Now Reading
7 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil agar Bayi Sehat, Cerdas, dan Tumbuh jadi Anak Super!

7 Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil agar Bayi Sehat, Cerdas, dan Tumbuh jadi Anak Super!

Semua ibu pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas, bukan? Tentu banyak sekali hal yang dilakukan agar janin dalam kandungan Mom tetap sehat. Mom harus pintar nih memilih makanan sehat untuk ibu hamil. Berikut Momiia akan bagikan 7 makanan sehat untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi.

1. Ikan salmon berperan penting dalam mencukupi nutrisi otak janin dalam kandungan.

Ikan Salmon adalah jenis ikan laut yang mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Asam lemak omega 3 merupakan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh, tapi tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Untuk ibu hamil, asam lemak omega 3 ini baik sekali dalam menunjang perkembangan otak janin. Nutrisi ini juga bisa membantu Mom terhindar dari risiko kelahiran prematur, membantu menyeimbangkan darah tinggi pada ibu hamil dan kolesterol. Mom juga akan terhindar dari berbagai risiko penyakit jantung loh!

2. Mengonsumsi susu selama hamil bisa membantu mencukupi kalsium.

Setiap ibu hamil dianjurkan minum susu. Hal tersebut tidak lain untuk mencukupi kebutuhan kalsium yang berguna memperkuat gigi dan tulang. Fungsi lain dari kalsium, berguna untuk kelancaran ASI. Selain kalsium, susu juga mengandung aneka vitamin, seperti vitamin B, Magnesium, zat besi, dan probiotik yang dapat berfungsi untuk melindungi kandungan dari bakteri, zat anti alergi, dan infeksi.

3. Telur merupakan sumber protein yang dianjurkan untuk ibu hamil.

Mom, kandungan gizi pada telur sangat beragam dan baik untuk kesehatan, terutama pada ibu hamil. Beberapa kandungan yang terdapat pada telur antara lain adalah protein, lemak, mineral, vitamin A, B kompleks, dan vitamin D. Kandungan telur amatlah penting bagi ibu hamil karena dapat berfungsi untuk membangun plasenta. Telur juga tinggi akan kolin, yaitu sebuah zat yang bermanfaat mendukung tumbuh kembang serta fungsi dan kesehatan otak bayi. Manfaat lainnya adalah mencegah timbulnya cacat tabung saraf pada janin.

4. Untuk memenuhi kebutuhan serat, ibu hamil perlu mengonsumsi sayuran.

Mengonsumsi sayuran selama masa hamil sangat dianjurkan karena bermanfaat mencegah Mom dari masalah kehamilan, seperti konstipasi dan wasir. Adapula beberapa sayuran yang baik untuk ibu hamil, antara lain brokoli untuk memenuhi asupan asam folat dan kalsium. Mom bisa memilih kacang hijau sebagai makanan sehat untuk ibu hamil untuk mendapatkan asupan protein nabati, vitamin A, vitamin C, dan zat besi. Mom juga bisa memanfaatkan asparagus dan ubi jalar yang kaya akan potasium. Tomat pun tidak boleh dilewatkan loh Mom, karena tomat kaya akan zat antioksidan.

5. Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi daging sapi tanpa Lemak.

Mengapa daging sapi termasuk makanan sehat untuk ibu hamil? Daging sapi mengandung zat besi, protein, zinc, dan nutrisi penting lainnya. Zat besi pada daging sapi diperlukan oleh ibu hamil. Menurut para ahli, kandungan zat besi pada daging sapi 4 kali lebih mudah diserap oleh tubuh. Zat besi diperlukan untuk membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga fungsi tubuh Mom berjalan dengan normal. Jika Mom kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Hal ini bisa berisiko terhadap perkembangan janin, bahkan janin dalam kandungan bisa rentan terserang penyakit.

6. Manfaat kacang polong banyak sekali untuk ibu hamil, salah satunya mencegah peradangan.

Kacang polong juga merupakan salah satu protein nabati yang baik untuk ibu hamil. Kandungan protein pada kacang polong sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan janin. Kacang polong mengandung senyawa alami yang berkhasiat sebagai anti radang yang biasa dialami ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga. Selain itu, kacang polong juga bisa mencegah anemia loh Mom.

7. Aneka vitamin pada buah-buahan sangatlah penting untuk ibu hamil.

Selain kaya vitamin dan mineral, buah juga mengandung vitamin A yang kaya dengan Beta-karoten yang berfungsi untuk membantu perkembangan sel dan jaringan bayi, penglihatan, dan kekebalan tubuh. Buah juga mengandung vitamin C yang berfungsi membantu pertumbuhan tulang dan gigi. 7 makanan sehat untuk ibu hamil di atas bisa dijadikan referensi loh. Mom bisa mengolahnya menjadi beragam jenis masakan sesuai selera.  ]]>

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top