Now Reading
Bikin, Yuk! Resep Gado-Gado Surabaya yang Lezat dan Kaya Akan Gizi

Bikin, Yuk! Resep Gado-Gado Surabaya yang Lezat dan Kaya Akan Gizi

Gado-gado merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang digemari banyak orang. Dari kepopulerannya tersebut, belum ada sumber yang pasti mengenai asal usul gado-gado. Beberapa sumber menyebutkan bahwa gado-gado berasal dari Betawi karena adanya lagu berjudul “Gado-Gado Betawi” yang popular di tahun 1940-1950an. Ada juga yang mengatakan kalau gado-gado berasal dari makanan khas Tionghoa dan pecal Jawa yang dimodifikasi hingga menjadi gado-gado.

Beberapa Daerah Ternyata Memiliki Gado-Gado Khas

Namun terlepas dari sejarahnya yang belum pasti, gado-gado memang sudah menjadi makanan yang melekat di hati orang Indonesia. Gado-gado bukan hanya dikenal di Jakarta atau gado-gado Betawi. Ada juga jenis gado-gado lain dengan nama daerahnya masing-masing, seperti gado-gado Padang yang identik dengan pedasnya, gado-gado Sidoarjo dengan tambahan petis di bumbunya, serta gado-gado Surabaya dengan limpahan selada dan tomat.

Perbedaaan Gado-Gado Surabaya dengan Gado-Gado dari Daerah Lain

Perbedaan antara gado-gado Surabaya dengan aneka gado-gado lainnya ada pada pembuatan bumbu dari gado-gado itu sendiri. Bumbu gado-gado pada umumnya selalu di ulek dengan menggunakan ulekkan tradisional. Bedanya pada bumbu gado-gado Surabaya adalah bumbunya di masak bukan di ulek. Selain dari bumbunya yang beda, gado-gado Surabaya juga dapat dikatakan sebagai gado-gado yang komplit sehingga membuat rasa gado-gado Surabaya ini menjadi lebih manis dan gurih.   

Kandungan Gizi dalam Gado-Gado Surabaya

Selain rasanya yang lezat, gado-gado juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting. Hal ini dikarenakan bermacam-macamnya bahan sehat yang terdapat dalam gado-gado. Beberapa manfaat nutrisi yang dapat kita dapatkan dari sepiring gado-gado adalah:

1. Melancarkan pencernaan

Banyaknya serat yang terkandung dalam gado-gado akan membantu melancarkan pencernaan Mom. Serat yang terkandung dalam gado-gado berasal dari selada, tomat, kentang, dan sayuran lainnya.

2. Mencegah diabetes

Gado-gado mengandung sayuran yang mampu mencegah diabetes seperti selada. Dengan mengonsumsi gado-gado, gula darah dalam tubuh Mom pun akan lebih terkontrol.

3. Mencegah osteoporosis

Banyaknya kacang yang digunakan pada gado-gado akan membantu akan mendapatkan asupan kalsium yang tinggi sehingga Mom pun jauh dari osteoporosis.

4. Menjaga kesehatan kulit

Gado-gado mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit Mom.

5. Membuat awet muda

Bukan hanya kaya akan serat, gado-gado juga mengandung antioksidan yang berasal dari tomat dan kacang sehingga membuat Mom tetap terlihat awet muda.

6. Mengatasi gangguan sendi tulang

Kandungan kalsium dan zat besi dalam gado-gado akan membantu mengatasi gangguan pada tulang dan sendi.

7. Mencegah gangguan mata

Tingginya kandungan vitamin A dalam gado-gado membuat mata Mom tetap terjaga kesehatannya. Vitamin A dalam gado-gado berasal dari selada, tomat, dan kacang panjang.

Resep Gado-Gado

Membuat gado-gado sendiri bukanlah hal yang sulit. Selain bahan-bahan yang gampang kita temukan, gado-gado juga tidak memerlukan peralatan khusus seperti mixer atau oven. Jika Mom ingin mencoba membuat gado-gado sendiri di rumah, berikut kami sajikan resep gado-gado Surabaya yang kaya akan sayuran. Bahan:
  • 250 gr selada keriting segar
  • 100 gr kacang panjang
  • 2 buah tomat
  • 100 gr tauge
  • 500 gr kentang
  • 2 buah mentimun
  • 1 papan tempe
  • 5 buah tahu
  • 5 butir telur ayam
  • minyak goreng secukupnya
  • kerupuk
Bumbu saus kacang:
  • 3 buah cabe rawit segar
  • 5 siung bawang putih
  • 250 gr kacang tanah
  • 3 sdm air asam jawa
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 sdt garam
  • 500 ml santan dari satu butir kelapa
  • 50 gr gula merah
Cara membuat:
  1. Siapkan kacang tanah, cuci bersih kemudian sangrai dan buang kulit arinya.
  2. Haluskan cabe rawit dan bawang putih kemudian tambahkan daun jeruk lalu tumis hingga harum.
  3. Masukkan kacang tanah yang telah  disangrai, bumbu halus, dan santan ke dalam blender, kemudian blender sampai halus
  4. Keluarkan adonan saus kacang lalu masak sebentar hingga mendidih dan tambahkan garam, serta irisan gula merah. Sisihkan.
  5. Rebus telur ayam dan semua sayuran hingga matang. Tiriskan.
  6. Goreng tempe dan tahu hingga kering. Sisihkan.
  7. Setelah semuanya selesai, lalu tatalah semua sayuran sedemikian rupa ke dalam piring atau mangkuk. Mom juga dapat menambahkan telur rebus, potongan tahu dan tempe yang di potong dengan bentuk dadu. Lalu kemudian siram semua sayuran tersebut dengan saus kacang dan kemudian dicampurkan secara rata. Mom juga dapat menaburi kerupuk diatasnya.
  8. Gado-gado siap disajikan.
Mom dapat menyajikan gado-gado sebagai lauk makan siang Mom atau memakannya dengan lontong. Sajikan selalu makanan sehat dan lezat dalam setiap menu masakan Mom agar keluarga tetap sehat dan semakin lahap. Selamat mencoba.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top