Now Reading
Bagaimana Cara Membuat Kaldu Tanpa Daging?

Bagaimana Cara Membuat Kaldu Tanpa Daging?

Bagaimana Cara Membuat Kaldu tanpa Daging?

Kaldu menjadi salah satu bumbu yang bisa membuat masakan menjadi lebih lezat dan menggugah selera makan. Banyak jenis kaldu yang bisa kita temukan di pasaran seperti kaldu ayam dan kaldu sapi. Namun semua jenis kaldu yang dijual di pasaran belum tentu sehat. Beberapa jenis kaldu selalu dilengkapi dengan bahan perasa makanan dan bahan pengawet.

Hal inilah yang membuat kaldu menjadi bumbu yang tidak sehat. Namun sekarang kita bisa membuat kaldu secara mudah tanpa bahan pengawet dan tidak memerlukan daging. Berikut ini adalah beberapa resep cara membuat kaldu yang mudah dan tidak memerlukan daging.

Kaldu Sayuran

Salah satu cara membuat kaldu sayuran agar menghasilan aroma dan rasa yang kuat adalah memakai bahan-bahan alami yang aman dan tidak rusak disimpan dalam waktu yang lama. Anda bisa memakai beberapa sayur seperti bawang, seledri, wortel, daun bawang. Anda bisa menambahkan beberapa macam bumbu dan rempah-rempah seperti ketumbar, bawang merah, lada, cengkeh, merica dan bawang Bombay.

Cuci semua bahan-bahan ini dan rebus dalam panci yang berisi air mendidih. Biarkan air mendidih hingga kental. Tambahkan garam sebagai penyedap dan pengawet alami. Setelah mengental maka saring air dari kaldu sayuran ini dan masukkan dalam cetakan es. Biarkan air dingin dan masukkan dalam mesin pendingin di kulkas.

Jadi, cukup satu batang cetakan setiap kali Anda ingin memakai kaldu untuk memasak. Ini kaldu yang sehat dan hanya perlu sayuran sebagai bahan utama.

Kaldu Rempah – Rempah

Rempah-rempah menjadi salah satu hasil pertanian utama di Indonesia. Rempah – rempah memiliki aroma yang kuat dan bisa membuat masakan menjadi sangat lezat. Kaldu rempah bisa dipakai untuk bumbu masakan seperti sup atau gulai.

Anda bisa memakai beberapa macam bahan seperti lada, cengkeh, jinten, merica, adas, kayu manis, dan beberapa jenis rempah lain. Sesuaikan jenis rempah dengan bumbu rempah yang Anda perlukan untuk masakan tertentu seperti rendang dan gulai.

Rebus semua bahan rempah-rempah hingga mengeluarkan aroma dan rasa yang kuat. Tambahkan garam jika Anda suka dengan rasa asin pada kaldu. Setelah itu biarkan dingin dan saring pada cetakan. Anda bisa menyimpan kaldu di kulkas jika ingin menggunakan kaldu sebagai bumbu harian.

Kaldu ini akan sangat sehat dan lezat untuk beberapa jenis masakan.

Membuat kaldu yang sehat secara alami juga harus memperhatikan beberapa aturan. Pemilihan bahan untuk kaldu harus dari bahan pilihan. Jangan memakai sayur yang tidak segar dan rempah-rempah yang sudah lama disimpan.

Utamakan untuk selalu mencuci semua bahan hingga bersih sebelum bahan kaldu direbus. Simpan kaldu dingin dalam cetakan yang tertutup sehingga tidak terkontaminasi dengan kotoran dan kuman.

Bawang, wortel, dan seledri yang dikenal secara kolektif sebagai mirepoix, bagian klasik dari masakan Perancis. Semua sayuran ini aromatik, dan kita akan menyadari bahwa segera setelah kita mulai memasak mereka bersama-sama; tiba-tiba dapur kita bau seperti ucapan syukur.

Jika kita ingin merasakan sensasi sesuatu yg berbeda kita bisa menggunakan menggunakan parsnips untuk menggantikan wortel, daun bawang untuk menggantikan bawang, dan gunakan celeriac untuk menggantikan seledri.

Mirepoix adalah trik kuliner yang populer di Prancis. Just Googling untuk tau lebih banyak lagi tentang ini.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top