Now Reading
Begini Caranya supaya Tubuh Tetap Sehat Meskipun Diet Karbohidrat

Begini Caranya supaya Tubuh Tetap Sehat Meskipun Diet Karbohidrat

Karbohidrat tinggi masih menjadi permasalahan di masyarakat. Terutama bagi wanita, banyak yang mengkhawatirkan berat badan menjadi naik karena terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat. Karbohidrat sangat penting  dan merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh terutama untuk pembentukan energi dan saraf. Jika seseorang melakukan diet karbohidrat maka energi yang terbentuk hanya sedikit. Padahal energi sangat diperlukan manusia untuk melakukan aktivitasnya.

Agar sukses berdiet dan tetap sehat Mom bisa ikuti beberapa tip diet karbohidrat yang sehat ini.

Dalam permasalahan diet, Mom harus memilah cara yang lebih efektif dan tidak berisiko tinggi. Berikut ini berbagai tip diet  karbohidrat yang sehat dikutip dari Health Me Up, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Kurangi Asupan Karbohidrat, Bukan Menghentikannya Sama Sekali

Mengurangi asupan karbohidrat yang terkandung pada nasi putih, pizza, minuman beralkohol, minuman bergula, jus olahan, soda, dan gula putih. Mengurangi bukan berarti Mom tidak mengonsumsinya sama sekali. Maksudnya, jika Mom telah mengonsumsi asupan karbohidrat tersebut maka Mom tidak boleh mengulanginya dalam jam tertentu. Lebih baik Mom mengonsumsi karbohidrat kompleks yang terdapat pada nasi merah dan roti gandum karena karbohidrat tersebut lebih menyehatkan.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mom bisa mengonsumsi buah dan sayuran segar sebanyak mungkin, karena karbohidrat pada sayuran dan buah tidak tinggi. Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat menyehatkan tubuh.

Perbanyak Makan yang Mengandung Protein dan Lemak Baik

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan lemak baik daripada karbohidrat untuk membantu pembentukan energi,  seperti telur, daging, ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan kedelai.

Makan Secara Perlahan-Lahan

Ketika makan, jangan terburu-buru supaya proses pencernaan berjalan dangan baik dan dapat mencegah perut begah atau kembung.

Tetap Makan Ketika Lapar namun Kurangi Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Ketika Mom merasa lapar, sebaiknya Mom tetap makan. Namun, disarankan tidak memakan makanan yang mengandung karbohidrat dengan kadar yang banyak dalam sehari. Mom dapat mengonsumsi kacang-kacangan.

Hindari Junkfood dan Makanan Olahan Lainnya

Hindari makanan instan, seperti junkfood, atau olahan lainnya ketika Mom sedang melakukan diet karbohidrat. Direkomendasikan makan makanan masakan sendiri (rumah).

Banyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih namun hindari minuman bergula. Air putih punya banyak manfaat kesehatan.  Sebaiknya konsumsi air putih tidak kurang, sesuai anjuran kesehatan perhari saja.

Mengatur Jam Makan

Untuk meningkatkan metabolisme, Mom boleh makan pada 8 jam pertama. Namun setelah itu Mom harus berpuasa pada 16 jam berikutnya. Diet karbohidrat juga sangat membahayakan bagi tubuh Mom, jika Mom melakukannya dalam jangka waktu lama. Karena pada diet karbohidrat, Mom memperbanyak konsumsi protein daripada karbohidrat maka dalam jangka panjang dapat merusak ginjal. Kinerja ginjal sangat dipengaruhi oleh protein, jika tubuh Mom terlalu banyak asupan protein dari makanan, maka ginjal akan bekerja keras untuk mencerna protein. Selain itu, diet karbohidrat juga dapat memengaruhi pembentukan energi, risiko kolesterol tinggi, bau mulut, sembelit, dan sakit kepala. Tidak hanya itu saja, korban diet karbohidrat juga rawan terhadap osteoporosis. Mengapa demikian? Karena kadar protein yang berlebih dapat meningkatkan zat asam. Zat asam itu akan memengaruhi kalsium keluar dari tulang. Meskipun diet karbohidrat berisiko, Mom juga harus mengontrol asupan kadar karbohidrat pada tubuh Mom. Karbohidrat yang berlebih juga dapat berisiko pada kelebihan berat bedan, misalnya obesitas.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top