Now Reading
Apa Saja Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil?

Apa Saja Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil?

Apa Saja Asupan Gizi Untuk Ibu Hamil?

Masa kehamilan merupakan masa yang rawan karena ibu dan bayi rentan terhadap penyakit. Kehamilan perlu dijaga dengan pola makan yang baik. Banyak makan tetapi kandungan gizinya kurang juga tidak akan memberikan asupan gizi bagi buah hati. Jadi, perlu diperhatikan dengan baik asupan gizi untuk ibu hamil. Asupan makanan yang seimbang akan memengaruhi tumbuh kembang bayi. Ada beberapa contoh makanan yang memberikan asupan gizi untuk ibu hamil.

Makanan yang mengandung karbohidrat sering dianggap sebagai pemicu kegemukan. Karbohidrat sebenarnya berperan penting dalam nutrisi agar ibu dan bayi memperoleh kenaikan berat badan yang ideal selama hamil. Energi yang dihasilkan dari karbohidrat juga akan memberikan cadangan energi pada ibu hamil saat persalinan nanti. Dengan mengonsumsi karbohidrat yang cukup juga akan mengurangi rasa lapar sehingga ibu hamil tidak akan ngemil makanan tidak sehat. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat dan baik dikonsumsi ibu hamil adalah nasi, kentang, jagung, gandum, dan sereal.

Asupan gizi untuk ibu hamil berikutnya adalah makanan yang mengandung protein. Protein sangat penting untuk membangun sel-sel tubuh dan juga mengganti sel yang rusak. Ibu hamil membutuhkan protein sekitar 60 gram per hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, bisa diperoleh dari makanan seperti daging ayam, telur, susu, serta kacang-kacangan termasuk tempe dan tahu. Kandungan protein tinggi juga terdapat pada ikan. Ikan mengandung zat besi, selenium, dan omega-3 yang penting bagi perkembangan otak dan mata bayi.

Bagi ibu hamil, porsi sayur dan buah harus diberi lebih. Jika biasanya makan sayur hanya sekali sehari, asupan gizi untuk ibu hamil yang dianjurkan adalah 3 kali sehari. Jadi, setiap makan pagi, siang, atau malam harus sedia sayur dan buah. Penyajiannya bisa divariasi, bisa dengan snack isi sayuran, salad, atau jus. Sayuran dan buah dapat meningkatkan asupan zat gizi mikro seperti asam folat, vitamin, dan mineral. Dengan mengonsumsi sayuran yang mengandung serat dapat mencegah sembelit.

Kalsium juga penting bagi asupan gizi untuk ibu hamil. Susu, yoghurt, keju, dan mentega merupakan produk olahan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta menjaga fungsi sistem saraf. Apabila ibu hamil tidak mengonsumsi makanan berkalsium yang cukup, tubuh dan janin akan mengambil simpanan kalsium dari tulang. Hal ini dapat memicu pengeroposan tulang atau osteoporosis. Sekarang sudah banyak tersedia susu bagi ibu hamil dan tidak perlu memilih susu non-fat karena lemak membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K.

Ibu hamil tidak perlu memikirkan berapa jumlah kalori dalam tubuh, yang penting adalah asupan gizi untuk ibu hamil cukup. Buang jauh-jauh keinginan diet karena dapat membahayakan janin. Bagi perempuan yang suka minum kopi, selama masa kehamilan harus mengurangi kafein karena kafein bisa menyebabkan bayi lahir prematur bahkan keguguran. Pada prinsipnya, ibu hamil boleh makan apa yang diinginkan tetapi perhatikan komposisinya dan penuhi dulu kebutuhan tubuh akan gizi.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top