Now Reading
Jangan Salah Mendidik Anak Laki-laki Mom, Bisa Saja Mom Terjebak Dalam Stereotip Gender

Jangan Salah Mendidik Anak Laki-laki Mom, Bisa Saja Mom Terjebak Dalam Stereotip Gender

Apakah Mom salah satu orang tua yang mengajarkan anak laki-laki Mom untuk mengerjakan pekerjaan rumah? Benarkah dalam istilah mendidik anak, Mom selalu terjebak dalam stereotip gender? Bahwasanya jika anak perempuan, Mom mengajarkannya untuk bisa mengurus rumah sedangkan anak laki-laki diajarkan untuk bisa mencari nafkah? Tahukah Mom, jika hal tersebut akan membuat anak ikut terjebak dalam stereotip gender juga. Hal ini nantinya akan menjadi dampak buruk pada anak lho Mom. Jadi, ada baiknya nih kalau Mom membesarkan anak tanpa adanya pembeda laki-laki atau perempuan. Ada juga hal-hal yang tanpa Mom sadari,lupa diajarkan pada anak laki-laki Mom. Simak pembahasan berikut ya!  

Laki-laki pun bisa mendapatkan ancaman seks lho!

Sama dengan anak perempuan, anak laki-laki pun wajib mengetahui mana sentuhan yang baik dan buruk. Mom harus mengajarkan mereka mengetahui anggota tubuh mana yang boleh dipegang dan mana yang tidak boleh dipegang. Banyak sekali kasus yang terjadi saat ini bahwa tak hanya perempuan saja yang mengalami pelecehan seksual, tapi laki-laki juga bisa mengalaminya.

Laki-laki boleh menangis

Pernahkah Mom mengatakah kepada anak laki-laki Mom jika laki-laki tak boleh menangis? Hal ini hanyalah mitos! Menangis adalah cara untuk mengekspresikan emosi dan tidak berarti kejantanan seorang pria akan menurun ketika menangis. Tahukah Mom jika selama ini laki-laki selalu menutup emosinya karena mereka menganggap bahwa tangisan hanya untuk anak perempuan.

Mengajarkan mereka membersihkan rumah

Pada umumnya anak laki-laki tidak diajarkan membersihkan rumah. Mom hanya mengajarkannya pada anak perempuan saja. Padahal hal ini pun dapat berguna nantinya. Bayangkan jika kelak dia sudah dewasa dan harus hidup mandiri, siapa yang akan membersihkan rumah? Padahal membereskan rumah adalah pelajaran mendasar dalam sebuah kehidupan yang wajib diajarkan orang tua tanpa harus mengenal gender.  

Menghargai wanita

Di dunia ini akan menjadi tempat yang indah jika seorang pria dapat menghargai wanita. Wanita yang dimaksud adalah ibu atau saudara wanitanya. Hal ini pun akan membawanya kelak ketika dia bertemu dengan seorang wanita yang akan dijadikannya seorang istri.

Ajarkan kepada anak laki-laki Mom untuk merawat diri

Tidak hanya anak perempuan saja yang Mom ajarkan untuk merawat diri dan menjaga penampilannya. Didiklah mereka untuk mengetahui apa yang harus dipakai dan tidak saat usia mereka belia. Selama ini, anak laki-laki meyakini bahwa perawatan hanyalah untuk perempuan saja. Namun ketika dewasa, mereka baru sadar jika mereka juga harus menjaga penampilan. *** Dengan demikian, ada baiknya Mom tidak membedakan laki-laki dan perempuan saat mendidik mereka. Demi kebaikan mereka untuk tumbuh dan berkembang. Jangan lupa juga berikan pengawasan terhadap lingkungannya, agar mereka tidak terjerumus dan salah pergaulan.    ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top