Now Reading
Begini Cara Menggunakan Test Pack Yang Benar Supaya Hasilnya Tepat Dan Akurat

Begini Cara Menggunakan Test Pack Yang Benar Supaya Hasilnya Tepat Dan Akurat

Salah satu tanda kehamilan adalah datang bulan atau menstuasi yang terlambat. Untuk memastikan tanda tersebut, dapat dicek menggunakan alat tes kehamilan atau test pack. Bagi Mom yang baru pertama kali menggunakannya harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara menggunakan test pack agar mendapatkan hasil yang tepat dan akurat.

Tanda kehamilan yang perlu diketahui untuk Mom yang paling kentara adalah terlambat datang bulan. Selain itu masih ada beberapa tanda kehamilan lain yang Mom perlu tahu.

Selain terlambat datang bulan, wanita juga mempunyai tanda kehamilan lainnya yang berbeda. Mom perlu tahu tanda-tanda kehamilan ini loh supaya bisa mendeteksi kehamilan sejak awal. Mom jadi bisa menyiapkan semua yang berhubungan dengan kehamilan seperti nutrisi dan lebih memperhatikan kesehatan. Beberapa tanda kehamilan yang mungkin tidak disadari antara lain sering buang air kecil khususnya di malam hari. Adanya perubahan hormon yang menyebabkan perubahan pada payudara. Kadang-kadang juga merasakan kram perut seperti layaknya wanita sedang mengalami PMS. Kebanyakan wanita juga mengalami mual dan muntah di pagi hari atau disebut juga morning sickness. Namun, ada juga mereka yang mengalaminya sepanjang hari.

Tes kehamilan menggunakan test pack bisa Mom lakukan sebelum pengecekan ke dokter atau ke rumah sakit. Sehingga Mom bisa lebih yakin.

Setelah mengetahui tanda-tanda kehamilan tersebut, langkah selanjutnya adalah mengecek apakah tanda kehamilan positif atau negatif. Sebelum melakukan pengecekan ke dokter atau rumah sakit, ada baiknya melakukan pengecekan sendiri di rumah dengan menggunakan tes kehamilan yang banyak dijual bebas di apotek, toko obat, atau supermarket. Test pack mempunyai tingkat keakuratan yang tinggi kira-kira 97%. Harganya pun bervariasi dan relatif murah serta terjangkau bagi siapa saja yang ingin melakukan pengecekan kehamilan sendiri Cara bekerja test pack adalah dengan mendeteksi hormon kehamilan yaitu human chorionic gonadotropin (hCG) yang ada pada urine. Sel telur yang memproduksi hCG ini akan mengalami pembuahan dan menempel di dinding rahim. Jumlah hormon HCG akan meningkat pada minggu pertama kehamilan. Untuk itulah ada baiknya melakukan pengetesan setelah diketahui menstruasi yang terlambat. Sebab jika terlalu dini menggunakan test pack hasilnya tidak akurat karena jumlah HCG masih sedikit.

Pastikan cara menggunakan test pack Mom benar ya agar hasilnya sesuai.

Apapun merk test pack yang digunakan sebaiknya Mom membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaan yang berada dalam kemasan untuk mendapatkan hasil yang akurat. Penggunaan test pack paling akurat yaitu pada pagi hari, di saat pertama kali berkemih. Siapkan peralatan untuk menampung urin seperti wadah atau gelas. Pastikan juga test pack yang akan digunakan belum kadaluarsa. Tempatkan urin pada wadah yang sudah disiapkan. Untuk kenyamanan bisa melakukan pengecekan di toilet atau kamar mandi agar mempunyai privacy. Ada dua macam jenis test pack yang dapat digunakan, yaitu bentuk strip dan test pack dengan alat strip serta wadah urine. Test pack dengan alat strip cara penggunaannya adalah dengan meneteskan beberapa tetes urine ke alat tersebut. Jika alat menunjukkan perubahan warna maka dinyatakan positif hamil. Namun ada juga alat yang menunjukkan positif atau negatif atas kehamilan dengan tanda + atau -.  Sedangkan untuk test pack strip, cukup merendam strip plastik ke dalam wadah yang berisi urine hingga batas yang ditentukan. Tunggu beberapa saat hingga terdapat perubahan pada strip. Jika strip menunjukkan satu garis maka dinyatakan negatif dan garis dua menunjukkan positif. Saat test pack menunjukkan tanda positif, segera lakukan pengecekan ke dokter atau bidan ya Mom. Hal ini dilakukan untuk memastikan kehamilan yang sehat dan pengecekan yang lebih detil.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top