Now Reading
Jangan Remehkan Depresi Mom, Bunuh Diri Bisa Terjadi Kapan Saja

Jangan Remehkan Depresi Mom, Bunuh Diri Bisa Terjadi Kapan Saja

Bipolar adalah adalah salah satu penyakit kejiwaan yang menyebabkan penderita mengalami perubahan suasana hati secara drastis. Perubahan tersebut diketahui dari dua fase, mania menjadi depresi atau sebaliknya. Hal tersebut akan muncul tergantung fase suasana hati yang tengah mereka alami. Seperti halnya yang dialami oleh aktris Marshanda. Baru-baru ini melalui media sosial  miliknya, Marshanda tengah curhat atas permasalahan yang dialaminya. Dia mengatakan bahwa sejak dirinya bercerai dengan mantan suaminya, Ben Kasyafani, dirinya tidak bisa tinggal bersama anaknya. Hal ini disebabkan karena Marshanda mengalami gangguan kejiwaan, Bipolar.

Pengidap Bipolar Rentan Melakukan Tindakan Bunuh Diri

Dikutip dari kompas, seseorang yang mengidap bipolar rentan melakukan tindakan bunuh diri. Seorang dokter spesialis jiwa, Nurmiati Amir, pernah mengungkapkan bahwa 25-60 persen orang dengan gangguan bipolar pernah melakukan tindakan percobaan bunuh diri sekali dalam hidupnya. Percobaan bunuh diri kerap terjadi saat pasien mengalami episode depresi. Depresi adalah salah satu episode dari gangguan bipolar. Biasanya ditandai dengan kehilangan minat  dan rasa sedih berkepanjangan. Depresi dapat memunculkan halusinasi, penderita merasa putus asa, dan menyalahkan diri sendiri, hingga mendapatkan sebuah bisikan yang mendorongnya untuk bunuh diri. Faktor risikonya adalah pasien yang berusia lebih muda dan bipolar yang terlambat didiagnosis. Pasien bipolar yang terlambat didiagnosis pun akan mendapatkan pengobatan yang terlambat pula. Keinginan bunuh diri pun bisa muncul tiba-tiba lantaran sering mendapatkan kekerasan seksual, fisik, maupun verbal pada masa kanak-kanak, tidak bekerja, dan sering dipermalukan.

Perempuan Berisiko Dua Kali Lipat Menderita Depresi

Menurut data Riset Kesehatan Dasar yang dilakukan Kementrian  Kesehatan RI pada tahun 2013, sekitar 6 persen wanita mengalami gangguan mental emosional (depresi dan kecemasan). Pasalnya, pola pikir perempuan lebih besar menggunakan perasaan daripada menggunakan logika. Berbeda halnya dengan laki-laki.

Penting untuk Mengetahui Gejala Bipolar

Bipolar mempunyai dua fase, yaitu fase mania dan fase depresi. Saat penderita bipolar berada pada fase mania maka mereka akan mengalami kenaikan suasana hati yang menyebabkan penderita bipolar merasakan kegembiraan dan bersemangat. Pada fase tersebut, mereka akan merasa sangat energik dan tidak merasakan lelah meskipun kurang tidur dan kurang makan. Uniknya, mereka punya banyak ide atau rencana-rencana yang rumit. Namun, mania juga membuat ego si penderita menjadi tinggi sehingga mereka mudah tersinggung dan terusik. Mereka cenderung lebih sembrono dan berani mengambil keputusan yang berisiko tinggi. Tidak peduli bahwa keputusannya akan merugikan dirinya atau orang lain. Penderita bipolar pun mengalami sebuah gejala psikotik berupa delusi dan halusinasi. Saat mereka berhalusinasi, mereka akan merasa seperti mendengar atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Lalu, saat mereka mengalami delusi, mereka akan menyakini sesuatu yang tidak masuk akal. Penderita bipolar pada fase depresi akan mengalami penurunan suasana hati yang signifikan. Hal ini berbanding terbalik dengan fase mania. Coba perhatikan lagi ya Mom, pada fase depresi penderita akan  merasa sangat sedih, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan. Mereka akan merasa kurang percaya diri, merasa bersalah, pesimis, merasa tidak berharga, dan cenderung putus asa. Bayangkan, jika gejala ini makin parah, maka tidak menutup kemungkinan penderita bisa nekat melakukan bunuh diri. *** Selain harus sering konsultasi dengan dokter kejiwaan, penderita bipolar harus mendapatkan perhatian khusus dari orang-orang terdekat. Jangan sampai Mom tidak peduli dengan orang-orang di sekitar yang ternyata mengidap bipolar. ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top