Now Reading
Bagaimana Kanker Getah Bening Menggerogoti Tubuh?

Bagaimana Kanker Getah Bening Menggerogoti Tubuh?

Kanker getah bening termasuk jenis kanker yang mematikan sepeti juga kanker otak yang umumnya dikarenakan gejala awal yang sulit terdeteksi dan baru dirasakan oleh penderita setelah kanker berada pada stadium yang agak lanjut.   Seperti halnya penyakit-penyakit kronis lainnya,  melakukan pengobatan setelah terkena penyakit tersebut seringkali sulit untuk dilakukan,  disamping biaya pengobatannya yang cukup tinggi.  Usaha pencegahan adalah tindakan pengobatan yang paling baik.  Sebagai upaya dari melakukan pencegahan maka ada baiknya bila kita mengenal lebih baik tentang apa itu kelenjar getah bening.

Getah bening adalah bagian tubuh kita yang sebagai penyaring (filtrasi) dari berbagai mikroorganisme asing dan partikel-partikel akibat hasil dari degradasi sel-sel atau metabolisme.  Tubuh kita memiliki jaringan pembuluh getah bening (lymphatic vessels) dan kelenjar getah bening (lymph nodes). Jaringan ini adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengumpulkan cairan, bahan limbah, dan lainnya yang berada di jaringan tubuh (di luar aliran darah).

Kanker bisa muncul dalam kelenjar getah bening dalam dua cara yaitu sel kanker yang berasal dari kelenjar itu sendiri atau disebarkan dari organ lain yang terkena kanker. Kanker yang dimulai dalam kelenjar sendiri disebut limfoma. Terdapat 2 jenis limfoma yaitu Penyakit Hodgkin (Hodgkin Limfoma) dan Non-Hodgkin Lymphoma. Keduanya dibedakan dari sel-sel kanker yang terlihat di bawah mikroskop atau dengan menggunakan tes laboratorium yang sensitif.

Penyebab Hodgkin Limfoma tidak diketahui, walaupun beberapa ahli menduga bahwa penyebabnya adalah virus, seperti virus Epstein Barr. Penyakit ini juga tidak menular. Tipe kanker ini lebih sering terjadi pada pria. Hodgkin Limfoma bisa muncul pada berbagai usia, paling sering ditemukan pada usia diantara 15-34 tahun dan di atas 60 tahun tetapi jarang sekali terjadi sebelum usia 10 tahun.  Gejala Hodgkin Limfoma adalah pembesaran kelenjar getah bening, paling sering di leher, kadangkadang di ketiak dan pangkal paha.

Non Hodgkin Limfoma penyebabnya juga tidak diketahui dengan pasti.  Biasanya menyerang sistim kelenjar getah bening dan akhirnya menyebar keseluruh tubuh.  Kanker Non Hodgkin Limfoma ini lebih sering terjadi dibandingkan dengan Hodgkin Limfoma.  Penyebabnya adalah virus yang belum bisa dikenali dan bekerja seperti virus HIV penyebab AIDS,  karenanya seringkali Non Hodgkin Limfoma ini muncul sebagai akibat ikutan dari AIDS.

Gejala awal yang sangat mudah dikenali adalah terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening di suatu tempat misalnya di leher, ketiak, diselangkangan.  Karena tubuh manusia mempunyai beberapa kelenjar detah bening yang terletak pada beberapa titik di tubuh kita,   Pembengkakan umumnya teradi perlahan-lahan dan tidak menimbulkan rasa sakit atau nyeri sehingga seringkali tidak dideteksi oleh penderita hingga pembekakannya cukup besar dan dirasakan mengganggu. Pembengkakan kelenjar getah bening tersebut –tergantung pada lokasi pembengkakannya- dapat menimbulkan beberapa keluhan seperti :

  • Gangguan pernapasan
  • Gangguan pencernaan
  • Mual dan muntah-muntah
  • Sembelit parah
  • Nyeri perut

Apabila sel kanker menyebar dan masuk kedalam darah,  maka penderita bisa mengalami kanker darah atau leukimia.  Bahkan limfoma non hodgkin juga bisa mnyerang tulang belakang.

Gejala lain yang kemudian timbul karena adanya peradangan akibat infeksi di dalam tubuh adalah naiknya suhu tubuh disertai rasa dingin didalam tubuh (menggigil).  Kondisi demam ini biasanya cukup tinggi dan naik – turun.

Pencegahan adalah tindakan yang paling baik dan hal yang sangat perlu Anda lakukan adalah selalu menjalani pola hidup sehat dengan banyak minum air putih, makan makanan yang bergizzi, rutin berolahraga dan menjauhi diri dari kelelahan dan stress serta menjaga perilaku dari tindakan menyimpang seperti minum minuman beralkohol, narkoba dan perilaku seks bebas.  Jalanilah gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit kronis yang mengancam,  diantaranya agar terhindar dari penyakit kanker getah bening yang mematikan ini.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top