Now Reading
Enak dan Segar, Inilah Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil. Yuk, Mom Jangan Ogah Konsumsi Buah!

Enak dan Segar, Inilah Daftar Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil. Yuk, Mom Jangan Ogah Konsumsi Buah!

Dalam keseharian, kita memerlukan banyak nutrisi untuk tubuh ya, Mom. Namun sayangnya ada beberapa nutrisi yang hanya bisa didapatkan dari makanan dan tidak diproduksi oleh tubuh, misalnya vitamin. Zat-zat yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh ini bisa kita dapatkan dari buah-buahan. Buah sangat baik dikonsumsi setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh, apalagi jika Mom dalam keadaan hamil. Ada banyak buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, diantaranya adalah beberapa buah berikut ini.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang paling gampang kita temukan. Jeruk memiliki rasa yang asam dan manis sehingga mampu menyegarkan badan, apalagi jika Mom mengalami mual saat hamil. Kandungan asamnya yang segar mampu mengurangi rasa mual. Jeruk dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C yang terkandung pada jeruk berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan antioksidan.

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk janin Mom. Alpukat mengandung asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak bayi, kalsium untuk pertumbuhan tulang, vitamin K untuk mengontrol emosi sang ibu sehingga menjadi lebih tenang, dan vitamin B kompleks untuk metabolisme. Alpukat juga mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Alpukat bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa ditambahkan gula atau coklat.

Buah naga

Buah yang memiliki kulit seperti naga ini memang dikenal sebagai buah dengan sejuta manfaat. Kandungan nutrisi yang paling tinggi dari buah naga adalah zat besi. Zat besi dalam buah naga berfungsi untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Selain zat besi, buah naga juga mengandung karoten, karbohidrat, dan serat yang tinggi.

Apel

Apel sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan vitaminnya yang melimpah. Apel mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan serat yang tinggi. Mengonsumsi apel setiap hari akan membantu perkembangan sistem saraf pada bayi, meningkatkan daya penglihatan, meningkatkan sistem imun, membantu memproduksi sel darah merah yang sehat, dan menyehatkan pencernaan. Sebaiknya Mom memilih apel hijau daripada apel merah karena kandugan nutrisinya lebih tinggi.

Anggur

Buah berupa bulatan-bulatan kecil ini ternyata memiliki berbagai kandungan gizi yang tinggi, diantaranya adalah asam folat, beta karoten, fosfor, B1, DHA, magnesium, omega 3, serat, dan kalsium. Anggur sangat baik untuk perkembangan otak bayi, menambah kecerdasan, meningkatkan sistem imun, dan mengurangi risiko cacat otak saat lahir.

Kurma

Buah yang berasal dari Timur Tengah ini sangat baik dikonsumsi siapapun, termasuk ibu hamil. Kandungan glukosa yang tinggi pada kurma sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena membutuhkan cadangan energi yang lebih banyak. Kandungan glukosa pada kurma bisa mencapai 60-70% lebih tinggi dibanding buah lainnya sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang besar bagi tubuh. Kurma juga dapat membantu menguatkan dinding rahim dan memberikan energi yang besar saat melahirkan nanti. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium, vitamin B kompleks, dan zat besi yang terkandung di dalamnya.

Pisang

Siapa yang tak kenal dengan pisang? Buah yang murah dan gampang ditemukan ini ternyata memiliki banyak manfaat, terutama bagi ibu hamil. Bahkan National Institute of Health menyarankan ibu hamil mengonsumsi 3 hingga 4 buah pisang setiap harinya. Pisang memiliki kandungan asam folat yang dapat mengurangi risiko cacat otak pada bayi, kalium yang berfungsi mengurangi pembengkakan pada kehamilan, zat besi yang mencegah anemia, dan serat yang mampu menyehatkan saluran pencernaan.

Pir

Buah pir mengandung sedikit sekali kalori tapi memiliki dua jenis karbohidrat, yakni fruktosa dan glukosa sehingga mampu meningkatkan energi ibu hamil agar tidak nampak lemas dan cepat lelah. Buah pir juga mengandung asam folat yang membantu perkembangan otak bayi, vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh, dan serat yang baik untuk pencernaan.

Aneka berry

Buah – buah aneka berry, seperti stroberi, blueberry, dan rasberry sangat baik untuk di konsumsi oleh para ibu hamil. Buah – buah berry banyak mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga baik untuk menjaga daya tubuh ibu hamil dan juga dapat mencegah terjadinya anemia pada sang ibu. Buah-buahan bukan hanya memiliki kandungan nutrisi yang melimpah tapi juga mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan badan sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi buah-buahan setiap hari agar tubuh Mom selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun ingat untuk tidak terlalu banyak menambahkan bahan atau topping saat mengonsumsi buah-buahan, seperti gula atau cokelat karena justru akan menjadi bibit obesitas dan kolesterol bagi Mom. Eat healthy fruits for a happy body.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top