Now Reading
Ani Berta : Menciptakan Relationship Yang Berkualitas

Ani Berta : Menciptakan Relationship Yang Berkualitas

Ani Berta dikenal sebagai salah satu blogger senior yang konsisten dengan dunia blogging. Memantapkan diri menjadi full time blogger, membuat Ani Berta dipercaya oleh berbagai institusi pemerintah untuk menuliskan konten yang bertema perempuan, isu gender, dan program kemanusiaan yang ada di Indonesia.

Terus meningkatkan kemampuan menulis dan memperluas networking menjadi kunci bagaimana Ani Berta bisa berkembang sampai saat ini. Tentunya dilandasi hubungan kepercayaan dan juga profesionalitas. Berkat blogging, Ani Berta mendapat kesempatan bekerja sama dengan NGO AUS AID di bawah pemerintahan Australia dan bonus keliling Indonesia untuk menuliskan isu-isu perempuan di daerah.

Bagaimana kiat dan cara Ani Berta mendapatkan kesempatan berharga tersebut. Mari kita simak kisahnya, khusus untuk Blogger Perempuan.

Mba Ani dikenal sebagai blogger kawakan, sejak tahun berapa Mba Ani mulai menulis blog?

Saya mulai menulis blog dari Tahun 2008. Btw jangan bilang saya kawakan dong hehehe…masih belajar juga 🙂

Apa yang membuat Mba Ani bertahan untuk konsisten menulis sampai saat ini?

Yang membuat saya bertahan menulis sampai saat ini, karena menulis sudah menjadi bagian dari jiwa saya. Hobi menulis mulai sejak kecil dan selalu ada tambahan energi seiring berjalannya waktu. Tambahan energi tersebut bisa berupa inspirasi, ide dan ilmu baru yang tertuang di dalamnya. Jadi, semangat dan konsistensi menulis saya tak akan surut apalagi pudar. Karena selalu ada tambahan amunisi setiap saat. Jadi menulis pun semangat.

Ada berapa banyak blog yang dimiliki oleh Mba Ani?

Blog saya ada 4. anny.blogdetik.com , www.duniaspasi.blogspot.com , www.kompasiana.com/brainy dan www.paprika.blogdetik.com

Apa pentingnya branding untuk Mba Ani?

Branding penting sebagai pengenal identitas diri kita supaya mudah dikenal orang lain dan mudah diingat. Selain itu, branding juga dapat mendatangkan opportunity dalam segala hal. Baik secara materi maupun sosial. Ketika orang lain membutuhkan sesuatu dari kita yang berhubungan dengan skill, hobi atau karir yang dimiliki, maka mereka akan mudah mengajak kerjasama. Branding pun berpengaruh untuk memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Dari Branding, dapat menciptakan karya yang unik dan original.

Apakah branding yang Mba Ani lakukan mampu meyakinkan para brand untuk bisa mendapatkan review yang jujur dan terpercaya? 

Insya Allah 🙂 Karena saya mengerjakannya dengan sepenuh hati dan berdasarkan ilmu serta referensi yang terverifikasi. Serta improvisasi.

Seberapa penting menjaga kepercayaan dari brand atau institusi, serta bagaimana caranya?

Penting sekali. Caranya tidak ribet, cukup kerjakan pekerjaan yang diberikan tepat waktu, tidak melanggar kode etik dan menjaga nama baik brand atau institusi tersebut. Satu lagi, selalu berkomunikasi walau sedang tak ada kerjasama. Jadi ciptakan relationship yang berkualitas.

Hal apa sajakah yang harus dimiliki oleh blogger agar bisa konsisten dan mendapatkan kepercayaan dari brand?

Integritas, Dasar ilmu yang memadai dan effort yang maksimal untuk optimalisasikan blog nya. Selain itu, perbanyak baca, perbanyak silaturahim, perbanyak teman dan percaya diri. Yang utama adalah tampilkan selalu karya original kita ke publik.

Selain dari brand, institusi mana saja yang mempercayakan Mba Ani untuk bisa berkontribusi dalam program mereka?

Selain Brand, saya menjadi kontributor di website resmi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Website Komunitas Kami Anak Bangsa, Website Abang None Jakarta Teater dan yang terbaru saya bekerjasama dengan NGO AUS AID di bawah pemerintahan Australia.

Saya juga bersama empat teman mengelola portal media online www.dariperempuan.com

Adakah tip untuk para blogger agar bisa konsisten menulis dan bisa berpartisipasi dalam program institusi?

Tips dari pengalaman saya :

  • Konsisten Update, Share karya-karya terbaik kita di semua akun sosial media yang dimiliki.
  • Cari angle artikel yang berbeda, selalu angkat pesan moral dalam setiap tulisan.
  • Tidak anti kritik
  • Punya networking yang luas, tips nya, selalu percaya diri ketika bertemu orang baru, saling berbagi manfaat dan bertukar informasi.
  • Tingkatkan skill dengan belajar dari orang lain, bisa melalui workshop atau sekadar ngobrol sama orang berpengalaman.
  • Jaga attitude, humble, dan jangan suka mendiskreditkan pihak lain di sosial media.

Dengan poin tersebut, institusi atau brand akan melihat sejauh mana track record kita. Baik dari attitude dan karya yang terlihat langsung atau dari referensi teman. Maka perbanyaklah teman dan jalin hubungan yang baik.

Mohon sebutkan 5 blog yang sering Mba Ani kunjungi dan kenapa?

  • gedeprama.blogdetik.com : Blognya adem, banyak inspirasi, mengandung filsafat dan makna nyata kehidupan.
  • hanzky.com Banyak wawasan entrepreneur dan Hanifa Ambadar adalah role model saya ketika memulai bisnis di www.dariperempuan.com
  • hayaaliyazaki.com : Informatif, penuh inspirasi dan diksi yang bisa memperkaya sudut pandang.
  • tarikkoper.com : Inspirasi jalan-jalan di blog ini punya angle yang berbeda dari kebanyakan blog jalan-jalan. Sering ada kejutan cerita, misalnya hp jatuh ke dasar laut bisa ditemukan sendiri oleh pemiliknya dan masih banyak lagi.
  • bintangtimur.blogdetik.com : Banyak inspirasi sosial dan ceritanya enak dibaca, dekat dengan kehidupan sehari-hari.
View Comments (19)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top