Now Reading
Alternatif Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Alternatif Olahraga Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet ketat seringkali justru gagal membuat berat badan turun.  Akhirnya merasa jenuh bosan lalu kembali ke pola hidup lama Anda,  akibatnya berat badan kembali naik bahkan bisa naik lebih banyak.  Nah, bagi Anda yang telah mencoba berbagai macam pola diet dan selalu saja gagal,  maka Anda bisa mencoba berdiet dengan yoga. Ternyata yoga bukan hanya bermanfaat untuk relaksasi saja,  tetapi gerakan yoga untuk menurunkan berat badan pun bisa dilakukan. Gerakan-gerakan yoga yang perlahan,  akan memberikan ketenangan pada suasana hati dan pikiran Anda.  Bila dibiasakan untuk dilakukan secara konsisten,  maka suasanan hati yang nyaman,  yang ditimbulkan oleh gerakan yoga akan membantu Anda untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih tenang dan sehat.

Berikut ini adalah gerakan yoga untuk menurunkan berat badan.  Gerakan yang paling mudah adalah :

Vriksha Asana

Pose ini sekaligus dikenal sebagai pose pohon. Pose ini merupakan gerakan paling gampang sebagai cara menurunkan berat badan sekaligus memberikan ketenangan. Pose ini membentuk seperti pohon berdiri dengan Anda berdiri menggunakan satu kaki dan satu lutut ditekuk lalu tempelkan telapak kaki yang diangkat pada sisi lutut kaki yang menjejak, lalu  tarik nafas, naikkan kedua tangan ke atas. Buang nafas dan tarik kedua tangan ke samping.

Bhujang Asana

Gerakan ini juga dikenal sebagai pose kobra. Cara melakukannya adalah dengan posisi menelungkup di atas matras, selanjutnya angkat bagian pinggang ke atas sambil bertumpu pada kedua telapak tangan. Gerakan ini salah satu gerakan yoga untuk menurunkan berat badankarena bermanfaat mengurangi lemak di daerah perut sebagai cara menurunkan berat badan sekaligus mengurangi keluhan sakit punggung.

Urdhva Dhanurasana

Pose yang juga dikenal sebagai pose busur.  Cara melakukannya dengan menelungkup di atas matras, kemudian angkat tangan dan kaki Anda, pegang pergelangan kaki dengan tetap mengusahakan paha menempel di matras. Tarik nafas dalam-dalam dan coba membuat rileks dalam posisi ini. Gerakan ini mampu mengurangi lemak-lemak tersembunyi di area perut, paha, pinggang, dan dada. Pose ini agak berat tetapi cukup efektif sebagai cara menurunkan berat badan.

 

Paripurna Navasana

Pose ini juga dilenal dengan istilah Full Boat. Cara melakukannya dimulai dengan posisi duduk dengan kaki lurus di atas matras. Kemudian angkat kaki dan tangan sembari mencondongkan tubuh ke belakang sehingga membentuk posisi segitiga. Luruskan tangan di samping lutut. Pertahankan selama 5 kali hitungan. Gerakan-gerakan yoga untuk menurunkan berat badan ini efektif mengurangi lemak di area perut, pinggang, dan paha serta lengan.

 

Badhakonasana

Pose yang dikenal sebagai pose kupu-kupu ini paling mudah gerakannya. Hanya duduk bersila sambil mempertemukan kedua telapak kaki dan pegang dengan kedua tangan. Posisi duduk harus tegak. Pose ini efektif mengurangi lemak di area perut dan paha.

 

Setiap gerakan yoga harus Anda lakukan dengan penuh konsentrasi dan dengan mengatur napas. Lakukanlah gerakan secara perlahan sampai napas Anda teratur.  Tahan tubuh pada tiap posisi yang dimaksud sambil tetap menarik napas dalam-dalam dan mengembuskannya. Jangan lupa, kondisikan diri Anda rileks dan fokus.  Gunakan musik lembut untuk menambah konsentrasi.  Perlahan-lahan perpaduan gerakan dan musik ini pun bisa membuat oikiran Anda lebih tenang.

Bila dilakukan dengan penuh konsentrasi dan cara bernapas yang baik,  maka gerakan yoga untuk menurunkan berat badan ini bisa dipilih sebagai olahraga rutin dalam melangsingkan tubuh.

Selamat mencoba.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top