Now Reading
Benahi Catatan Finansial Mom dengan 5 Aplikasi Smartphone untuk Mengatur Keuangan Ini

Benahi Catatan Finansial Mom dengan 5 Aplikasi Smartphone untuk Mengatur Keuangan Ini

Mungkin Mom salah seorang yang kesulitan dalam mengatur keuangan. Tidak perlu malu mengakui hal ini, karena banyak orang yang mengalaminya juga. Di zaman digital seperti saat ini, masalah tersebut bisa diatasi menggunakan 5 aplikasi smartphone untuk mengatur keuangan loh. Banyaknya perilaku konsumerisme di masyarakat terutama di kota-kota besar mengakibatkan mereka lebih banyak mengeluarkan uang daripada menabungnya. Dengan menggunakan aplikasi smartphone berikut ini Mom bisa mengatur keuangan lebih baik lagi.

1. Mint

Aplikasi ini bisa digunakan pada ponsel Android dan iOS. Dibuat oleh pengembang yang juga membuat aplikasi TurboTax dan Quicken. Cara setting dan penggunaannya juga cukup mudah. Mint bisa memonitor pola keuangan dan mengatur anggaran berdasarkan data finansial yang telah Mom masukkan. Namun, perlu diketahui bahwa Mint bukanlah aplikasi accounting, tetapi aplikasi yang membantu Mom aware terhadap transaksi-transaksi, kebiasaan belanja dan menabung. Mom juga bisa lebih mengenal akun-akun finansial yang dimiliki, seperti tabungan, pinjaman, rekening pensiun, dan lain-lain. Diperlukan passcode saat masuk ke aplikasi ini untuk keamanan. Jadi, Mom tidak perlu khawatir catatan keuangan keluarga akan terbaca oleh orang lain.

2. Financial Calculators

Aplikasi ini sangat penting untuk menghitung budget Mom dan keluarga di masa yang akan datang. Di dalamnya terdapat beragam kalkulator atau perhitungan yang memudahkan untuk mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan status keuangan, misalnya Loan Calculator untuk mengetahui berapa hutang yang harus dibayar dan bunganya. Ada puluhan kalkulator untuk menghitung dari mulai anggaran belanja rumah tangga hingga Return on Investment. Aplikasi ini bisa membantu Mom dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan keuangan.

3. Goodbudget

Beberapa orang menggunakan amplop untuk memisahkan anggaran pengeluaran dalam satu bulan. Namun, menggunakan aplikasi Goodbudget, Mom tidak perlu lagi menyiapkan banyak amplop lagi. Karena aplikasi ini dapat mengatur anggaran menggunakan system envelope. Mom bisa meng-input sejumlah nilai uang pada masing-masing amplop pada tiap kategori pengeluaran, misalnya belanja bulanan, transportasi, makan siang, dan biaya lain-lain. Yang menarik dari aplikasi ini adalah Mom bisa sync dengan account pasangan. Jadi Mom bisa merencanakan keuangan keluarga secara bersama-sama. Aplikasi ini juga dapat memberitahukan informasi siapa saja yang mengeluarkan uang, dan membelanjakannya di mana saja. Mom juga bisa tahu berapa sisa uang yang ada di amplop.

Money Manager

Pada Play Store aplikasi Money Manager mempunyai rating yang bagus, sudah ada sekitar 10 juta orang yang mengunduhnya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, namun juga disediakan versi Pro seharga $3.99. Desain visualnya yang bagus, memudahkan penggunanya dalam mengatur anggaran serta mengetahui ke mana larinya uang yang dikeluarkan untuk belanja. Fitur-fitur yang tersedia antara lain passcode lock, asset management, instant status, jurnal, serta adanya pengaturan untuk backup dan restore data yang diperlukan pada saat Mom mengganti ponsel yang digunakan.

5. Google Sheet

Berbeda dari 4 aplikasi di atas, Google Sheet adalah aplikasi multi purpose yang bisa digunakan untuk menghitung banyak hal, salah satunya bisa Mom gunakan untuk mengatur keuangan. Meskipun old school namun aplikasi ini sangat gampang digunakan dan powerful. Selain aman karena bisa di-setting private dan hanya bisa diakses dengan login akun Google masing-masing penggunanya, aplikasi ini juga bisa di-share untuk berkolaborasi dengan pasangan Mom. Jadi, sekarang Mom tidak perlu kesulitan lagi dalam mengatur keuangan ya. Gunakan saja pilihan aplikasi di atas yang berguna dalam membantu mengatur keuangan dan menabung. Mom juga bisa membuat target keuangan yang bisa digunakan dalam keperluan jangka panjang, seperti pendidikan, traveling, atau membeli barang-barang yang dibutuhkan.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top