Now Reading
7 Alasan Mengapa Harus Bergabung Dengan Komunitas Blogging

7 Alasan Mengapa Harus Bergabung Dengan Komunitas Blogging

Perkembangan blogging yang demikian pesat dari waktu ke waktu membuat banyak komunitas blogging bermunculan. Sama dengan hobi yang lain, komunitas blogging juga dibentuk untuk mempertemukan orang-orang yang memiliki minat besar terhadap blog. Ada beberapa alasan kenapa seorang blogger sebaiknya ikut dan bersosialisasi melalui komunitas.

1. Menambah jumlah pengunjung blog

Salah satu cara klasik untuk mendapatkan pengunjung adalah melalui blogwalking. Saat ini, berbagai komunitas menjadikan Facebook Group sebagai tempat berkumpul. Di komunitas itu pula, para blogger menitipkan link update terbarunya agar dapat dikunjungi. Gunakan kesempatan ini untuk berkunjung dan mendapatkan kunjungan balik.

2. Belajar dari tulisan blogger lainnya

Menulis blog adalah kegiatan menulis yang terkadang masih jauh dari aturan-aturan baku penulisan yang baik dan benar. Salah satu hal mudah untuk mempelajari tulisan yang menarik adalah dengan banyak membaca dari para blogger lain. Dari situ dapat dipelajari bagaimana penyajian konten yang baik dan mampu menarik perhatian pembaca.

3. Mendapat inspirasi atas keberhasilan blogger lain

Dengan banyaknya jumlah blogger yang tergabung dalam komunitas, biasanya akan ada satu atau dua blogger yang sudah sukses dan dapat kita jadikan role model. Baik dari blog yang memiliki value tinggi berdasarkan statistik ataupun engagement terhadap pembacanya. Kita dapat mempelajari cara mereka sehingga dapat kita terapkan untuk keberhasilan blog yang kita miliki.

4. Memaksimalkan potensi penghasilan

Penghasilan melalui blog saat ini semakin bervariasi. Mulai dari pemasangan ads, review berbayar, tukar-menukar link, dan jenis penghasilan lainnya. Dengan bergabung di komunitas, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan tema blog akan semakin besar. Karena itu, para brand menjadikan komunitas sebagai tempat untuk menemukan blogger yang cocok dengan target pasar.

5. Menambah relasi

Blogger tidak hanya terdiri dari seorang penulis murni saja. Ada banyak blogger yang menjadikan menulis blog sebagai hobi dan memiliki pekerjaan lain. Dari perkumpulan para blogger, kita akan dapat menemukan relasi yang mungkin tidak berkaitan dengan kegiatan menulis blog. Akan tetapi, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya, seperti pemasaran misalnya. Blogger dapat menjadi target market untuk sesuatu yang kita miliki dan menjadi relasi yang baik untuk pemasaran.

See Also

6. Mendapatkan kesempatan meliput sebagai media blogger

Saat ini, blogger dianggap salah satu media anti mainstream yang digunakan sebagai media publikasi. Untuk mendapatkan kesempatan itu, tidak jarang kita memang harus bergabung dengan komunitas karena biasanya brand akan merujuk pada komunitas untuk menyebarkan undangan.

Kesempatan lain berupa mendapat undangan eksklusif launching produk terbaru, bertemu para pesohor, dan berkesempatan menjaring relasi di acara undangan. Jangan lupa untuk tetap profesional dalam meliput dan tetap beretika mengikuti acara sampai selesai dan menuliskannya pada blog.

7. Memperkaya pengalaman

Komunitas akan selalu berisi orang-orang yang bervariasi, baik dari pengalaman, kepribadian, dan sifat yang berbeda. Sehingga akan menjadi tempat yang baik untuk bersosialisasi. Rajin-rajinlah berkomunikasi di sebuah komunitas dan memberikan apa yang kita miliki untuk membantu komunitas berkembang. Dengan begitu, ilmu juga akan bertambah dan bermanfaat bagi orang lain. Siapa tahu, kita akan mendapatkan rejeki yang tidak terduga bukan?

Sudahkah Anda bergabung dengan komunitas blogging? Apa saja manfaat yang Anda rasakan dengan bersosialisasi melalui komunitas tersebut?

View Comments (28)
  • Sudah tergabung di beberapa komunitas blogger tapi masih belum percaya diri untuk interaksi. Banyak mempelajari dulu ilmu-ilmu blogging dari para suhu. Terima kasih atas inspirasinya, Mbak.

  • Menemukan keluaraga baru..

    Itu kesimpulan pertama saya setelah akhirnya bergabung dgn komunitas blogger. BPers merupakan keluarga pertama. Banyak hal yg saya dapat setelah bergabung, selain keluarga baru tentu saja. Tambah kawan, tambah ilmu, tanbah informasi dan tambah seru.

    Sebelum bergabung saya benar2 buta. Saya heran melihat blog2 tetangga yang ramai interaksinya sedang blog saya nihil. Tapi setelah menjadi bagian komunitas saya tahu inilah arti dan kekuatan menjafi bagian dari komunitas. Tempat bertemu dengan keluarga baru… 🙂

    ^_^

  • Setuju mba…. jadi tempat untuk belajar, belajar silaturahim, belajar blogging dan belajar dari pengalaman yang sudah dituliskan disetiap blog masing – masing.

  • Trimakasih BP senang bergabung, dan semoga selain menambah teman, dan wawasan, dan tukar link dn saling bw bisa memperluas rezeki kita semua 🙏🙏

  • Setuju banget dengan 7 alasan di atas.
    Bisa aku tambahkan ya.
    Bisa membantu menemukan jawaban masalah sekaligus menambah wawasan blogging, misalnya saat BW.
    Sukacita bertambah apalagi kalau kita berhasil mengeksekusi tutorial, yuhuuu…^^

  • salam kenal semuanya.. baru bergabung& baru mencoba blogging semoga bisa punya teman banyak&ilmu juga .. masih belum berani u/interaksi..

  • Blogging dimana isinya tulisan cerita perjalanan udah dimulai dari 5 tahun lalu. Tapi ga ikutan komunitas, rasanya hambar juga. Akhirnya nemu BP Network dan memutuskan untuk gabung di komunitas ini, Semoga kita (para member) bisa saling bermanfaat satu-sama lain. Salam 🙂

  • benar mbak, bergabung dengan komunitas blogger tidak hanya bisa menerima-memberi masukkan, juga membuka peluang kerja dan dapat banyak teman yang bisa saling memahami 🙂 plus, belajar lebih bersosialisasi dan tidak malu..

  • Dari artikel ini jadi tertarik buat ikut komunitas – komunitas blogger, mudah – mudahan bisa dapat teman yang punya hobi sama dari sini.

  • Hi salam kenal semua. Aku Irene aku blogger baru.
    Kenapa aku join disini karena aku ingin mendapatkan banyak teman dan kenalan sesama blogger dan menambah wawasan baru soal blog.
    Mohon bantuannya terimakasih ^^

  • Hai! Salam kenal semuanya, saya setuju dengan poin-poin yang membahas tentang alasan gabung di komunitas blogger, karena syapun juga demikian. Tujuan saya bergabung disini juga untuk berbagi pengalaman serta menambah wawasan dan ilmu tentang blogger dan menulis di blog

  • Hollaa teman blogging. Salam kenal ya. saya baru gabung di BP nih. apalagi saya juga blogger pemula, jadi perlu belajar banyak..

  • Ya ya ya betul sekaliiiii.
    Pertayaan terakhir; sudah hehe. Banyak juga komunitas Blogging yag diikuti dan merasakan manfaatnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top