Now Reading
9 Hal Ini Perlu Mom Lakukan Untuk Mengenali Bakat si Kecil

9 Hal Ini Perlu Mom Lakukan Untuk Mengenali Bakat si Kecil

Bakat merupakan kemampuan dasar seseorang  untuk belajar dalam  tempo yang relatif pendek dibandingkan dengan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Bakat bisa dideteksi sejak si anak masih kecil. Sebagai orang tua, hal ini sangat penting dilakukan loh Mom. Untuk mengetahui bakat si kecil, setidaknya Mom perlu melakukan 9 hal ini.

1. Selalu perhatikan kebiasan buah hati Mom, bahkan Mom harus tahu apa yang menjadi kesukaan mereka.

Mom harus melakukan pendekatan dengan mereka. Cari tahu apa yang menjadi kesukaan mereka dan amati kebiasaan mereka. Kemungkinan besar bakat mereka adalah sesuatu yang sering mereka lakukan dan berpotensi untuk dieksplorasi.

2. Mom dapat mengekplorasi kemampuan yang dimiliki si anak.

Berikan ruang kepada si Kecil untuk mencoba beberapa hal positif. Hal tersebut bisa membantu menemukan bakat yang terpendam di dalam dirinya loh Mom. Jangan pernah menekan mereka atau membatasi kegiatan mereka karena hal tersebut sama saja dengan membatasi mereka untuk mengeksplorasi kemampuan yang dimilikinya.

3. Bangun komunikasi positif Mom dengan si Kecil.

Memberikan sebuah perhatian pada anak kita adalah sebuah kewajiban setiap orang tua. Namun Mom harus memberikan batasan, jangan sampai berlebihan dan memanjakan. Jangan pula Mom terlalu mangabaikan si anak. Berikan porsi yang pas. Mom bisa langsung berkomunIkasi dengan mereka terkait kegemarannya, cita-cita, hobi atau hal-hal yang ingin mereka lakukan. Melalui komunikasi positif, Mom akan lebih mudah mengetahui bakat yang dimiliki oleh anak. Hal tersebut pun bisa membentuk ikatan emosional antara orang tua dan anak.

4. Tempatkan anak kita di posisi terdekat ya, Mom

Biasanya nih Mom, bakat-bakat yang dimiliki oleh anak mudah terlihat saat kondisi anak terdesak atau terancam. Hal ini membuat kemampuan yang dimiliki anak muncul. Cara ini bisa Mom gunakan untuk si Kecil Mom. Coba deh Mom, berikan mereka tugas dengan waktu singkat. Kondisi seperti itu bisa membuat anak mencoba berfikir cepat untuk menyelesaikan tugasnya.

5. Berikan mereka waktu yang cukup untuk bersosialisasi.

Jangan pernah melarang mereka untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman-teman sebayanya. Dengan cara ini anak bisa saling menunjukkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya kepada teman-temannya. Biasanya si anak akan bercerita tentang hal-hal yang disukainya. Mom bisa mengamati kebiasaan anak saat bersosialisasi dan ini bisa jadi cara alternatif untuk tahu bakat si anak.

6. Mom bisa mengikuti kegiatan si anak, atau jika anak sedang mengikuti sebuah perlombaan.

Mengikuti kegiatan mereka bisa menjadi alternatif untuk Mom mengetahui bakat mereka. Terutama jika saat dia melakukan sebuah perlombaan. Mom bisa mengamati berapa nilai yang dia dapatkan saat melakukan perlombaan. Ada baiknya pula Mom tidak memberikan sebuah target yang tinggi kepada mereka, karena itu bisa membuat dia terterkan. Mom juga bisa mengikutkan mereka lomba-lomba pencarian bakat untuk mengenali impian dan perkembangan bakat si Kecil, seperti yang dilakukan Cussons Baby dan Cusson Kids.

7. Ajarkan anak kita untuk bekerja keras Mom

Mom bisa mengajarkan mereka untuk menjadi anak yang selalu bekerja keras. Caranya Mom bisa memberikan sebuah persayaratan kepada mereka saat dia ingin meminta uang atau meminta sesuatu. Misalnya jika mendapatkan rangking 1, si anak akan dibelikan sepeda. Hal ini akan mengajarkan kepada mereka bahwa jika menginginkan sesuatu dibutuhkan kerja keras.

8. Berikan mereka kebebasan untuk memilih Mom. Jangan paksakan melakukan hal yag tidak mereka sukai.

Banyak orang tua yang salah paham terhadap bakat yang dimiliki anak, sehingga mereka melakukan berbagai aktivitas tanpa bertanya terlebih dahulu tentang kesukaan mereka. Maka dari itu, berikan kebebasan anak untuk memilih sebuah aktivitas yang akan mereka lakoni. Selama bersifat positif, Mom harus mendukungnya.

9. Jangan lupa untuk konsultasi kepada guru mereka di sekolah ya Mom!

Mom juga bisa mencari tahu bakat si Kecil dari guru di sekolahnya, karena anak akan banyak menghabiskan waktu bersama guru di Sekolah. Selain itu, guru bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan anak dari sisi akademik. ***   Tips lain yang diberikan oleh Ibu Roslina Verauli untuk mengenali bakat si kecil, Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga pada acara diskusi media yang bertajuk “Kenali Impian dan Kembangkan Bakat dari Generasi Alfa”. Diskusi tersebut merupakan serangkaian acara Grand Final Cussons Bintang Kecil Season 6 yang diselenggarakan selama 3 hari (23 – 25 Febuari 2018) di Grand Atrium Mall Kota Kasablanka, oleh Cussons Baby & Cussons.
  • Orang tua harus meng-EDUKASI dirinya sendiri
  • Memahami  tahap usia, potensi bakat, dan kepribadian anak
  • Memfasilitasi potensi bakat seperti mengubah  lingkungan  kehidupan  anak menjadi kondusif.
  • Memahami impian seperti terbuka pada pengalaman, be in time dan taking action
*** Itulah 9 hal yang perlu Mom lakukan untuk mengenali bakat si kecil. Hal yang terpenting adalah Mom memahami tumbuh kembangnya, serta mendukung kegiatan positif dari anak. Nah, dari 9 hal di atas, yang mana nih yang sudah Mom lakukan untuk mengetahui bakat si Kecil?]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top