Now Reading
Belum Tahu Harga Tiket Masuk Kawah Putih Terbaru? Cek di Sini ya!

Belum Tahu Harga Tiket Masuk Kawah Putih Terbaru? Cek di Sini ya!

Siapa yang tidak kenal dengan tempat wisata yang satu ini? Tempat yang terkenal mempunyai warna air yang hijau dan menjadi pilihan utama bagi para calon pengantin untuk sesi foto pre-wedding. Objek wisata yang berada di Jalan Ciwidey, Lebakmuncang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat ini pada mulanya terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang kemudian menjadi sebuah danau. Akan tetapi, karena tanah di sekitar bercampur dengan belerang, maka warnanya pun menjadi putih hingga disebut ‘Kawah Putih’. Setelah kejadian letusan Gunung Patuha ini, setiap hewan yang terbang di atas kawah akan langsung mati. Masyarakat sekitar pun menganggap kawasan ini adalah kawasan angker sehingga tidak ada yang berani mendekatinya. Di tahun 1837, seorang ahli botani bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn memutuskan untuk pergi ke dalam Gunung Patuha tempat terjadi letusan, demi mencari dan memperdalam ilmu pengetahuan. Saat berjalan, ia melihat sebuah danau berwarna putih dengan bau belerang yang sangat menyengat. Ia sangat terpesona melihat keindahan danau dengan air berwarna kehijauan. Ia juga melihat keluarnya semburan lava yang diikuti dengan bau belerang yang sangat menyengat. Ia pun jadi mengerti mengapa banyak burung yang mati ketika melewati danau itu. Ia pun segera memberikan penjelasan kepada masyarakat sekitar bahwa burung yang mati dikarenakan danau tersebut mengeluarkan bau belerang yang sangat menyengat. Setelah penemuannya itu, Kawah Putih pun menjadi tempat yang banyak dikunjungi para wisatawan. Keindahan Kawah Putih yang begitu eksotis memang tidak diragukan lagi, air di danau yang sering berubah warna akibat kadar belerang, suhu, dan cuaca menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Suhu di Kawah Putih cukup dingin karena letaknya yang berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut. Jika kamu berencana untuk mengunjungi tempat ini, kamu tidak perlu khawatir mengenai jalur perjalanan karena hampir semua jenis transportasi baik motor, mobil, dan mini bus bisa mencapai tempat wisata ini.  Kamu bisa parkir di bawah dekat pintu masuk atau di atas dekat lokasi kawah. Sayangnya tarif parkir di atas biasanya lebih mahal. Bagi kamu yang parkir di bawah, kamu bisa naik ke lokasi wisata menggunakan ontang-anting.

Perhatikan dan bayarlah tiket sesuai ketentuan sebelum kamu masuk ke kawasan wisata ini ya!

[caption id="attachment_252" align="alignnone" width="1000"] Crater lake Kawah Putih near Bandung, Indonesia[/caption] Untuk masuk ke dalam lokasi Kawah Putih, kamu harus membeli tiket terlebih dahulu. Berikut adalah harga tiket Kawah Putih yang terbaru:
  •         Tiket masuk lokal                          : Rp20.000/orang
  •         Tiket masuk mancanegara        : Rp50.000/orang
  •         Tiket ontang-anting                     : Rp15.000/orang
  •         Parkir atas untuk mobil               : Rp150.000
  •         Parkir bawah roda 2                     : Rp5.000
  •         Parkir bawah roda 4                     : Rp6.000
  •         Parker bawah roda 6                   : Rp25.000
  •         Pre-wedding                                   : Rp500.000
  •         Dermaga Ponton                           : Rp10.000/orang
Kenapa tidak ada tarif parkir atas untuk roda 2? Karena motor memang tidak diperbolehkan naik ke atas tempat wisata. Tempat wisata Kawah Putih dibuka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB atau sesuai kondisi cuaca.

Untuk memasuki wisata Kawah Putih persiapkan dirimu, dan carilah informasi tentangnya agar wisatamu berjalan aman, efektif, dan efisien.

Sebelum kamu berkunjung ke Kawah Putih, ini ada beberapa tip agar wisata kamu tetap aman dan nyaman.  Beberapa tip ini semoga bisa membantu wisatamu agar berjalan dengan lancar. Tips yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut ini.
  1.       Persiapkan rute yang tidak terlalu macet.
  2.       Berangkat di pagi hari agar kamu tidak tiba terlalu siang sehingga kamu bisa melihat warna Kawah Putih yang maksimal dan hari tidak terlalu panas. Kamu juga memiliki waktu lebih untuk berfoto.
  3.       Berangkat pada bulan Februari-Oktober karena di waktu inilah warna kawah benar-benar sempurna.
  4.       Jangan terlalu dekat dengan kawah.
  5.       Gunakan sunblock untuk menghindari sinar matahari yang menyengat.
  6.       Bawa masker karena terkadang bau belerang bisa sangat menyengat secara tiba-tiba.
  7.       Agar tidak terkena pungli, sebaiknya parkir di seberang kawasan Kawah Putih. Di sana ada tempat warung-warung kopi. Sebab petugas sering menaikkan tarif parkir secara paksa.
  8.       Jika kamu akan naik ontang-anting, belilah tiket di tiket box resmi bukan di calo.

Kamu ingin prewedding di sini? Bisa banget. Kamu bisa memakai jasa fotografer yang disediakan oleh pengelola.

Kawah Putih yang telah dikenal dengan keindahan alamnya tidak hanya diminati oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Di  sini juga banyak peminat dari pasangan yang ingin menikah. Banyak dari pasangan calon yang ingin menikah melakukan kegiatan foto untuk prewedding mereka di kawasan Kawah Putih. Bagi para pasangan calon yang ingin melakukan kegiatan prewedding photoshoot dikawasan ini juga harus membayar tarif foto pre-wedding sebesar Rp500.000. Bagi para pasangan yang ingin melakukan sesi prewedding di Kawah Putih juga dapat mengambil paket foto prewedding yang di tawarkan oleh para pengelola sebesar Rp2.000.000. Paket ini sudah termasuk kedalam satu hari pemotretan pada tiga lokasi sekitar Kawah Putih, yaitu pine forest camp,  tempat wisata grafika cikole, dan dusun bambu.  Bagi para pasangan yang ingin melakukan sesi prewedding dengan jumlah yang besar dapat mendapatkan diskon sebesar 10% dari pengelola.

Kawah Putih juga memiliki kedekatan dengan tempat wisata lainnya loh.  Jadi setelah dari Kawah Putih kamu bisa meluncur ke tempat lainnya.

Bagi para wisatawan yang mengunjungi Kawah Putih ini juga dapat mengunjungi berbagai tempat – tempat wisata lainnya yang berada di kawasan wisata ini, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1.       Bumi Perkemahan Ranca Upas
  2.       Taman Kelinci
  3.       Pemandian Air Panas Cimanggu
  4.       Kebun Strawberry
  5.       Green Hill Park
  6.       Barusen Hill
  7.       Bukit Jamur
  8.       Kebun Tanaman Obat
Demikianlah info mengenai tiket masuk ke lokasi wisata Kawah Putih, semoga bermanfaat bagi kamu yang akan berkunjung. Selamat liburan bersama keluarga atau teman. Semoga liburanmu aman dan menyenangkan]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top