Now Reading
Apa Enaknya Menjadi Penulis?

Apa Enaknya Menjadi Penulis?

Yuk Jadi Penulis

Apa enaknya menjadi penulis? Beberapa orang beranggapan menjadi penulis itu banyak tidak enaknya daripada enaknya. Terlebih bila sedang populer, ada saja permasalahan terkait karya tulis yang dihasilkan. Mulai dari karya tulis yang ditiru atau diplagiat. Akan tetapi, tentunya permasalahan tersebut merupakan suatu risiko dari suatu profesi. Toh setiap profesi sebenarnya juga memiliki risiko tersendiri. Di sisi lain, tentu ada pula sisi enak menjadi seorang penulis yang beberapa diantaranya dipaparkan sebagai berukut:

Dapat Bebas Berimajinasi dan Bebas Bekerja Dimana Saja

Seorang penulis itu bebas untuk berimajinasi. Selain itu, penulis juga bebas bekerja dimana saja. Jadi tidak harus bekerja di kantor. Penulis bisa bekerja di rumah, taman, kafe, dan tempat lain yang menurutnya nyaman untuk bekerja. Waktu kerja cukup fleksibel, hanya saja terkadang memang dikejar deadline.

Dapat Mempengaruhi Cara Pandang dan Pola Pikir Orang Lain

Enaknya jadi penulis selanjutnya yaitu bisa mempengaruhi cara pandang dan pola pikir orang lain. Tetapi, tentunya dalam hal ini penulis mesti memahami bahwa apa yang dituliskan dalam karyanya bisa berpengaruh pada kehidupan orang lain. Karena itu, penulis mesti paham benar tentang apa yang ditulis dan tidak sembarang menulis.

Pekerjaan Sampingan Menjanjikan

Penulis bisa menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan, tanpa harus melewatkan pekerjaan utama. Bahkan tidak menutup kemungkinan karir di pekerjaan utama Anda meningkat berkat hasil karya tulis sebagai penulis best seller. Enaknya lagi profesi penulis ini tidak mengenal waktu pensiun seperti halnya PNS.

Modal kecil

Dibanding bisnis atau usaha lainnya, menjadi penulis tidaklah membutuhkan modal besar. Anda hanya perlu mengasah kemampuan menulis dan menghasilkan karya tulisan yang bernilai jual.Memang benar untuk menulis minimal tersedia laptop, USB harddisk, dan jaringan internet untuk kenyamanan menulis. Adapun bagi penulis pemula, bisa juga memanfaatkan fasilitas warnet atau laptop pinjaman dari saudara atau teman.

Mendapat Honor Menjanjikan

Penghasilan sebagai penulis pemula sangat lumayan. Untuk contohnya saja, penulis harian artikel koran bisa mendapat fee antara 150 -250 ribu rupiah untuk setiap artikel yang dimuat. Padahal waktu kerja tidak lebih dari 2 jam untuk menulis 1 artikel. Bagi penulis yang sudah profesional dan mencapai level yang lebih tinggi, biasanya mendapat fee 5-7 juta rupiah per buku.

Mendapat Kesempatan Lain

Untuk penulis yang sudah populer seperti penulis best seller misalnya biasanya mendapat kesempatan menjadi pakar atau ahli dalam suatu seminar. Semakin banyak karya tulis yang dihasilkan tentu semakin tinggi nilai intelektual seorang penulis di mata pembacanya. Karenanya enaknya jadi penulis juga membuka kesempatan lain untuk melebarkan sayap di dunia karir dan bertemu dengan orang-orang hebat lain.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top