Now Reading
Apa Manfaat CDR Untuk Ibu Hamil? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Apa Manfaat CDR Untuk Ibu Hamil? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Kehamilan merupakan masa yang indah bagi seorang ibu. Perkembangan sang buah hati di dalam rahim pun menjadi prioritas utama bagi Ayah dan Bunda. Kebutuhan nutrisi yang tinggi selama masa kehamilan menjadi suatu keharusan demi pertumbuhan dan kesehatan janin. Salah satu kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan seorang ibu hamil adalah kalsium.

Mom, kalsium sangat dibutuhkan untuk ibu hamil, namun bila ibu hamil kekurangan kalsium biasanya dokter akan memberikan suplemen kalsium.

Kalsium merupakan jenis mineral yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang dan gigi. Untuk itulah kalsium sangat diperlukan dalam proses perkembangan janin di dalam rahim. Selain untuk kesehatan tulang, kalsium juga berfungsi dalam perkembangan jantung pada janin. Kalsium juga penting untuk kekuatan tulang sang ibu karena tubuhnya harus menopang beban yang berat selama 9 bulan. Jika janin tidak mendapat asupan kalsium yang cukup dalam perkembangan tulangnya, maka ia akan menyerap kalsium dari tubuh sang ibu sehingga akan mengganggu kesehatan sang ibu di masa datang. Namun faktanya, ibu hamil sangat kesulitan mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah yang tepat akibat mual dan muntah yang dirasakan selama kehamilan. Lalu bagaimana memenuhi kebutuhan kalsium yang cukup bagi ibu dan bayi? Biasanya dokter akan memberikan suplemen kalsium tambahan bagi ibu hamil. Ada berbagai macam jenis suplemen, tapi kebanyakan dokter kandungan lebih memilih menyarankan untuk meminum suplemen CDR karena aman untuk dikonsumsi oleh usia berapa pun.

Suplemen CDR ternyata memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil.

CDR adalah singkatan dari Calcium D Redoxon yang merupakan salah satu bentuk suplemen kalsium yang juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin C dan B6. CDR memberikan berbagai manfaat bagi ibu hamil, diantaranya adalah:

Membantu melancarkan fungsi otak, otot, dan sistem syaraf

Dengan mengonsumsi kalsium dalam jumlah tepat, fungsi otak, otot, dan sistem syaraf akan lebih bekerja secara optimal.

Membantu pembentukan tulang dan gigi

Janin dalam tubuh sangat membutuhkan kalsium dalam jumlah yang cukup banyak untuk pembentukan tulang dan gigi.

Mencegah osteoporosis

Bagi ibu hamil yang kalsiumnya diserap oleh si kecil dalam janin, akan sangat beresiko mengalamai osteoporosis dini. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium lebih banyak agar tidak mempengaruhi kesehatan sang ibu ke depannya nanti.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Ibu hamil sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit sehingga sangat memerlukan asupan nutrisi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Mom, perlu diketahui kebutuhan tubuh kita menyerap kalsium terbatas dalam sekali proses penyerapan. Sehingga kebutuhan tersebut harus dibagi.

Kalsium dalam CDR memang sangat baik untuk tubuh, tapi ternyata tubuh tidak dapat menyerap kebutuhan kalsium dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan kalsium yang harus dipenuhi setiap harinya adalah 1.200 mg bagi orang dewasa. Namun tubuh hanya dapat menyerap hingga 500 mg sekali proses penyerapan. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang tepat, maka dianjurkan mengonsumsi CDR dalam dosis 500 mg per konsumsi sebanyak dua kali dalam sehari sehingga kebutuhan kalsium dapat terpenuhi.

Sekalipun CDR bermanfaat, namun tetap ingat ya Mom, konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsinya!

CDR tidak hanya mempunyai berbagai manfaat, tapi juga beberapa aturan yang perlu diperhatikan terutama bagi ibu hamil. Aturan pertama adalah CDR hanya dianjurkan oleh dokter kandungan, jangan mengonsumsi CDR tanpa konsultasi pada dokter kandungan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi pada ibu hamil. Dokter kandungan juga hanya akan menyarankan penggunaan CDR jika benar-benar diperlukan. Jadi CDR bukanlah suplemen pasaran yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil tanpa resep dokter. Jangan konsumsi CDR dalam jangka waktu lama karena CDR mengandung soda dan pemanis buatan yang tidak baik untuk ibu hamil dan perkembangan janin. CDR juga sebaiknya dikonsumsi sesuai dengan dosis yang diberikan dokter. Jangan pernah mencoba untuk meminum CDR dengan takaran yang tidak sesuai. Sebelum mengonsumsi CDR, ada baiknya jika ibu hamil mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mengandung kalsium terlebih dahulu seperti susu, yoghurt, brokoli, ikan sarden, keju, gandum, wijen, salmon, dan sayuran hijau lainnya. Dengan mengonsumsi sumber kalsium yang alami, ibu dan bayi dalam rahim pun akan lebih sehat dan aman dari kontaminasi zat kimia yang mungkin mengendap di dalam tubuh. Walaupun CDR memiliki manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil, CDR tetap merupakan produk yang memilki bahan kimia. Sedangkan Ibu hamil lebih di anjurkan untuk dapat mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung senyawa alami. Seperti yang di sebutkan sebelumnya, beberapa senyawa atau campuran kandungan kimia yang ada di dalam CDR adalah pemanis buatan dan hal tersebut dapat menghambat metabolisme tubuh. Hal ini di sebabkan karena tubuh kita tidak dapat mengurai senyawa pemanis buatan secara sempurna, dan ini dapat membahayakan ibu hamil dan juga bayinya. Itulah beberapahal mengenai CDR untuk ibu hamil. Menggalakkan gaya hidup sehat dan konsumsi makanan sehat dan bergizi akan jauh lebih sehat dan aman dibanding mengonsumsi suplemen tambahan. Semoga bermanfaat bagi Mom sekeluarga ya.]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top