Now Reading
Berhati-Hatilah Memilih Merk Pembalut

Berhati-Hatilah Memilih Merk Pembalut

Berhati-Hatilah Memilih Merk Pembalut

Terlahir sebagai seorang wanita memang harus pintar menjaga kesehatan. Pasalnya ada banyak penyakit berbahaya yang mengincar keselamatan jiwa. Tumor dan kanker misalnya.  Apalagi dengan kebiasaan hidup yang tak sehat maka akan semakin tinggi pula resiko untuk terserang penyakit berbahaya tersebut. Sayangnya, masih saja ada wanita yang acuh dengan kesehatan mereka hingga terlambat. Wacana yang paling hangat adalah pengaruh pembalut terhadap kanker serviks.

Salah satu yang cukup berbahaya adalah kanker serviks. Kanker serviks atau kanker leher rahim sebenarnya dipicu oleh virus HPV genital tipe 16 dan 18. Apakah Anda sudah tahu perihal tersebut hingga melakukan pencegahan? Bila belum, mari mulailah mengintip dan mencari tahu segala hal tentang kanker serviks sendiri.

Pertanyaan yang sering timbul biasanya adalah apa hubungannya antara kanker serviks dengan pembalut yang sering dipakai? Ini biasa menjadi  pertanyaan kebanyakan para wanita? Tidak salah memang, mengingat begitu banyak wanita yang harus lebih waspada dengan penyebab kematian nomor satu ini.

Sebaiknya Anda tidak asal memilih pembalut dari merk tertentu tanpa mempertimbangkan zat yang terkandung di dalamnya. Bahan baku yang digunakan juga harus menjadi pertimbangan.  Jangan salah, pengaruh pembalut terhadap kanker serviks ternyata ada loh.

Beberapa jenis pembalut ternyata mengandung zat pemutih serta dioksin yang bersifat karsinogen. Nah, apa itu karsinogen? Karsinogenik artinya zat-zat yang bersifat merusak atau memicu penyakit tertentu. Dalam kasus ini, yaitu menyebabkan kanker serviks atau kanker mulut rahim. Dioksin akan terpapar ke sel-sel ataupun kelenjar di dalam tubuh dan berefek pada gangguan sistem hormon serta pertumbuhan sel sehingga tumbuh menjadi abnormal.

See Also
Featured Video Play Icon

Keamanan dari pembalut ini tergantung pada proses pembuatannya.. Biasanya merk pembalut yang telah teregistrasi sudah melewati proses pengujian. Artinya pembalut-pembalut tersebut aman dan sehat digunakan untuk sehari-hari. Tidak pula mengandung kaporit ataupun dioksin yang bersifat karsinogenik. Sebagai penanda, Anda bisa memperhatikan bungkus kemasannya.  Lihat apakah kemasan pembalut tersebut tertera izin DIPKES RI AKD/AKL.

Bagi para wanita yang telah melakukan hubungan seksual, baik yang sudah menikah ataupun belum. Lakukan proses pap smear secara rutin, agar Anda bisa membunuh virus HPV genital. Setidaknya Anda bisa menekan pertumbuhan sel abnormal yang mungkin terjadi. Pap smear harus dilakukan minimal 1 kali dalam setahun. Dan bila dinyatakan negatif, jangan lupa juga untuk melakukan vaksinasi HPV agar tak terjangkit kanker serviks di kemudian hari. Ini adalah cara lain dari pengaruh pembalut terhadap kanker serviks. Berkonsultasilah ke dokter Anda bila masih bingung dengan prosedur yang harus dijalani. Menjaga kesehatan sangat penting. Jangan menunggu sampai esok.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top