat berarti sudah teroksidasi. Bisa jadi bagian dalamnya pun demikian, sehingga memengaruhi kualitas ikan di dalamnya. POTONGAN IKAN MASIH UTUH. Sarden kaleng yang bagus memiliki potongan ikan yang masih utuh. Jika ikan di dalamnya sudah hancur, sebaiknya jangan dikonsumsi. TIDAK ADA AROMA MENCURIGAKAN. Selain potongannya yang masih utuh, ikan yang masih layak konsumsi juga tidak mengeluarkan aroma mencurigakan. Bila sarden kalengan masih utuh di dalam kaleng yang tertutup,  maka Mom bisa bebas mengonsumsinya sesuai dengan batas kadaluarsa pada kaleng kemasan.  Satu hal lagi, bila kaleng sudah terbuka, maka harus segera diolah atau dikonsumsi. Apabila masih ada sisa, segera simpan di dalam lemari pendingin. Untuk mendapatkan sarden kalengan yang nikmat,  ada beberapa cara memasak sarden kalengan yang praktis, yaitu:

  1. Siapkan bumbu-bumbu tambahan yang akan Mom gunakan sebagai bahan tambahan. Mom bisa membuat berbagai rasa dari berbagai resep masakan tradisional Indonesia.
  2. Buka kaleng sarden lalu pisahkan sarden dari sausnya, sebaiknya gunakan saringan dan diamkan beberapa saat agar saus benar-benar tiris.
  3. Tumis bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Tunggu sampai harum, lalu tambahkan sedikit air.
  4. Tuang ikan ke dalam tumisan bumbu dan aduk perlahan hingga tercampur rata. Kecilkan api dan biarkan sebentar. Tutup agar gumbu meresap. Matikan api.
Bagaimana, Mom? Mudah bukan?  Bila Mom tahu cara memasak sarden kalengan mengolahnya dengan bumbu-bumbu yang tepat, maka hasilnya pasti akan sangat lezat.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top