Now Reading
7 Menu Sarapan Praktis untuk Anak yang Bisa Mom Coba. Mudah Buatnya kok!

7 Menu Sarapan Praktis untuk Anak yang Bisa Mom Coba. Mudah Buatnya kok!

Padatnya rutinitas yang dilakukan setiap hari bukan berarti Mom tidak dapat menyiapkan sarapan untuk anak-anak. Waktu yang sempit membuat Mom memutar otak dalam membuat sarapan yang bergizi. Berikut ini 7 menu sarapan praktis untuk anak yang dapat Mom buat dalam waktu singkat. Mood anak yang tidak menentu di pagi hari, kadang enggan menyantap menu sarapannya. Memang tidak mudah membiasakan rutinitas yang baik ini, namun Mom bisa melakukanya sejak dini. Anak yang rutin sarapan setiap hari dapat meningkatkan konsentrasinya saat belajar di sekolah. Anak pun lebih berenergi dalam melakukan aktivitas fisik. Selain itu, dengan sarapan yang teratur membuat anak lebih disiplin untuk bangun pagi dan menghabiskan sarapannya. Sarapan adalah makanan pertama anak untuk mengawali harinya dan bermanfaat bagi kesehatan. Makanan praktis saja tidak cukup, Mom juga harus memenuhi nutrisinya pada tiap menu sarapan yang disajikan. Dalam membuat sarapan bernutrisi harus ada unsur karbohidrat sebagai sumber energi, protein sebagai bahan bakar untuk menjalani aktivitasnya dan mendukung pertumbuhannya, serta vitamin dan mineral untuk menyempurnakan nutrisi makanan yang dikonsumsi oleh anak. Berikut ini ide menu sarapan praktis yang dapat mom sajikan di pagi hari.

Omelet isi sayuran selain bergizi tentu mengenyangkan. Makan telur pun jadi tidak bosan.

Telur adalah menu andalan yang mudah dibuat, selain praktis juga mengandung gizi yang bagus untuk aktivitas anak. Omelet atau dadar telur isinya bisa divariasikan dengan sayuran cincang atau parut yang ditambah dengan keju atau irisan daging sapi atau ayam.

Roti panggang bisa menjadi pilihan untuk dimakan buah hati, apalagi ditambah dengan selai kesukaannya.

Roti panggang bisa menjadi solusi sarapan saat anak tidak mau makan nasi pada pagi hari. Pilih roti gandum yang lebih sehat, tambahkan selai  stroberi, cokelat, kacang, atau buah naga kesukaan anak-anak. Mom juga dapat menambahkan parutan keju pada roti bakar yang sudah siap saji.

Nasi goreng bisa menambah energi di pagi hari. Perbanyak sayuran supaya anak juga tercukupi kebutuhan seratnya.

Mom dapat membuat nasi goreng praktis dengan tumisan bawang yang dimodifikasi isinya sesuai dengan selera anak. Nasi goreng sosis, telur, yang ditambah dengan sayuran membuat nutrisi pagi hari sudah terpenuhi.

Smoothie yang manis dengan rasa buah segar tentu bisa menjadi daya tarik anak untuk sarapan.

Membuat jus atau smoothie pisang yang ditambah dengan susu rendah lemak, cukup untuk mengganjal perut di pagi hari. Tambahkan selembar roti untuk memenuhi nutrisinya. Mom juga dapat membuat smoothie dari bahan lainnya seperti buah naga, apel, wortel, bayam, atau nanas sebagai penambah rasa agar rasa sayuran tidak langu.

Pancake biasanya selalu jadi andalan sarapan. Tambahkan toping agar semakin menggugah selera.

Berbagai variasi pancake dapat dibuat, mulai dari pancake kentang, pancake keju hingga cokelat. Sebagai toping yang dimakan bersama pancake, mom bisa menambahkan buah-buahan, daging, dan sayuran ke dalamnya.

Mom juga bisa membuat simpel pasta, tambahkan daging, sayuran atau selera anak supaya anak semakin suka sarapan.

Pasta termasuk ke dalam sumber makanan yang mengandung karbohidrat juga bisa menjadi salah satu pilihan sarapan praktis buat anak-anak. Pasta yang dimasak menggunakan saus keju, Bolognese, atau saus lainnya yang disukai anak memang menjadi sarapan favorit yang banyak disajikan. Mom dapat menambahkan daging cincang dan sayuran ke dalamnya.

Sereal dan oat bisa menjadi pilihan makanan yang lebih sehat.  Kreasikan oat dengan tambahan buah segar agar sarapan semakin menarik.

Sereal atau oat yang ditambah dengan susu dan irisan buah segar kesukaan anak-anak bisa Mom buat sebagai menu sarapannya. Pilihan buah yang dapat digunakanm seperti pisang, stroberi, kismis, pepaya, atau buah lainnya. Mom juga bisa melengkapi sarapannya dengan memberikan 1 butir telur rebus agar kecukupan gizinya terpenuhi. Untuk memudahkan Mom dalam membuat sarapan di pagi hari, siapkan bahan-bahan dan perlengkapan di malam hari. Dengan demikian dapat menghemat waktu di pagi hari. Misalnya Mom dapat merebus telur terlebih dahulu atau menyiapkan potongan buah yang dijadikan smoothie atau sebagai campuran pada sereal. Agar anak lebih semangat menikmati sarapannya, ajak mereka untuk membuat daftar menu yang akan dimakan ketika sarapan selama satu minggu. Selamat berkreasi dalam membuat menu sarapan ya Mom.]]>

View Comment (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top