Now Reading
7 Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

7 Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Setiap orang, pria dan wanita, pasti menginginkan berat badan ideal. Tidak heran kalau diet sehat menurunkan berat badan pun begitu didambakan oleh semua orang. Lalu, bagaimana jika seseorang mengalami kelebihan berat badan?

Kelebihan berat badan tidak hanya mengurangi penampilan tetapi juga dapat mengancam kesehatan. Jadi, menjaga berat badan ideal itu sangat penting.

Salah satu cara untuk mempertahankan berat badan yang ideal adalah dengan melakukan diet. Diet bukan hanya berarti mengurangi asupan makanan tetapi juga memperhatikan pola makan dan memilah jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini beberapa cara diet sehat menurunkan berat badan:

  1. Makan Lebih Sering

Banyak orang yang salah kaprah yaitu mengurangi asupan makanan saat ingin menurunkan berat badan. Bahkan, ada juga yang melewatkan jam makan. Padahal melewatkan jam makan akan membuat Anda menjadi lebih lapar setelahnya. Lalu, pola makan menjadi berantakan. Pada jam makan berikutnya, Anda cenderung makan lebih banyak. Akibatnya, berat badan tidak turun, melainkan bisa semakin bertambah. Sebaiknya, makan lebih sering tetapi dengan porsi kecil.

  1. Jangan Tinggalkan Sarapan

Meninggalkan sarapan juga salah satu kesalahan dalam melakukan diet sehat menurunkan berat badan. Tidak sarapan dapat memperlambat metabolisme tubuh dan kemungkinan akan membuat diet Anda gagal. Jadi, lakukan sarapan secara rutin dan pilihlah menu yang sarat gizi, seperti protein pada telur dan susu, serta makanan berserat seperti sayuran.

  1. Hindari Makanan yang Digoreng

Mengonsumsi makanan yang digoreng memiliki lebih banyak risiko, yaitu bertambahnya timbunan lemak dan tingginya kadar kolesterol. Makanan sehat yang baik untuk menunjang diet adalah makanan yang direbus atau dikukus. Makanan yang diolah dengan cara ini dapat membantu menghindari bertambahnya kadar minyak dalam makanan yang dikonsumsi.

  1. Makan Makanan Berserat

Contoh makanan berserat adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Makanan berserat dapat membantu mengurangi berat badan. Hal ini dikarenakan serat dapat mengikat lemak menjadi lemak yang tidak berguna. Lemak yang terikat tersebut dapat terbuang bersama kotoran.

  1. Perhatikan Asupan Air Putih

Mungkin Anda belum tahu bahwa air putih dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaatkan air putih sebaik-baiknya karena sekaligus menyehatkan badan. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. Salah satu fungsi air putih adalah menghidrasi sel-sel tubuh yang bertugas dalam proses metabolisme. Selain itu, minum cukup air putih sebelum makan dapat membantu Anda merasa kenyang, sehingga akan mengurangi porsi makan.

  1. Menambah Porsi Olahraga Secara Teratur

Ketika sedang menjalani diet sehat menurunkan berat badan, tambahlah porsi olahraga Anda. Senam aerobik selama satu jam, tiga kali seminggu dapat membantu menurunkan berat badan. Olahraga lain yang bisa dipilih yaitu jogging dan jalan santai. Pada intinya, Anda harus membakar kalori dalam tubuh. Jika tidak sempat olahraga, usahakan untuk selalu bergerak. Misalnya, pilih naik atau turun menggunakan tangga, lebih sering berjalan-jalan di area kantor, atau sengaja melakukan gerakan-gerakan peregangan setiap satu jam sekali. Semakin sering bergerak, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

  1. Perhatikan Menu Makan Malam

Pada malam hari Anda tidak memerlukan karbohidrat. Oleh karena itu, Anda dapat memilih menu makan malam selain karbohidrat. Bila Anda tetap memilih karbohidrat sebagai santapan di malam hari, kelebihan zat tersebut hanya tersimpan di dalam tubuh. Pada akhirnya justru akan menambah berat badan. Pilih menu makan malam berupa sayur-sayuran yang direbus dan buah-buahan. Hindari mengonsumsi sayur yang ditumis atau makanan yang digoreng.

Diet sehat menurunkan berat badan sebenarnya tidak sulit. Hanya, Anda harus disiplin dalam melakukannya, demi mendapatkan berat badan ideal.

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top