Now Reading
7 Khasiat Minyak Zaitun yang Menakjubkan

7 Khasiat Minyak Zaitun yang Menakjubkan

Nama minyak zaitun tentunya sudah tidak asing lagi ya di telinga Anda.  Minyak yang berasal dari  buah zaitun yang diolah dengan baik.  Minyak zaitun atau yang mungkin lebih dikenal dengan nama olive oil ini memang sudah dikenal mempunyai khasiat yang sangat baik bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk kecantikan.

Minyak zaitun menjadi sangat bermanfaat karena kandungannya.  Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :

  • Energi – 3701 kJ (885 kcal)
  • Karbohidrat – 0 g
  • Lemak – 100 g.
    • Jenuh (14 g)
    • Tak jenuh tunggal (73 g)
    • Tak jenuh ganda (11 g)
    • Omega-3 lemak (<1,5 g)
    • Omega-6 leak (3,5-21 g)
  • Protein – 0 g
  • Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
  • Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Minyak zaitun selain untuk kecantikan juga dapat diperdunakan untuk memasak dan campuran pada beberapa resep masakan.  Kandungan lemak jenuhnya yang hanya sedikit serta karbohidrat yang hampir tidak ada,  sebaliknya justru mengandung banyak vitamin dan omega 3 dan 6 sangat baik untuk kesehatan tubuh.  Khasiat minyak zaitu bagi kesehatan,  terutama adalah untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh adalah sebagai berikut :

  1. Minyak zaitun bagus dioleskan di kulit yang pecah-pecah, pakailah minyak ini secara teratur, selain membuat kulit kembali seperti semula, penggunaan yang benar membuat kulit kembali secara normal dengan seketika.
  2. Minyak zaitun sangat berguna untuk melembabkan kulit, bagi Anda yang ingin tampil segar, ada baiknya mencoba minyak yang satu ini. Kegunaannya yang melembabkan kulit, membuat kulit terhindar dari kering yang melanda area-area tertentu seperti tumit kaki, dan juga siku.
  3. Minyak zaitun juga bisa menutrisi ke dalam kulit sehingga kulit tampak sehat alami, maka tidak heran, banyak sekali wanita di Indonesia yang menggunakan minyak zaitun ini dan menjadikannya andalan dalam perawatan kecantikan kulit wajah dan tubuh,
  4. Khasiat minyak zaitun lainnya adalah untuk merawat kulit wajah yang berjerawat. Beberapa caranya adalah sebagai berikut :
    1. Campurkan minyak zaitun dengan minyak pohon (tree oil), pijatkan secara perlahan di daerah wajah yang ada bekas jerwatnya, setelah berselang selama 20 menit, basuh wajah dengan menggunakan air hangat tanpa menggunakan sabun muka lagi, setelah wajah dibasuh, keringkan wajah dengan menggunakan handuk kering.
    2. Masih dengan fungsi yang sama, oleskan campuran baking soda dengan minyak zaitun, diamkan selama lima menit setelah digunakan di muka, setelah itu basuhlah dengan menggunakan air hangat.
    3. Cara praktis lainnya yaitu dengan memijat lembut tetesan minyak zaitun ke wajah yang ada bekas jerawatnya, pijatlah wajah selama 5 menit, setelahnya, biarkan selama dua puluh menit agar minyak zaitun dapat menyerap ke dalam kulit, sehabis itu basuhlah dengan menggunakan air hangat.
  5. Menambahkan minyak zaitun dalam diet sehari-hari lebih dari 6 bulan, yang berlanjut dengan perawatan biasa, dapat mengontrol tekanan darah namun harus tetap dengan pengawasan dokter.
  6. Dari penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh bagi orang yang mengkonsumsi minyak zaitun untuk ini, menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan perurunan terhadap risiko terjadinya kanker payudara.
  7. Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih rendah akan resiko penyakit stroke di kemudian hari, daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Meskipun penilitian ini masih bersifat observasional, tapi akan dilakukan pengembangan penilitian langsung kepada objek yang mengkonsumsi ataupun tidak.

Demikianlah beberapa khasiat yang sudah terbukti dari minyak zaitun.  Membiasakan diri untuk mengkonsumsi minyak zaitun ini ataupun menggunakannya untuk perawatan kulit sudah terbukti.

Silakan mencoba.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top