Now Reading
Bayi Bisa Pilek Ketika Ibu Menyusui Minum Es, Fakta Atau Mitos?

Bayi Bisa Pilek Ketika Ibu Menyusui Minum Es, Fakta Atau Mitos?

Cuaca yang panas di sepanjang hari membuat kita selalu ingin minum yang segar-segar. Tak terkecuali pada kaum ibu, baik yang sedang hamil ataupun menyusui di mana kondisi tubuh juga membutuhkan banyak cairan untuk mengembalikan kesegaran tubuh. Namun pernahkah Mom terlintas satu pertanyaan, benarkah ketika ibu menyusui minum es, maka risikonya adalah bayi yang sedang disusui bisa terkena pilek? Berkaitan dengan aneka nasihat untuk kaum ibu, Mom tentunya tahu ya kalau tak hanya ibu hamil saja yang mendapat pantangan untuk mengonsumsi ini dan itu. Ibu yang baru melahirkan pun juga acap kali diberi tahu untuk melakukan aneka diet yang belum jelas dasar ilmiahnya. Pernah dengar kan Mom, salah satu saran yang sering diberikan kepada ibu yang sedang menyusui adalah tidak minum es atau minuman dingin lainnya? Biasanya sesepuh di lingkungan kita nih yang suka menyarankan seperti ini. Alasannya, nanti bayi yang sedang disusui bisa terkena pilek. Rasa dingin dari es yang diminum oleh sang ibu bisa mempengaruhi kondisi bayi yang pertahanan tubuhnya masih rendah. Selain itu, ibu menyusui juga tidak boleh mandi air dingin karena hal itu juga bisa menimbulkan masalah yang sama.

Jadi, fakta atau mitos kah bayi bisa menjadi pilek ketika ibu menyusui minum es? Mom perlu tahu supaya tidak termakan kabar tak benar.

Itu semua hanya mitos Mom. Pemikiran bahwa bayi akan terkena pilek saat ibu menyusui minum es itu sama sekali tidak memiliki dasar penjelasan yang rasional. Pada berbagai kesempatan, terutama workshop yang berkaitan dengan pembahasan seputar dunia ibu, kehamilan, dan masa-masa menyusui, telah dibeberkan fakta bahwa mengonsumsi minuman dingin tidak berkaitan dengan sakitnya si buah hati. Timbulnya pilek tidak terjadi begitu saja, lebih khususnya lagi infeksi virus penyebab pilek tidak ditularkan melalui ASI (air susu ibu) ya Mom. Penyebab pilek pada bayi lebih pada penularan dari sang ibu melalui kontak tubuh. ย Hal lain karena terpaparnya bayi oleh cairan tubuh ibunya. Kadang-kadang jauh sebelum ibu merasakan bahwa dia akan kena pilek, si kecil sudah terkena efeknya duluan. Lalu kemudian yang tampak di mata orang lain, gara-gara minum es itulah bayi terkena pilek.

Jika ibu terkena pilek, masihkah boleh menyusui? Nanti bisa menular ke si kecil kah?

Mom, meskipun sedang terkena batuk atau pilek, seorang ibu bisa terus menyusui buah hatinya. Sakit yang diderita oleh ibu menyusui ini tidak akan mengubah komposisi air susunya. Ibu dapat terus melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya dan tak berhenti menyusui. Pilek akan berangsur-angsur sembuh jika ibu menyusui mengonsumsi makanan yang sesuai dengan standar kesehatan, terutama mengonsumsi banyak buah. Sembari berusaha untuk sembuh, aktivitas menyusui bisa terus dilakukan. Mungkin satu-satunya saat seorang ibu mungkin tidak bisa menyusui bayinya, yaitu jika harus menjalani operasi karena adanya urgensi medis. Jadi sudah jelas ya Mom, kalau soal minum es maupun minum minuman dingin lainnya tidak ada hubungannya dengan penyebab pileknya bayi. Minuman dingin yang dikonsumsi oleh ibu menyusui tidak akan berpengaruh pada komposisi air susunya. Hal yang perlu diperhatikan oleh ibu menyusui adalah perbanyak minum selama menyusui. Banyak minum bisa membantu melancarkan produksi ASI. Mom, cuaca yang gerah memang membuat kita jadi ingin meneguk segelas minuman dingin ya. Tak perlu khawatir dan merasa bersalah jika sesekali ingin rileks dengan minum segelas limun dingin untuk menyegarkan suasana. Nikmati saat-saat menyusui dengan hati yang gembira Mom, tak perlu terlalu banyak khawatir ini dan itu.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ยฉ 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top