Now Reading
6 Tips Melindungi Diri dari Polusi Udara

6 Tips Melindungi Diri dari Polusi Udara

Dear BP-ers,

Pernah nggak sih memikirkan betapa parahnya polusi udara di Indonesia saat ini?

Alhamdulillah, aku tinggal di Ungaran, sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang kadar polusinya masih rendah. Udara yang kami hirup setiap hari masih segar dan langit pun masih terlihat biru di kala cerah. Burung-burung masih ramai berkicau tiap pagi saat kami bangun.

Tapi, jika tetap mengabaikan lingkungan, bisa jadi beberapa tahun ke depan Ungaran akan meningkat polusi udaranya akibat semakin banyaknya kendaraan bermotor serta bertambahnya pabrik yang beroperasi di kota ini. Maklum, Ungaran termasuk kota industri.

Memang, salah satu dampak negatif tinggal di daerah perkotaan adalah polusi udara yang semakin memburuk. Asap kendaraan bermotor dan pabrik memenuhi udara. Untuk mengurangi dampak negatif polusi, kami menanam berbagai pohon dan tanaman di halaman rumah. Kami juga berusaha tidak mencemarkan udara dengan membakar sampah. Duh, asapnya begitu menyesakkan.

Tapi, rasanya khawatir membayangkan suamiku yang sehari-hari bekerja di Kota Semarang dan menggunakan sepeda motor. Tak hanya terpapar angin terus-menerus, ia juga terkena polusi udara.

Apalagi di masa pandemi ini, di mana virus Covid19 merajalela. Makin berlipat deh kekhawatiran kita. Untuk pencegahan, ia selalu menggunakan masker tiga lapis dengan filter. Ia juga kuberikan banyak sayuran dan buah sebagai antioksidan alami. Juga pemberian vitamin C dan vitamin E secara rutin agar daya tahan tubuhnya bagus. Tapi, tetap saja ya perasaan khawatir ini ada.

Ada beberapa tips untuk melindungi diri dari polusi udara. Apa saja tipsnya? Simak yuk!

1. Menanam Tanaman Yang Menghasilkan Oksigen

Ayo, mulai jadi pencinta lingkungan. Menanam tanaman di halaman juga meletakkan pot tanaman di dalam rumah akan membuat udara lebih bersih dan segar. Ada beberapa pilihan tanaman yang harganya terjangkau, mudah dirawat dan juga menghasilkan banyak oksigen. Sebut saja tanaman palem bambu yang mampu menghalau polutan berbahaya dan melembabkan udara. Tanaman lainnya adalah sirih gading, lidah mertua atau sansevieria hingga kuping gajah. Selain menghias rumah, ternyata bisa menghasilkan oksigen ya!

2. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ya, jangan lupa perbanyak sayuran dan buah untuk menjaga daya tahan tubuh. Pilihlah sayuran dan buah yang mengandung banyak vitamin C dan E sebagai antioksidan alami. Misalnya saja buah semangka, lemon, jeruk hingga pisang.

3. Berhenti Merokok

Agar pernapasan lebih lancar, hindari merokok. Jangan merokok dalam ruangan ya agar udara di dalam rumah tetap bersih dan penghuninya sehat.

4. Segera Mandi Setelah Bepergian

Ya, bersihkan diri kamu dari polusi dan kotoran dari luar rumah. Apalagi saat ini sedang pandemi Covid19 jadi kita disarankan untuk selalu mandi dengan bersih ketika pulang ke rumah. Hal ini untuk menghilangkan segala kuman, virus dan kotoran serta polusi yang menempel. Jangan lupa untuk membersihkan barang-barang seperti ponsel, dompet, kunci kendaraan, botol minuman hingga jam tangan dengan cairan desinfektan. Rendam pakaian dan kaos kaki yang sudah dikenakan ke dalam detergen segera setelah sampai di rumah.

5. Mengenakan Masker

Ya, mengenakan masker adalah wajib di masa sekarang. Tak hanya untuk menghalau polusi udara tapi juga virus dan kuman berbahaya. Kamu bisa menggunakan masker dengan tiga lapisan dan filter plastik agar lebih aman. Menggunakan face shield atau kacamata juga disarankan.

6. Menggunakan QUIXX Nasal Protection untuk Melindungi Hidung

Ingin ekstra terlindungi dari polusi dan udara kotor? Kamu bisa pakai nasal spray kekinian yaitu QUIXX. QUIXX Nasal Protection adalah nasal spray (pelindung hidung) yang merupakan semprotan hidung satu-satunya dan pertama di Indonesia berbentuk bubuk. Produk ini tak sengaja diperkenalkan oleh seorang tetangga saat berkunjung ke rumahku. Ia tak sengaja membawa botol QUIXX Nasal Protection di saku bajunya. Hehe.

QUIXX berasal dari Inggris dan telah dipasarkan ke 30 negara di dunia. QUIXX mengandung bahan alami yaitu hypercellulose powder dan peppermint powder. Tak heran, ketika digunakan pernapasan terasa lebih lega dan sejuk.

Manfaat QUIXX adalah untuk memberikan perlindungan pada hidung dan saluran pernapasan dari polusi dan partikel udara kotor, alergen serta efektif memblokir bakteri dan kuman patogen juga virus umum yang masuk dari hidung ke sistem dan saluran pernapasan yang meresikokan kita jadi sakit.

Cara Kerja QUIXX Nasal Protection

QUIXX Nasal Protection ini berbentuk bubuk, saat disemprotkan, bubuk QUIXX ini akan berubah menjadi gel di dalam hidung dan membentuk pelindung untuk menghalangi udara kotor dan alergen masuk hidung. Gel mukosa hidung inilah yang memblokir semua polusi, alergen dan partikel lain dalam udara kotor dari nafasmu. Jadi, semprotkan ke hidung maka produknya akan melapisi dan melindungi hidung.

Terbukti secara klinis membantu mengurangi bersin, pilek dan hidung tersumbat karena alergi dan polusi udara. Sehingga pengguna bisa bernapas lebih lega. Produk ini juga bisa digunakan bagi penderita alergi, lho.

See Also

Cara Pemakaian QUIXX Nasal Protection

Cara pemakaiannya ternyata mudah, lho. Waktu pertama kali mencobanya, aku mengira bubuk yang disemprotkan ke hidung bakal terasa perih atau nyeri, setidaknya bikin bersin. Ternyata, tidak lho. Produknya bekerja cepat hanya butuh waktu dua menit untuk langsung bekerja melindungi hidung. Pemakaiannya praktis digunakan dan bisa melindungi hidung sekitar 6-8 jam dalam sekali pemakaian.QUIXX juga aman digunakan dalam jangka panjang dan pemakaian bisa diulangi 3-4 kali sehari, ya.

  • Langkah 1: Hembuskan napas dari hidung perlahan.
  • Langkah 2: Lepaskan tutup dan kocok botol.
  • Langkah 3: Lakukan pengujian semprotan untuk mengukur tekanan yang diperlukan agar mendapatkan dosis yang ideal. Beri jarak semprotan 10-15 cm. Jika botolnya terlalu kaku untuk ditekan, gunakan kedua tanganmu.
  • Langkah 4: Masukkan ujung botol ke dalam hidungmu dan semprotkan 1-2 kali ke masing-masing lubang hidungmu. Tarik nafas perlahan sambil menekan botol. Ingat, jangan menarik napas dalam-dalam.
  • Langkah 5: Terapkan ulang setiap akan menggunakan kembali

Oh iya, QUIXX Nasal Protection ini aman digunakan untuk orang dewasa, ibu hamil dan menyusui hingga anak-anak usia dua tahun ke atas. Kandungan bahannya alami dan tidak menyebabkan kantuk sehingga aman digunakan oleh pengendara kendaraan bermotor, ya. Sebotol QUIXX Nasal Protection ini bisa untuk 200 kali semprot, lho.

Waktu Penggunaan

Kalau aku biasa menganjurkan suami untuk memakai produk ini sebelum mengenakan masker saat berangkat kerja. Produk ini juga bisa digunakan jika kita berada di ruangan yang berpolusi seperti ada asap rokok. Atau, saat kita akan keluar rumah nah semprotkan QUIXX ini untuk perlindungan.

Masker + QUIXX = Extra Protection

Paduan combo untuk melindungi hidung dari kuman, bakteri serta polusi udara ya.

Tempat Beli

QUIXX Nasal Protection bisa kamu dapatkan secara online di Menarini Official Store di Tokopedia, Shopee, Lazada dan Blibli. Sedangkan untuk toko offline QUIXX bisa dibeli di berbagai jaringan apotek seluruh Indonesia: Guardian, Century, Viva Health, Kimia Farma, K24, Apotek Roxy.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba QUIXX Nasal Protection ini? Tinggal pesan di marketplace kesayanganmu atau membeli langsung di apotek dekat rumahmu ya! Semoga tulisanku ini bermanfaat, sehat selalu ya!

View Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

© 2015 Blogger Perempuan Network.
All Rights Reserved.

Scroll To Top