Now Reading
Apa Itu Blog?

Apa Itu Blog?

Kegiatan berinternet secara positif, salah satunya adalah menulis. Ada banyak sekali media di internet yang dapat kita pergunakan untuk menulis. Mulai dari menulis di media sosial, menulis di media online untuk jurnalis warga, sampai menulis di media yang bernama blog.

Blog itu sendiri adalah sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk dapat menulis dan dilihat secara online oleh kalangan luas. Tidak hanya untuk lingkaran pertemanan dekat saja, namun dapat meluas dan dibaca oleh setiap orang. Sifatnya pada awalnya adalah berbentuk tulisan harian yang biasa disebut diary. Akan tetapi pada perkembangannya, blog berubah menjadi sesuatu yang berbeda.

Blog banyak digunakan untuk mempublikasikan hasil karya, hobi, berbagi keterampilan, dan kegiatan lainnya. Bahkan blog juga menjadi rujukan untuk mencari solusi dari permasalahan yang sama. Pada akhirnya suatu blog yang dikelola secara serius dan diisi dengan konten yang berguna, akan menjadi sebuah blog yang lebih dari sekedar tulis menulis.

The Art of Blogging

Menulis di sebuah blog akan jauh berbeda dengan tulisan lainnya. Karena ada berbagai sisi yang digunakan untuk membuat sebuah tulisan blog menjadi menarik. Tidak hanya sekedar tulisan, namun juga mencangkup sisi visual, sampai pengalaman pribadi dari penulisnya.

Dengan adanya berbagai media penunjang seperti photo, video, bahkan infographic, menjadikan blog sebagai salah satu media rujukan yang banyak dicari pembaca. Kelebihan itulah yang membuat blog sebagai media menulis yang berbeda.

Kelebihan lainnya dari menulis di blog adalah memungkinkan tulisan kita dibaca oleh lebih banyak pembaca melalui mesin pencari. Sebuah blog yang baik dan relevan dengan kata kunci akan mudah tercatat di hasil pencarian. Karena itu, blog yang baik harus dibuat dengan kualitas yang baik dengan konten yang menarik.

Memulai Sebuah Blog

Untuk membuat sebuah blog, langkahnya sangat mudah. Ada banyak platform blog yang tersedia, baik itu gratis maupun berbayar. Untuk platform gratis yang populer bisa menggunakan Blogger.com atau WordPress.com. Sedangkan untuk blog yang bisa dikelola dengan baik, bisa menggunakan domain dan hosting yang dibeli sendiri.

Apabila ingin mengelola blog secara mandiri dan professional dengan konten yang tertentu, baiknya menggunakan domain dan hosting sendiri berbasis WordPress. Sehingga kita dengan mudah mengelola dan menentukan kebutuhan yang akan kita gunakan. Kelebihan lainnya adalah tambahan plugin yang bisa kita gunakan untuk menunjang blog menjadi lebih populer. Antara platform gratis dan berbayar, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Setelah menentukan platform apa yang akan kita gunakan, langkah selanjutnya adalah menetapkan tema dari blog. Tema blog merupakan hal penting karena akan mempengaruhi setiap tulisan yang dibuat. Gunakan tema umum yang populer namun dikuasai dan suka untuk menulisnya. Sehingga kegiatan menulis blog menjadi menyenangkan. Tertarik untuk membuat blog?

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top