Now Reading
Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget?

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget?

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget?

Akhir-akhir ini banyak anak yang mengalami masalah gangguan kebiasaan termasuk kebiasaan memakai gadget. Perkembangan gadget memang sangat pesat bahkan ada beberapa jenis gadget yang sengaja dirancang untuk anak-anak.

Anak-anak akan merasa sangat tergantung dengan permainan atau beberapa macam aplikasi dalam gadget. Sementara banyak orang tua yang awalnya hanya memberikan gadget sebagai hadiah atau untuk kesenangan saja.

Ciri-ciri anak yang sudah kecanduan gadget adalah seperti tidak bisa lepas dari gadget dimanapun mereka berada, tidak suka melakukan berbagai macam aktifitas luar yang sulit, mulai menggemari salah satu atau beberapa game dalam gadget, mengalami penurunan fungsi kecerdasan dan sulit untuk tidur.

Bila sudah seperti ini, maka orang tua harus cepat bergerak. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kecanduan gadget.

Mengajak Aktifitas Luar Bersama Anak

Bila Anda menyuruh anak untuk bermain sendiri dan meninggalkan gadget mereka maka itu langkah yang sulit untuk dilakukan. Salah satu cara untuk melakukan strategi ini adalah pergi bersama dengan anak tanpa membawa gadget.

Aturan ini bahkan juga harus Anda lakukan sehingga anak-anak percaya bahwa orang tua mereka juga tidak memakai gadget. Anda bisa mengajak anak untuk bermain di halaman luar rumah, di taman atau pergi berwisata bersama.

Ajarkan anak-anak untuk melakukan permainan yang lebih menarik daripada permainan dalam gadget. Cara ini lebih efektif sehingga anak-anak mulai menyukai aktifitas luar.

Tetapkan Hari Bebas Gadget

Salah satu cara untuk menerapkan pemakaian gadget adalah dengan membuat aturan khusus. Anda bisa menetapkan hari bebas gadget dalam rumah. Cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak. Anda bisa membuat jam atau hari tertentu dimana anak-anak bisa memakai gadget mereka.

Setelah waktu yang ditentukan habis maka Anda harus mengambil gadget dari tangan anak-anak. Jangan membiarkan aturan ini hanya terjadi pada anak-anak, jadi Anda juga bisa menerapkan aturan yang sama. Meskipun Anda juga tetap bisa memakai gadget namun tidak didepan anak-anak.

Memakai gadget memang sangat menyenangkan. Hal ini tidak hanya terjadi pada anak-anak saja namun juga orang tua. Cara lain untuk menghilangkan kecanduan anak-anak pada gadget adalah menerapkan kunci pada sistem aplikasi di gadget.

Anda bisa mengatur jenis permainan tertentu yang bisa masuk ke dalam gadget. Misalnya Anda bisa merubah fungsi gadget menjadi sarana untuk belajar anak-anak. Cara ini juga sangat efektif karena gadget untuk anak tidak hanya berisi game saja namun juga pelajaran untuk sekolah mereka.

Jangan pernah menerapkan aturan keras untuk larangan pemakaian gadget pada anak-anak karena mereka bisa memberontak sehingga Anda sendiri yang akan rugi.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top