Now Reading
Beginilah Cara Diet Saat Puasa Agar Tetap Bugar

Beginilah Cara Diet Saat Puasa Agar Tetap Bugar

  • Perbanyak konsumsi serat dan protein saat sahur dan buka. Rahasia utama cara diet saat puasa adalah pada santapan sahur dan berbuka. Saat menyantap sahur dan buka puasa, pastikan menu Mom kaya akan serat dan protein. Daripada makanan tinggi kalori, serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Mom pun bisa merasa kenyang hingga waktu berbuka. Makanan tinggi serat dan protein juga membantu menekan nafsu makan sehingga ketika waktunya makan malam setelah berbuka puasa, Mom tidak kalap dan malah kebanyakan makan.
  • Hindari makanan dan minuman manis. Cara diet saat puasa juga harus memerhatikan menu. Terlalu banyak makanan dan minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh, sehingga mengacaukan diet. Saat berpuasa, produksi insulin tubuh menurun. Padahal insulin berfungsi untuk mengubah gula jadi sumber energi. Jika gula tak diubah jadi energi, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak. Inilah mengapa makan hidangan manis saat berpuasa bisa bikin gemuk. Cicipi saja makanan pembuka puasa sekedarnya dan lebih baik pilih makanan dengan karbohidrat kompleks untuk menambah energi. Misalnya dari buah, sayur, dan nasi merah.
  • Tetap aktif bergerak dan berolahraga. Bukan berarti karena puasa dan tidak makan banyak, Mom boleh bermalas-malasan. Tetaplah melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasanya bahkan lakukanlah kegiatan berolahraga.  Berolahraga justru bisa jadi bagian penting dari cara diet saat puasa yang efektif menurunkan berat badan. Biasanya tubuh menghasilkan energi dari pembakaran glukosa (gula). Namun, ketika puasa dan tidak mendapatkan asupan glukosa selama berjam-jam, tubuh akan mencari sumber energi lainnya, yaitu cadangan lemak. Maka, berolahraga saat puasa bisa memicu pembakaran lemak berlebih. Hanya saja pilih waktu berolahraga yang tepat.  Mom bisa melakukan olahraga ringan di pagi hari dan / atau berolahraga yang sedikit berat di sore hari sebelum waktu berbuka.
  • Minum banyak air minum air. Pastikan tetap minum banyak air selama bulan puasa, paling tidak 8 gelas per hari. Mom bisa menggunakan rumus 2-2-2-2: Dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah Tarawih, dan 2 gelas sebelum tidur. Air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen. Semakin cepat metabolisme tubuh bekerja, semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar.
  • Hindari makan sahur dan buka dengan gorengan. Hati-hati, mengonsumsi makanan serba digoreng yang sarat dengan lemak jahat (lemak jenuh) karena mudah membuat gemuk. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada cara diet saat puasa, ganti dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh lebih baik untuk kesehatan karena tidak meningkatkan kadar kolesterol. Kamu bisa mendapatkan asupan lemak tak jenuh dari kacang-kacangan, alpukat, dan ikan.
  • Tidur cukup. Tidur bisa jadi cara menurunkan berat badan saat puasa yang manjur. Kurang tidur saat puasa akan mengacaukan sistem metabolisme. Akibatnya, tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif. Di samping itu, kurang tidur juga meningkatkan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan bertambah.
  • Lakukanlah 6 tips di atas agar Mom bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari cara diet saat puasa.  Sekali lagi diingatkan bahwa selain keenam tips di atas,  Mom harus mengawalinya dengan niat yang kuat dan selanjutnya Mom harus bisa disiplin. Tidak mencuri-curi untuk mengonsumsi berbagai makanan berbuka yang manis secara berlebihan.  Jangan mengatakan “Hari ini saja deh, besok tidak lagi”,  bila Mom melakukan itu sekali saja maka Mom akan mengulanginya lagi dan lagi.  Tubuh yang tidak mendapat asupan glukosa selama berjam-jam akan “nagih” bila Mom berikan sesuatu yang manis.  Untuk hasil yang maksimal Mom harus disiplin.  ]]>

    View Comments (0)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    © 2015 Blogger Perempuan Network.
    All Rights Reserved.

    Scroll To Top