Now Reading
Begini Tips Membedakan Batu Akik Asli dengan Akik Palsu. Jangan Sampai Tertipu!

Begini Tips Membedakan Batu Akik Asli dengan Akik Palsu. Jangan Sampai Tertipu!

Berlian, safir, ruby, dan jamrud adalah batu permata yang paling banyak diminati dan paling mahal. Batu-batu itulah yang disebut dengan “The Big Four”. Keempat batu ini menjadi simbol kekayaan bagi para pemiliknya, terutama untuk para wanita yang memakainya. Wanita mana sih yang matanya tak berbinar waktu melihat batu berlian? Bukannya menyebut semua wanita materialistis, tapi memang batu permata memiliki keindahan dan cahaya tersendiri. Makanya batu permata sering menjadi poin utama dalam pembuatan perhiasan.

Tren batu akik yang bermunculan, disukai dari orang tua hingga anak muda.

Indonesia pun tidak kalah dengan produksi batu mulianya, salah satunya adalah batu akik. Batu akik yang sudah familiar di kalangan kita biasanya berupa cincin yang mata cincinnya batu berwarna hijau. Tapi ternyata batu yang dipakaikan ke cincin bisa beragam macamnya mulai dari batuan kali sampai batuan lokal. Harga perhiasan batu akik pun mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta, wow! Tren batu akik mulai naik pesat dalam waktu beberapa tahun belakangan. Sebelum ini pun sebenarnya batu akik sudah dikenal oleh masyarakat, tapi secara tiba-tiba sekarang semuanya menggemari batu akik. Tidak hanya dari kalangan orang tua saja, tapi banyak juga anak muda yang tertarik memakai batu akik sebagai aksesoris. Harganya yang bervariasi ditentukan oleh kualitas, bentuk, warna, asal batu, dan tingkat kelangkaan.

Begini cara membedakan batu akik asli dan palsu, kenali agar Mom tak tertipu.

Oleh Karena batu akik jadi sedemikian popular, membuat barang palsu pun jadi peluang bisnis bagi oknum yang ingin meraup keuntungan sebanyaknya. Bagaimana cara membedakan batu akik asli dan palsu, biar tidak tertipu? Berikut tips-nya.  Batu akik yang asli memiliki suhu dingin. Untuk mengetes apakah batu asli atau tidak, tempelkan batu ke wajah karena kulit pada wajah lebih sensitif daripada bagian lainnya.  Tekstur pada batu akik asli juga tidak akan berubah kalau dibakar dengan api atau bara. Selain itu, apabila dibakar batu yang asli akan terasa panas namun langsung dingin kembali. Pedagang yang jujur dan mengklaim batu yang dijual asli harusnya tidak keberatan kalau batunya dites dulu.  Imperfection is original, karena itu batu akik yang asli tidak akan 100% mulus, akan ada serat yang tidak sempurna atau bahkan retakan baik di luar maupun bagian dalam batu.   Terakhir, batu akik yang asli dan berkualitas tinggi biasanya memiliki sertifikat yang menyatakan keaslian batu tersebut dan berisikan nama batu, warna, berat, bentuk, dan disahkan oleh perusahaan yang mengeluarkan batu tersebut. Batu akik memang indah dan teksturnya unik, tapi jangan sampai Mom tergoda membeli batu akik yang terlihat sempurna dengan harga yang mencurigakan, be a smart buyer. Setelah mengetahui cara membedakan batu akik palsu dengan asli Mom bisa berburu tren batu akik dengan tenang, tapi ingat jangan sampai memaksakan kapasitas keuangan Mom, ya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top